Dirut PT. KAI Resmikan Klinik Mediska Jatibarang, Ini Layanannya

Indramayu,- PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi (Daop) 3 Cirebon kembali memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat khususnya yang berada di Kabupaten Indramayu.

Pelayanan kesehatan yang diberikan yakni dengan menghadirkan sebuah Klinik Mediska yang terletak di Jalan Mayor Sangun No. 1 sebelah selatan Stasiun Jatibarang.

Klinik tersebut diresmikan langsung oleh Direktur Utama PT KAI (Persero) Edi Sukmoro dan langsung beroperasi memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat pada Rabu, (27/3/2019).

1. Sudah 55 Klinik Mediska Beroperasi

Direktur Utama PT. KAI (Persero), Edi Sukmoro usai meresmikan Klinik Mediska Jatibarang mengatakan sampai saat ini sudah ada 55 Klinik Mediska yang tersebar di seluruh wilayah Daerah Operasional.

“Kita berharap, manakala memang kereta api punya kelebihan, ini harus diutamakan, karena memang pada dasarnya bahwa kereta api itu adalah public service atau pelayanan publik,” ujar Edi.

Penandatanganan prasasti Klinik Mediska Jatibarang oleh Dirut PT. KAI Edi Sukmoro

Jadi, lanjut Edi, bukan hanya penumpang untuk jalannya saja, tetapi dipastikan penumpang itu sehat, bahkan ini memberikan pelayanan kepada lingkungan.

BACA YUK:  Melalui Program KAI Go Green, Daop 3 Cirebon Tanam 365 Pohon

“Sehingga, apapun yang didapat dari kereta api dikembalikan lagi kepada masyarakat, sesuai dengan taglinenya BUMN Hadir Untuk Negeri,” terangnya.

2. Stasiun Besar Harus Difasilitasi Klinik Mediska

Edi memastikan, Klinik Mediska akan terus dibangun. Bahkan, kalau memang dibutuhkan diextend, dibesarkan karena kebutuhan masyarakat dan kami mampu, akan menjadi rumah sakit.

“Yang pasti bahwa kita terdiri dari 9 Daop dan 4 divisi regional, harus tercukupi di masing-masing stasiun besarnya,” ungkpa Edi.

Jadi, kata Edi, setiap Daop memiliki stasiun besar yang penumpangnya nanti akan padat, harus difasilitasi dengan kesehatan seperti ini (Klinik Mediska).

3. Diminati Masyarakat

BACA YUK:  Selama Libur Nataru 2023/2024, 120.802 Penumpang KA Berangkat dari Wilayah Daop 3 Cirebon

Edi memaparkan, PT. KAI (Persero) pada tahun kemarin mengangkut 425 juta penumpang. Penduduk Indonesia saja baru 250 juta.

Dirut PT. KAI Edi Sukmoro meninjau fasilitas Klinik Mediska Jatibarang

“Ini menandakan bahwa kereta api mulai diminati oleh masyarakat,” tegasnya.

Sehingga, pengoperasian Klinik Mediska Jatibarang ini dimaksudkan untuk meningkatkan pelayanan kesehatan kepada pekerja dan masyarakat umum di wilayah Jatibarang dan sekitarnya.

4. Layanan Kesehatan

Sementara itu, Vice President (VP) Daop 3 Cirebon, Tamsil Nurhamedi mengatakan layanan kesehatan yang diberikan di klinik tersebut adalah rawat jalan tingkat pertama (Faskes I).

“ Klinik ini melayani Poli Umum, Poli Gigi, Kesehatan Ibu dan Anak (KIA) juga dilengkapi dengan fasilitas laboratorium sederhana, pelayanan obat serta Instalasi Gawat Darurat,” ujarnya.

Dirut PT. KAI memeriksa kesehatan di Klinik Mediska Jatibarang

“Untuk pelayanan kesehatan yang diberikan kepada pasien ditangani langsung oleh 6 tenaga medis KAI profesional,” tambah Tamsil.

BACA YUK:  Didukung Tenaga Ahli dan Handal, PT. Inti Global Konstruksi Buka Kantor di Cirebon

5. Jam Operasioanl Klinik Mediska

Klinik Mediska Jatibarang memiliki luas bangunan 170,5 m2 dengan luas tanah 300m2. Klinik Mediska beroperasi dari hari Senin sampai dengan Sabtu.

Setiap harinya Klinik Mediska Jatibaranh ini beroperasi dari hari Senin sampai Kamis pukul 07.15 – 14.00 WIB, Jumat pukul 07.15 – 11.00 WIB, dan Sabtu pukul 07.15 WIB – 13.00 WIB.

“Kedepan Klinik Mediska ini akan beroperasi selama 24 jam,” bebernya.

6. Melayani BPJS

Tamsil berharap, dengan dibukanya Klinik Mediska Jatibarang ini diharapkan bisa membantu memenuhi kebutuhan masyarakat sekitar atas pelayanan kesehatan yang selama ini belum terpenuhi.

Menurut Tamsil, Klinik Mediska juga melayani Jaminan Pemeliharaan Kesehatan Perusahaan (JPKP) untuk para pekerja PT KAI, serta melayani peserta BPJS.

Dirut PT. KAI Edi Sukmoro memberikan sambutan

“Kehadiran Klinik Mediska ini merupakan salah satu wujud nyata kepedulian PT KAI untuk senantiasa berupaya memberikan pelayanan terbaik kepada pengguna KA dan masyarakat sekitar jalur kereta api,” tandasnya. (AC212)

Bagikan:

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *