Jumat, 23 Oktober 2020

Dishub Kota Cirebon Rencana Bangun Jalur Sepeda di Tahun 2021

Populer

Nakes RSD Gunung Jati Positif Covid-19, Ini Penjelasan Rumah Sakit

Cirebon,- Pihak Rumah Sakit Daerah (RSD) Gunung Jati Kota Cirebon memberikan penjelasan terkait penutupan sementara sejumlah pelayanan. Penutupan sementara untuk...

39 Nakes Positif Covid-19, Layanan di RSD Gunung Jati Tutup Selama 6 Hari

Cirebon,- Rumah Sakis Daerah (RSD) Gunung Jati Cirebon kembali menutup sementara pelayanan mulai tanggal 22 sampai 27 Oktober 2020. Sebelumnya,...

8 Petugas Positif Covid-19, RSD Gunung Jati Tutup Sementara Pelayanan

Cirebon,- Sehubungan dengan kegiatan pelacakan kontak erat para pegawai yang terpapar Covid-19, Rumah Sakit Daerah Gunung Jati (RSDGJ) Kota...

Walikota Cirebon Menolak Wacana Perubahan Provinsi Jawa Barat Menjadi Provinsi Sunda

Cirebon,- Wacana pergantian nama Provinsi Jawa Barat menjadi Provinsi Sunda mulai mencuat. Wacana tersebut muncul saat Kongres Sunda 2020...

Indonesia Fortuner Community Gelar Bakti Sosial di Objek Wisata Telaga Biru

Kuningan,- Indonesia Fortuner Community (IFC) menggelar bakti sosial dengan memberikan bantuan sembako untuk warga Desa Kaduela Kecamatan Pasawahan Kabupaten...

Cirebon,- Menindaklanjuti saat Rapat Paripurna DPRD Kota Cirebon yang menginginkan adanya jalur sepeda, Pemerintah Daerah melalui Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Cirebon langsung menanggapinya.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Cirebon, Andi Armawan langsung turun ke jalan untuk mengecek jalur yang akan dibuat untuk dijadikan jalur sepeda, Rabu (23/9/2020) pagi.

Sambil mengendari sepeda lipatnya, Kadishub Kota Cirebon menyusuri jalan mulai dari Jalan Pemuda, Ciptomangunkusumo, Wahidin, Kartini, hingga jalan Siliwangi Kota Cirebon.

Loading...

Menurut Andi, dengan antusias masyarakat dengan bersepeda, Dinas Perhubungan yang memiliki kewenangan tugas tupoksinya adalah memberikan keselamatan pada transportasi aman, nyaman dan bersih, pihaknya mendukung pembuatan jalur sepeda.

BACA YUK:  Di Tengah Pandemi, Kegiatan Kebudayaan Tawurji dan Apem di Keraton Kanoman Dilaksanakan Terbatas

“Hari ini saya mencoba berkeliling, ternyata yang dulu pernah ada rambu-rambu jalur sepeda kini sudah tertutup dengan pembangunan jalan atau aspal yang baru,” ujar Andi kepada About Cirebon, Rabu (23/9/2020).

Lanjut Andi, karena jalan di Kota Cirebon yang tidak terlalu besar, maka Dinas Perhubungan akan melakukan analisa terkait lebar untuk jalur sepeda tersebut.

“Kami akan menganalisa terlebih dahulu untuk jalur sepeda, karena jalan di Kota Cirebon tidak terlalu besar. Artinya, kalau dibagi untuk sepeda akan memakan tempat,” ungkapnya.

Untuk tahap selanjutnya, pihaknya akan melakukan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat pengguna sepeda, karena saat ini sudah keluar aturan tentang bagaimana keselamatan sepeda di jalan.

“Sesuai Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 59 tahun 2020 yang isinya persyaratan teknis sepeda, tata cara bersepeda, dan fasilitas pendukung sepeda yang dapat disesuaikan dengan karakteristik dan kebutuhan medan di setiap daerah,” bebernya.

“Kami sedang mencoba menganalisa, bagaimana di tahun 2021 bisa terlaksana,” tambahnya.

Rencananya, kata Andi, pembuatan jalur sepeda di Kota Cirebon di prioritaskan di 6 ruas jalan kawasan tertib lalu lintas seperti Jalan Pemuda, Sudarsono, Ciptomangunkusumo, Wahidin, Kartini dan Siliwangi.

BACA YUK:  Tidak Lagi Menjabat Anggota Dewan, Budi Gunawan Tekuni Tanaman Hidroponik

“Prioritas di 6 ruas jalan KTL, kemudian jalur itu akan kita arahkan ke tempat-tempat destinasi, baik destinasi wisata kuliner, budaya, terutama wisata yang terkait dengan cagar budaya yang ada di Kota Cirebon,” jelasnya.

“Dengan harapan, para goweser atau pecinta sepeda dari luar bisa datang dan menikmati suasana di Kota Cirebon,” imbuhnya.

Andi menargetkan, pembangunan jalur sepeda bisa terealisasi secepatnya, karena jalur yang akan dilalui ada jalan Nasional, Provinsi, dan jalan kota. Sehingga, perlu adanya koordinasi dengan Kementerian dan juga Dishub Provinsi.

“Target tahun 2021 jalur sepeda di Kota Cirebon sudah ada. Karena anggaran di tahun 2020 ini sudah terpangkas untuk penanganan Covid-19, namun kami bersemangat untuk membangun jalur sepeda untuk masyarakat,” pungkasnya. (AC212)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest News

39 Nakes Positif Covid-19, Layanan di RSD Gunung Jati Tutup Selama 6 Hari

Cirebon,- Rumah Sakis Daerah (RSD) Gunung Jati Cirebon kembali menutup sementara pelayanan mulai tanggal 22 sampai 27 Oktober 2020. Sebelumnya,...

Aice Group dan GP Ansor Cirebon Rayakan Hari Santri dengan Distribusikan Masker Medis

Cirebon,- Aice Group dan Gerakan Pemuda Ansor (GP Ansor) melakukan distribusi 150 ribu masker ke masyarakat Cirebon pada Kamis, (22/10/2020). Kegiatan yang bertepatan dengan Hari...

Siswa MANU Putra Buntet Cirebon Lolos Parlemen Remaja DPR RI

Cirebon,- Siswa kelas XII Madrasah Aliyah Nahdlatul Ulama (MANU) Putra Buntet Pesantren Cirebon, Alif Luqman Jayadi (18) lolos menjadi Parlemen Remaja DPR RI tahun...

LKP Mawar Sharon Gelar Pelatihan Tata Rias Pengantin ⁣⁣ ⁣⁣

Cirebon,- LKP Mawar Sharon menggelar Pelatihan Program Pendidikan Kecakapan Kerja Keterampilan Tata Rias Pengantin Sunda Puteri di Aula Cirebon Power . Rabu 21/10/2020.⁣⁣ ⁣⁣ Rebecca Gracia,...

More Articles Like This