Disbudpar Kota Cirebon Akan Hadirkan Program Seniman Masuk Sekolah

Cirebon,- Pemerintah Daerah (Pemda) Kota Cirebon melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Cirebon berencana menghadirkan program seniman atau budayawan masuk sekolah.

Untuk awal, program tersebut nantinya akan diterapkan di tahun 2024 dengan menunjuk 5 sekolah.

“Nanti kita akan tunjuk 5 sekolah dan ada beberapa konten yang akan diterapkan. Apakah seni, budaya, dan lain sebagainya,” ujar Kepala Disbudpar Kota Cirebon, Agus Sukmanjaya saat ditemui About Cirebon di Balai Kota Cirebon, Jumat (2/2/2024).

Program seniman masuk sekolah ini, kata Agus, memang belum dibahas secara detail. Namun rencananya akan di bahas pada saat pertemuan forum perangkat daerah.

BACA YUK:  Ditjen IKP Kemenkominfo Gandeng Pemkab Cirebon Pastikan Kelancaran Arus Mudik

“Mungkin pasca forum perangkat daerah, kita akan urai satu persatu untuk konten yang akan dimasukan,” ungkapnya.

Saat ini, kata Agus, Pemerintah Daerah Kota Cirebon juga tengah menyusun kamus bahasa Cirebon. Dengan harapan, kamus bahasa Cirebon itu bisa menjadi muatan lokal (Mulok) di sekolah.

“Kami berharap ini (kamus bahasa Cirebon) bisa menjadi pedoman juga untuk Dinas Pendidikan menjadi muatan lokal di sekolah,” katanya.

Kamus bahasa Cirebon yang sedang disusun tersebut, menurut Agus, lebih kepada bahasa yang sering digunakan sehari-hari. Karena, untuk sampai kamus bebasan itu perlu proses.

BACA YUK:  Antisipasi Lonjakan Arus Mudik dan Balik Lebaran 2024, Pertamina Siapkan SPBU Modular dan Motorist

“Kamus bahasa Cirebon ini lebih bagaimana merangsang masyarakat untuk belajar terlebih dahulu. Bisa saja nanti berkembang ke kamus berikutnya, nanti kita bahas kamus bebasan berikutnya,” pungkasnya. (HSY)

Bagikan:

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *