Kamis, 28 Oktober 2021

Dishub Kota Cirebon Rencana Bangun Jalur Sepeda di Tahun 2021

Populer

Nasabah BRI Cirebon Kartini Dapat Hadiah Mobil dari Panen Hadiah Simpedes

Cirebon,- Kantor Cabang Bank Rakyat Indonesia (BRI) Cirebon Kartini menggelar undian Panen Hadiah Simpedea (PHS) periode pertama tahun 2021....

Satreskrim Polresta Cirebon Amankan Delapan Pelaku Penganiayaan

Cirebon,- Jajaran Satreskrim Polresta Cirebon mengamankan delapan pelaku penganiayaan. Peristiwa tersebut mengakibatkan seorang korban meninggal dunia dan dua korban...

Kecintaan Hariyani Prasetyaningtyas terhadap Dunia Perpustakaan Membuahkan Banyak Prestasi

Cirebon,- Kecintaan di bidang perpustakaan, dirasakan oleh Hariyani Prasetyaningtyas. Seorang librarian yang bekerja di BPK Penabur Cirebon sejak tahun...

BI Fast Payment Siap Diluncurkan, Biaya Transfer Antarbank Hanya Rp 2.500

Jakarta,- Pakai BI Fast Payment, transaksi antarbank untuk Rp 250 juta hanya dengan biaya Rp 2.500 per transaksi. Implementasi...

Inilah Tradisi Muludan Tiap Tahun Masyarakat Argasunya Kota Cirebon

Cirebon, — Ribuan santri dan warga ikut memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW di Pondok Pesantren Piderma, Sumur Loa, Kelurahan...

Cirebon,- Menindaklanjuti saat Rapat Paripurna DPRD Kota Cirebon yang menginginkan adanya jalur sepeda, Pemerintah Daerah melalui Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Cirebon langsung menanggapinya.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Cirebon, Andi Armawan langsung turun ke jalan untuk mengecek jalur yang akan dibuat untuk dijadikan jalur sepeda, Rabu (23/9/2020) pagi.

Sambil mengendari sepeda lipatnya, Kadishub Kota Cirebon menyusuri jalan mulai dari Jalan Pemuda, Ciptomangunkusumo, Wahidin, Kartini, hingga jalan Siliwangi Kota Cirebon.

Loading...

Menurut Andi, dengan antusias masyarakat dengan bersepeda, Dinas Perhubungan yang memiliki kewenangan tugas tupoksinya adalah memberikan keselamatan pada transportasi aman, nyaman dan bersih, pihaknya mendukung pembuatan jalur sepeda.

“Hari ini saya mencoba berkeliling, ternyata yang dulu pernah ada rambu-rambu jalur sepeda kini sudah tertutup dengan pembangunan jalan atau aspal yang baru,” ujar Andi kepada About Cirebon, Rabu (23/9/2020).

BACA YUK:  Kesultanan Kanoman Gelar Tradisi Tawurji dan Ngapem

Lanjut Andi, karena jalan di Kota Cirebon yang tidak terlalu besar, maka Dinas Perhubungan akan melakukan analisa terkait lebar untuk jalur sepeda tersebut.

“Kami akan menganalisa terlebih dahulu untuk jalur sepeda, karena jalan di Kota Cirebon tidak terlalu besar. Artinya, kalau dibagi untuk sepeda akan memakan tempat,” ungkapnya.

Untuk tahap selanjutnya, pihaknya akan melakukan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat pengguna sepeda, karena saat ini sudah keluar aturan tentang bagaimana keselamatan sepeda di jalan.

“Sesuai Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 59 tahun 2020 yang isinya persyaratan teknis sepeda, tata cara bersepeda, dan fasilitas pendukung sepeda yang dapat disesuaikan dengan karakteristik dan kebutuhan medan di setiap daerah,” bebernya.

“Kami sedang mencoba menganalisa, bagaimana di tahun 2021 bisa terlaksana,” tambahnya.

Rencananya, kata Andi, pembuatan jalur sepeda di Kota Cirebon di prioritaskan di 6 ruas jalan kawasan tertib lalu lintas seperti Jalan Pemuda, Sudarsono, Ciptomangunkusumo, Wahidin, Kartini dan Siliwangi.

BACA YUK:  BukuWarung dan Alfamart Bekali 11.000 UMKM dengan Keterampilan Pembukuan Digital

“Prioritas di 6 ruas jalan KTL, kemudian jalur itu akan kita arahkan ke tempat-tempat destinasi, baik destinasi wisata kuliner, budaya, terutama wisata yang terkait dengan cagar budaya yang ada di Kota Cirebon,” jelasnya.

“Dengan harapan, para goweser atau pecinta sepeda dari luar bisa datang dan menikmati suasana di Kota Cirebon,” imbuhnya.

Andi menargetkan, pembangunan jalur sepeda bisa terealisasi secepatnya, karena jalur yang akan dilalui ada jalan Nasional, Provinsi, dan jalan kota. Sehingga, perlu adanya koordinasi dengan Kementerian dan juga Dishub Provinsi.

“Target tahun 2021 jalur sepeda di Kota Cirebon sudah ada. Karena anggaran di tahun 2020 ini sudah terpangkas untuk penanganan Covid-19, namun kami bersemangat untuk membangun jalur sepeda untuk masyarakat,” pungkasnya. (AC212)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest News

Lantik Tujuh Kepala Sekolah, Walikota Cirebon Pesan Lakukan Manajemen Pendidikan

Cirebon,- Wali Kota Cirebon, Drs. Nashrudin Azis melantik tujuh Kepala Sekolah (Kepsek) tingkat Sekolah Dasar (SD) di Kota Cirebon....

Peringati Maulid Nabi, Masjid Al-Maksudhi Hadirkan Gus Miftah

Cirebon,- Masjid Al-Maksudhi yang berlokasi di Jalan Sultan Ageng Tirtayasa, Desa Kedungjaya, Kecamatan Kedawung, Kabupaten Cirebon menggelar pengajian, Selasa (26/10/2021) malam. Kegiatan ini berkolaborasi...

DPW Partai Nasdem Jabar Calonkan Eti Herawati sebagai Wali Kota Cirebon 2024

Cirebon,- DPW Partai Nasdem Jawa Barat menargetkan meraih dua kursi DPR RI, dua kursi DPR Provinsi, tujuh kursi DPRD Kota Cirebon pada pemilu 2024....

Kawasan Industri di Kota Cirebon Hanya 49,09 Hektar, Perlu Rencana Induk Pembangunan Industri Kota

Cirebon,- Dinas Koperasi, Usaha Kecil, Menengah, Perdagangan dan Perindustrian (DKUKMPP) Kota Cirebon menggelar Forum Group Discussion (FGD) terkait rencana pembangunan industri di Kota Cirebon....

More Articles Like This