DPKP Kota Cirebon Ajarkan Cara Pencegahan Kebakaran Bagi Anak di TK Negeri Pembina

Cirebon – Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kota Cirebon melakukan sosialisasi proteksi pencegahan kebakaran bagi anak usia dini di TK Negeri Pembina Kota Cirebon Rabu (18/1/2023).

Kegiatan ini merupakan bagian dari layanan masyarakat berupa proteksi dan pengendalian kebakaran.

Selama kegiatan, anak-anak diberikan pemahaman terkait manfaat dan bahaya tentang api.

Kepala Seksi Kesiapsiagaan Operasi dan Penyelamatan DPKP Kota Cirebon, Nurjaman menjelaskan, bahwa proteksi yang dimaksud adalah pencegahan kebakaran melalui sosialisasi dan edukasi, kali ini menyasar ke anak-anak.

BACA YUK:  Di Gedung Jaya Suprana Institute, SMSI Paling Awal Menerima Penghargaan MURI

“Kegiatan proteksi itu rutin, biasanya sekolah yang datang ke kantor kami. Namun kali ini kita diundang untuk memberikan materi di sekolah. Kami bersyukur, karena masih ada lembaga pendidikan yang peduli akan pentingnya proteksi dan pencegahan kebakaran,” terangnya.

Selain itu, kata Nurjaman, anak-anak juga dikenalkan tentang teknik memadamkan api dini serta bagaimana memohon pertolongan saat dalam kedaruratan.

“Selain pemaparan materi, kita juga melakukan simulasi pemadaman dan pertolongan. Paling tidak mereka memiliki gambaran bagaimana proteksi dan pencegahan kebakaran,” ungkapnya.

BACA YUK:  DPRD Kota Cirebon dan Tim Asistensi Fokus Bahas Perubahan Ruang TPU Sunyaragi

Nurjaman menambahkan, anak-anak dikenalkan dengan peralatan yang digunakan oleh petugas pemadam kebakaran saat bertugas. Misalnya pakaian saat proses pemadaman api dan alat semprot yang pemadam kebakaran.

“Anak-anak juga perlu mengetahui peralatan yang biasa digunakan saat bertugas memadamkan api,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala TK Negeri Pembina Kota Cirebon, Sania Lis Indrianti mengucapkan terima kasih kepada petugas pemadam kebakaran yang telah menyampaikan sosialisasi proteksi dan pencegahan kebakaran.

“Dalam kesempatan ini juga, kita menjalin kerja sama untuk edukasi kepada anak-anak. Dengan harapan kerjasama ini bisa memberikan manfaat kepada anak-anak serta orang tua yang mendampingi,” katanya. (ARAHPANTURA)

Bagikan:

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *