Dorong Pariwisata, Pemda Kota Cirebon Luncurkan City Branding “Cirebon The Gate of Secret”

Cirebon,- Dalam rangka mendorong akselerasi pengembangan kota sebagai destinasi wisata budaya unggulan di Jawa Barat, Pemerintah Daerah Kota Cirebon melakukan berbagai kegiatan wisata yang bertajuk Cirebon Festival (Cifest) 2019.

Kegiatan Cirebon Festival 2019, diawali dengan acara Cirebon Travel Mart, Launching Bus Wisata Citros (Cirebon Tourism on Bus), kegiatan Cirebon X-Pose dan Cirebon Creative Fashion Carnival.

1. Penting Dalam Pembangunan Daerah

Wakil Wali Kota Cirebon, Dra. Eti Herawati mengatakan saat ini Kota Cirebon sedang memfokuskan pada program pengembangan dalam bidang pariwisata. 

“Karena, pariwisata merupakan sektor terpenting dalam pembangunan daerah Kota Cirebon,” ujar Eti usai melakukan pembukaan Cirebon X-Pose 2019 dan Cirebon Creative Fashion Carnival di depan Gedung BAT, Sabtu (2/3/2019) malam.

Dalam pembukaan Cirebon X-Pose dihadiri Sultan Kasepuhan XIV, PRA Arief Natadiningrat, SE,Sekretaris Daerah, Drs. H. Asep Dedi, MSi, Ketua DPRD Kota Cirebon, Edi Suripno, S.IP, M.Si, dan tamu undangan.

Launching City Branding Kota Cirebon

Eti menambahkan selain penggerak ekonomi, kegiatan pariwisata telah menjadi isu strategis untuk lokomotif pembangunan daerah. Perkembangan pariwisata Kota Cirebon yang cepat dan pesat akan dikelola dengan perencanaan matang dan terpadu.

BACA YUK:  Grage Mini Race Push Bike Cirebon Kembali Digelar

“Tentu, perencanaan yang matang dan terpadu dapat memberikan dampak positif yang maksimal,” terangnya.

“Hal ini seiring upaya pembangunan dalam memajukan masyarakat Kota Cirebon sesuai dengan akselerasi pencapaian visi dan misi Kota Cirebon 2018-2023. Yakni Sehati mewujudkan Cirebon sebagai kota kreatif berbasis budaya dan sejarah,” imbuh Eti.

2. Launching City Branding

Seiring dengan pembangunan Pariwisata Kota Cirebon, pada pembukaan Cirebon X-Pose sekaligus meluncurkan tagline City Branding yaitu “Cirebon The Gate of Secret”.

Hal tersebut sesuai Keputusan Wali Kota Cirebon Nomor 430/K6p. -DKOKP/2019 tentang penetapan Branding di Kota Cirebon.

Wakil Wali Kota Cirebon, Eti Herawati saat launching City Branding Kota Cirebon

“Terkandung dalam makna The Gate Of Secret adalah segala sesuatu yang ada di Kota Cirebon terkait seni, budaya, adat istiadat sampai relief dan bangunan memiliki filosofis yang dalam,” ungkap Eti.

BACA YUK:  Info Loker! Lowongan Kerja Terbaru untuk RSIA Irhamna bulan Januari 2024

Kata Eti, makna filosofisnya menggambarkan arti yang mendalam perjalanan kehidupan manusia di dunia.

3. Sebagai Akselerasi Wisata Budaya

Sementara itu, Ketua Pelaksana yang juga Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik (DKIS) Kota Cirebon, Iing Daiman, SIP, MSi, mengatakan kegiatan Cirebon X-Pose 2019 dan Cirebon Creative Fashion Carnival merupakan kegiatan akselerasi pengembangan Kota Cirebon sebagai destinasi Wisata Budaya unggulan di Jawa Barat.

“Kami memperkenalkan kesenian dan produk-produk UMKM yang dimiliki oleh Kota Cirebon kepada masyarakat,” ujar Iing.

BACA YUK:  Untag 1945 Cirebon Salurkan Bantuan untuk Anak Yatim dan Dhuafa

Iing menambahkan, kegiatan ini dilaksanakan selama dua hari yang dimulai pada Sabtu 2 Maret 2019 hingga Minggu 3 Maret 2019 di Depan Gedung BAT, Jalan Pasuketan Kota Cirebon.

4. Berbagai Hiburan

Dalam kegiatan Cirebon X-Pose, dimeriahkan dengan menampilkan 13 Stand UMKM (Usaha Mikro Kecil Menemgah) Kota Cirebon.

Selain itu, berbagai penampilan kreasi seni budaya berupa kesenian angklung, topeng, kuda lumping, debus, sintren, brai, tarling, tari tangan seribu,fashion show, drama musical, palagan galuh dan Branding Kota Cirebon.

“Puncaknya akan tampil kreasi seni berupa barongsai, Cirebon Creative Fashion Carnival diiringi Angklung PWY dan Gardu Musik,” tandasnya. (AC212)

Bagikan:

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *