Senin, 26 Oktober 2020

dr. Aginta, SpOG : Hamil itu Harus Sehat dan Ceria

Populer

39 Nakes Positif Covid-19, Layanan di RSD Gunung Jati Tutup Selama 6 Hari

Cirebon,- Rumah Sakis Daerah (RSD) Gunung Jati Cirebon kembali menutup sementara pelayanan mulai tanggal 22 sampai 27 Oktober 2020. Sebelumnya,...

Bupati Cirebon Bolehkan Belajar Tatap Muka Bagi Kecamatan Zona Hijau

Cirebon,- Beberapa sekolah di Kabupaten Cirebon mulai memberlakukan belajar tatap muka. Bupati Cirebon, Drs. H. Imron meminta tetap menjaga...

Warga Cirebon Budidaya Ikan Cupang Hingga Dijual ke Luar Negeri

Cirebon,- Budidaya ikan cupang kini semakin diminati di Indonesia. Pasalnya, bisnis ikan cupang ini sangat menjanjikan omset hingga ratusan...

Siswa MANU Putra Buntet Cirebon Lolos Parlemen Remaja DPR RI

Cirebon,- Siswa kelas XII Madrasah Aliyah Nahdlatul Ulama (MANU) Putra Buntet Pesantren Cirebon, Alif Luqman Jayadi (18) lolos menjadi...

Kantor BRI Cabang Cirebon Kartini Gelar Undian Panen Hadiah Simpedes Secara Virtual⁣

⁣Cirebon,- Kantor Bank Rakyat Indonesia (BRI) Cabang Cirebon Kartini menggelar undian Panen Hadiah Simpedes (PHS) periode pertama tahun 2020...

Menjadi dokter kandungan memotivasi dr. Aginta Mega Lestari Ginting, SpOG untuk berbagi kebahagiaan kepada para perempuan. Menurutnya, kehamilan adalah anugerah yang patut disyukuri dan dinikmati.

Aginta, begitu sapaannya, ingin membuat pasiennya sehat dan bahagia. “Saya ingin bisa bermanfaat untuk banyak orang. Bisa memperbaiki kualitas kehamilan perempuan. Membuka pikiran perempuan bahwa hamil itu sehat dan ceria, dinikmati. Bukan yang pusing atau lemes. Ada orang yang bayar ratusan juta untuk bisa hamil. Nah yang sudah diberi Tuhan untuk hamil, justru harus bahagia dengan kehamilannya,” ujarnya.

Selama menjalani profesinya, banyak hal yang dialami Aginta. Berbeda dengan bidang dokter lainnya, Aginta mengaku menjadi dokter kandungan lebih banyak senangnya.

Loading...
BACA YUK:  Viral Video Pemulasaran Jenazah Covid-19, Ini Penjelasan Kadinkes Kabupaten Cirebon

“Karena kebanyakan pasien yang datang dalam keadaan bahagia, menyambut kelahiran buah hati. Jadi kebawa happy. Tapi memang bukan melulu kehamilan, masalah kewanitaan lainnya juga saya tangani,” katanya.

Namun tak selamanya menjadi dokter kandungan tanpa kendala. Aginta mengatakan, selama menangani pasien, kebanyakan kasus yang dialami adalah anemia saat kehamilan.

“Edukasi kepada pasien sangat penting. Saya sering memberikan penyuluhan dan arahan ke pasien. Tapi memang kasus anemia pada kehamilan ini perlu peran semua pihak,” tuturnya.

Aginta berusaha untuk selalu mengingatkan pasien agar terhindar dari anemia saat kehamilan. Salah satunya memberikan saran kepada ibu hamil untuk makanan yang tinggi asam folat dan zat besi.

“Yang bisa saya lakukan, menyarankan juga ke pasien untuk periksa darah di awal kehamilan. Bahkan saat test pack dan hasilnya positif, saya tanya periksa darah belum, kemudian di usia 7 bulan, dan periksa akhir jelang persalinan. Banyak yang menganggap sepele, tapi justru ini penting,” ungkapnya.

Aginta mengaku bersyukur karena bisa menjalani profesinya saat ini. Meskipun dari keluarga tidak ada satupun yang bekerja sebagai tenaga medis.

BACA YUK:  Satpol PP Provinsi Jabar dan Kota Cirebon Gelar Operasi Gabungan Penegakan Disiplin Protokol Kesehatan

“Mungkin memang sudah jalannya. Sudah niat di hati, kuliah juga langsung pilih Fakultas Kedokteran di Universitas Indonesia. Dan pengennya dokter kandungan, gak nyoba-nyoba,” ceritanya.

Setelah menjalani sebagai dokter kandungan, Aginta mengaku sangat menikmati . “Saya bisa merawat ibu dan bayi lahir secara sehat , pintar dengan nutrisi yang cukup saat kehamilan,” jelasnya.

Wanita 35 tahun itupun menceritakan pengalaman yang paling berkesan selama menjadi dokter kandungan, yakni saat menjalani tugas di Papua.

“Saat tugas di Papua, saya menolong seorang ibu, beliau terkesan, sampai menamai anaknya dengan nama saya. Dulu disana saya dikenal dengan nama dokter Mega,” ceritanya.

Bagi yang ingin berkonsultasi dengan dr Aginta, bisa datang ke RSIA Mitra Prapatan Majalengka Senin-Sabtu pukul 08.00-12.00 siang dan di RS Mitra Plumbon pada Senin-Sabtu mulai pukul 13.00-15.00 WIB.

Bagi pengguna social media, dr. Aginta memiliki beberapa akun social media yakni instagram @dr_aginta , twitter @aginta_dr dan Facebook Dokter Aginta (*)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest News

HMJ Komunikasi dan Penyiaran Islam IAIN Cirebon Gelar Webinar Kewirausahaan

Cirebon,- Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Komunikasi dan Penyiaran Islam IAIN Syekh Nur Jati Kota Cirebon menggelar kegiatan Webinar (Web...

Selama Pandemi Transaksi QRIS Mandiri Syariah Naik 16 Persen

Jakarta,- Sejalan dengan cara hidup baru di tengah pandemi, Mandiri Syariah mencatatkan kenaikan nilai transaksi Quick Response Code Indonesia Standard (QRIS) sebesar 16 persen...

Daop 3 Cirebon Mencatat Kenaikan Penumpang Sebesar 3 Persen di Bulan Oktober

Cirebon,- PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasional (Daop) 3 Cirebon mencatat ada kenaikan volume penumpang sebesar 3 persen pada bulan Oktober 2020. Manager Humas...

Libur Panjang Maulid Nabi, 53 Perjalanan KA Jarak Jauh Melintas di Daop 3 Cirebon

Cirebon,- PT Kereta Api Indonesia (Persero) akan mengoperasikan sebanyak 53 perjalanan kereta api jarak jauh pada libur cuti bersama Maulid Nabi Muhammad SAW pekan...

More Articles Like This