Dinkes Kabupaten Cirebon Lakukan Pemeriksaan Rapid Test di Jalur Tol dan Tempat Wisata

Cirebon,- Dalam rangka libur Natal 2020 dan tahun baru 2021, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Cirebon melakukan pemeriksaan Rapid Test di rest area dan tempat wisata.

Dinkes Kabupaten Cirebon menempatkan petugas di pos kesehatan (Poskes) di 10 titik, salah satunya di Rest Area 208 Tol Palimanan – Kanci.

“Dari 10 titik ini, kita membekali setiap Poskes ada 50 sample Rapid Rest. Jika 50 sample itu habis, tentunya masih bisa meminta kembali ke Dinas Kesehatan,” ujar Enny Suhaeni, Kadinkes Kabupaten Cirebon saat ditemui About Cirebon di Rest Area 208 Palikanci, Minggu (27/12/2020).

BACA YUK:  Berdayakan Desa Pesisir, Cirebon Power Raih PDB Award 2022

Dari pemudik yang baru saja mudik dari wilayah Jawa Timur dan Jawa Tengah bisa melakukan pemeriksaan Rapid Test di Pos Kesehatan yang ada di wilayah Kabupaten Cirebon.

Menurut Enny, pemerintah menghimbau kepada masyarakat wajib melakukan pemeriksaan Rapid Test Antigen, antibodi, dan PCR sebelum melakukan perjalanan mudik maupun setelah pulang ke tempat asalnya.

“Di wilayah Kabupaten Cirebon ada 10 pos kesehatan. Jadi setiap pos dibekali 50 sample Rapid Test atau sebanyak 500 sample. 10 ini di luar pos kesehatan di tempat pariwisata, kalau secara keseluruhan totalnya ada 1.000 sample Rapid Test,” kata Enny.

BACA YUK:  Kapolri Ajak Santri Pondok Buntet Pesantren Jaga Persatuan dan Kesatuan NKRI

Jumlah tersebut, tambah Enny, untuk selama masa libur Natal dan Tahun Baru atau sampai tanggal 3 Januari 2021.

“Selama pemeriksaan rapid Test di libur Natal dan Tahun Baru, Alhamdulillah hasilnya Non Reaktif. Karena memang sebelum berangkat yang reaktif tidak boleh berpergian,” pungkasnya.

Sementara itu, Elfa, salah satu pemudik yang melakukan Rapid Test di Rest Area 208 mengaku sangat membantu dengan adanya pemeriksaan Rapid Test di Rest Area.

Elfa yang baru pulang dari Malang dan akan balik kembali ke Jakarta saat di lakukan pemeriksaan Rapid Rest hasilnya Non Reaktif.

BACA YUK:  Morinaga Dukung Si Kecil Jadi Generasi Berkualitas Lewat Gelaran Dunia Generasi Platinum 2022

“Alhamdulillah hasilnya Non Reaktif, karena memang kemarin tanggal 23 Desember juga kita melakukan pemeriksaan antigen dan hasilnya negatif,” ujarnya.

Menurut Elfa, tadinya akan melakukan kembali pemeriksaan Rapid Test saat tiba di Jakarta. Namun, pihaknya bersyukur sudah ada pemeriksaan Rapid Test di Rest Area gratis.

“Ini kan wajib dari pemerintah yah. Kita juga sama-sama menjaga, kalaupun ingin berpergian tidak ada salahnya sedikit mengeluarkan duit daripada nanti yang di datangi kena, karena kita juga ngga tau kan,” pungkasnya. (AC212)

(Dilihat: 7 pengunjung)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.