Di Hari Kemerdekaan, 5 Bayi Dilahirkan di RSIA Cahaya Bunda Cirebon

0
890
dr. Yasmin Dermawan, SpOG, saat memberikan ucapan selamat kepada pasien yang melahirkan di tanggal 17 Agustus 2017.

Cirebon, 17 Agustus 2017,- Di hari special dan bertepatan dengan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-72, sebanyak 5 bayi di Rumah Sakit Ibu dan Anak Cahaya Bunda, Jalan Perjuangan, Kota Cirebon dilahirkan.

dr. Yasmin Dermawan, SpOG, selaku Pemilik RSIA Cahaya Bunda sekaligus Dokter spesialis kandungan mengatakan, ada lima bayi yang lahir, tiga melalui operasi caesar dan dua melalui persalinan normal. Dan, motivasi dari pasien yang melalui operasi caesar tanggal 17 Agustus memang ingin di hari special.

Aston Hotel

Menurutnya, pasien yang melalui caesar memungkinkan masih masuk indikasi medis, yakni bayi cukup bulan dan dari awal pasien ingin dilakukan operasi caesar. Operasi Caesar tidak ada masalah selama bayi matang atau cukup bulan.

“Dan memang biasanya juga ada indikasi-indikasi tertentu seperti bekas caesar sebelumnya, sehingga mereka ingin caesar lagi. Kebetulan memang yang melahirkan pada 17 Agustus 2017 sudah masuk bulannya,” jelas Yasmin.

Kristi Dwi Putri warga Desa Pamulihan, Kecamatan Cipicung, Kabupaten Kuningan yang melahirkan di tanggal 17 Agustus 2017.

Selain itu, kebahagiaan dirasakan oleh pasangan Elan Brama Gumilang dan Kristi Dwi Putri warga Desa Pamulihan, Kecamatan Cipicung, Kabupaten Kuningan yang melahirkan putra ketiganya yang bertepatan ditanggal 17 Agustus 2017 melalu operasi Caesar. Pasangan tersebut dikaruniai seorang putra yang diberi nama Calief Al Ghalibie Gumilang.

Istana Kerang

“Senang sekali melahirkan di hari special bertepatan dengan Hari Kemerdekaan RI. Ini adalah anak laki-laki pertama kami di hari special, semoga putra kami bisa menjadi kebanggaan orang tua dan bermanfaat bagi nusa bangsa dan orang lain,” ujar Kristi.

Tak kentinggalan pula, kebahagiaan dirasakan oleh pasangan Joko Santoso dan Indah yang melahirkan secara normal pada 17 Agustus 2017 pukul 12.10 wib di RSIA Cahaya Bunda. Mereka dikaruniai seorang putra kedua yang diberi nama Rafa Arjuna Santoso.

“Alhamdulillah anak kedua kami dilahirkan secara normal dan merasa senang lahir bertepatan di tanggal 17 Agustus 2017, semoga putra kami menjadi anak sholeh, pintar, dan dapat membanggakan kedua orang tuanya,” tutur Indah.

dr. Yasmin menambahkan, bayi matang atau cukup bulan itu secara medis dari 37 minggu sampai 42 minggu, kalau kurang dari 37 minggu dinayatakan prematur. Kita juga tidak akan melakukan caesar bayi-bayi yang prematur terkecuali atas indikasi emergency.

“Indikasi emergency misalnya, karena keracunan kehamilan, air ketuban pecah duluan, atau induksi gagal. Semua itu yang merujuk harus tindakan operasi, tapi harus ada unsur emergencynya, jika umpama atas unsur permintaan selalu merujuk pada cukup bulan tersebut,” jelasnya. (AC212)