Distribusikan Uang, Bank Indonesia Hadirkan Program BI Jangkau

Cirebon, 23 November 2017,- Menurut Undang-undang Mata Uang No. 7 Tahun 2011, Bank Indonesia merupakan satu-satunya lembaga yang berwenang mengedarkan Rupiah kepada masyarakat. Namun, Bank Indonesia dapat melakukan sinergi dengan pihak eksternal dalam mengoptimalkan distribusi uang dan layanan kas ke seluruh wilayah Indonesia, khususnya dalam rangka clean money police.

[Baca ya : Bank Indonesia Mendukung Penyaluran Kredit UMKM]

“Pengedaran atau distribusi uang, sejak tahun 2015 sampai dengan November 2017, telah dibuka 67 Kas Titipan (KT) baru, sehingga total sudah mencapai 102 KT di seluruh Indonesia,” ujar Kepala Departemen Pengelolan Uang, Suhedi saat memberikan materi di acar Pelatihan Wartawan Daerah Bank Indonesia tahun 2017 di Grand Sahid Jaya Hotel Jakarta, Senin (20/11) lalu.

BACA YUK:  Wilayah PPKM Level 1 Boleh Gelar Resepsi dengan Kapasitas 100 Persen

Kata Suhedi, Rupiah kini sudah menjangkau sampai ke pelosok negeri dengan BI Jangkau. BI Jangkau merupakan program peningkatan layanan kas untuk menjangkau masyarakat di wilayah kecamatan atau desa melalui optimalisasi jaringan kantor bank, Pegadaian, PJPUR dan pihak lain.

“Saai ini sedang dilakukan Pilot Project di 8 Provinsi yaitu Provinsi Riau, Jawa Timur, Sulawesi Utara, Kalimantan Barat, Kalimantan Utara, Nusa Tenggara Timur, Maluku Utara dan Papua,” jelasnya.

BI Jangkau juga melayani di Pos Lintas Batas Negara (PLBN), dalam rangka clean money police dan memenuhi kebutuhan uang Rupiah di wilayah perbatasan Indonesia. Maka dilakukan penempatan ATM Merah Putih dan KUPVA di PLBN Kalimantan Barat (Etikong, Aruk, Badau), Papua (Skow) dan NTT (Mataram).

BACA YUK:  Info Loker : Ponsel Mart Cirebon

Lanjut dia, untuk menjangkau seluruh wilayah Indonesia, khususnya di daerah 3T (Terdepan, Terluar, Terpencil), Bank Indonesia bekerjasama dengan Dit Polair – Polri, TNI AL, Kementrian Kordinasi Pembangunan Manusia, dan pihak lainnya. (AC212)

(Dilihat: 14 pengunjung)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.