Dua Tahun Vakum, Pemilihan Jaka Rara Kota Cirebon 2022 Siap Digelar Kembali

Cirebon,- Setelah vakum selama dua tahun, event kreatif Pemilihan Jaka Rara Kota Cirebon akan kembali digelar. Pendaftaran sudah mulai dibuka pada tanggal 10 Februari sampai 24 Maret 2022.

Plt Sekretaris Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, Drs. Hanry David mengatakan dalam rangka melahirkan dan memberdayakan generasi muda, sekaligus memilih pemuda pemudi terbaik Kota Cirebon, event kreatif Pemilihan Jaka Rara Kota Cirebon kembali diselenggarakan.

“Event ini sebagai kegiatan positif dan bermanfaat bagi mereka guna mengembangkan potensi yang dimiliki serta menumbuhkan kecintaan terhadap kekayaan sejarah, pariwisata, dan budaya yang dimiliki Kota Cirebon,” ujar David kepada About Cirebon di kantornya, Kamis (10/2/2022).

BACA YUK:  Tingkatkan Kompetensi Ekspor, Kadin dan DKUKMPP Kota Cirebon Gelar Half Day Export Class

Sementara itu, Ketua Paguyuban Jaka Rara periode 2020-2022, Anwar mengatakan event kreatif Pemilihan Jaka Rara Kota Cirebon tahun 2022 mengusung tema Heritage (Honorable, Enchanting, Remarkable dan Inspiring Tourism Ambassador of Young Generation).

“Tema ini bermakna bahwa, sebagai duta pariwisata perlu memiliki nilai individu yang terhormat, mempesona, hebat, serta dapat menginspirasi para generasi muda di sekelilingnya,” ujarnya.

Tema ini juga, lanjut Anwar, diusung sebagai harapan bagi duta-duta terpilih untuk menjadi ikon Kota Cirebon yang tidak hanya berpenampilan menarik, tetapi juga mampu memberikan pengaruh positif kepada pemuda agar bangga dan cinta terhadap warisan budaya Kota Cirebon.

BACA YUK:  Uniknya Penjual Batagor Mang Den Desa Durajaya Greged yang Gunakan Baju Ala Koki

Anwar menjelaskan pendaftaran event kreatif Pemilihan Jaka Rara Kota Cirebon sudah dibuka mulai hari ini, Kamis 10 Februari sampai 24 Maret 2022. Syarat menjadi peserta yakni belum menikah, usia 17-23 tahun, sehat jasmani dan rohani, berwawasan luas dan berbakat.

Kemudian, pendidikan minimal SMA / SMK atau sederajat, berdomisili atau warga Kota Cirebon, berpenampilan menarik dan berkepribadian baik, tinggi badan minimal Jaka 170 cm dan Rara 165 cm, bebas narkoba, tidak bertato, dan tidak bertindik, Serta mampu berkomunikasi dalam bahasa Indonesia, bahasa daerah, dan bahasa asing (minimal bahasa Inggris).

“Jika sudah memenuhi persyaratan tersebut, peserta bisa langsung mengisi formulir melalui online di https://linktr.ee/JakaRaraKotaCirebon2022,” katanya.

BACA YUK:  Daop 3 Cirebon, Kembali Ingatkan Larangan Masyarakat Melakukan Aktivitas di Sekitar Jalur KA

Setelah dilakukan pendaftaran, kata Anwar, akan dilanjut dengan proses audisi pada tanggal 26-27 Maret 2022, setelah itu melakukan pengabdian masyarakat selama dua Minggu, outbond pada tanggal 14 Mei 2022, Unjuk Kabisa pada tanggal 21 Mei, Pra Karantina 22-26 Mei 2022, dan satu hari karantina pada tanggal 27 Mei menuju grand final.

“Tanggal masih bisa berubah tergantung kondisi, karena kita selalu melihat situasi perkembangan COVID-19 di Kota Cirebon. Namun, kami berharap Pemilihan Jaka Rara Kota Cirebon tahun 2022 bisa berjalan lancar,” pungkasnya. (AC212)

(Dilihat: 126 pengunjung)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.