Disdukcapil Kota Cirebon Raih Anugerah Kawistara Kategori Pengutamaan Bahasa Negara di Ruang Publik

Cirebon,- Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Cirebon meraih Anugerah Kawistara tahun 2022 pada kategori Pengutamaan Bahasa Negara di Ruang Publik.

Penghargaan diberikan oleh Balai Bahasa Provinsi Jawa Barat saat acara Anugerah Kawistara tahun 2022 yang berlangsung di Hotel Horison Bandung, Senin (17/10/2022) lalu.

Sekretaris Disdukcapil Kota Cirebon, Drs. Rahmat Saleh mengaku bersyukur dan bangga pihaknya berhasil menjadi pemenang. Karena menurutnya, menjadi pemenang dalam kategori tersebut tidak mudah.

“Kami harus bersaing dengan 27 kota dan kabupaten di Jawa Barat. Ini menjadi kebanggaan bagi Kota Cirebon khususnya Disdukcapil,” kata Rahmat di kantornya, komplek perkantoran Bima, Rabu (19/10/2022).

BACA YUK:  Dapat Aduan Masyarakat Terkait Penyaluran BLT, Anggota Komisi VIII DPR RI Langsung Sidak

Sebelum dinobatkan sebagai pemenang, Balai Bahasa Provinsi Jawa Barat terlebih dulu mengadakan sosialiasi kepada lembaga pemerintah dan swasta untuk menggunakan bahasa Indonesia di ruang publik sesuai Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI).

“Setelah mendapatkan arahan, kami langsung terapkan penggunaan bahasa Indonesia di tempat pelayanan sebaik mungkin,” kata Rahmat.

Selanjutnya tim dari Balai Bahasa Provinsi Jawa Barat mendatangi tempat pelayanan untuk memberikan penilaian langsung. Penilaian berdasarkan ejaan, pilihan kata hingga kalimat dalam penggunaan bahasa Indonesia.

“Tim penilai memperhatikan dengan cermat seluruh kata dalam penggunaan bahasa Indonesia di tempat pelayanan kami,” ujarnya.

BACA YUK:  Peringati HMPI 2022, Seribu Pohon Ditanam di TPA Kopi Luhur Kota Cirebon

Rahmat meyakini Disdukcapil menang lomba berkat komitmen dan konsistensi dalam menggunakan Bahasa Indonesia di tempat pelayanan. Bukan hanya itu, di tempat pelayanan juga terdapat bahasa lokal yakni bahasa Cirebon.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *