Di Hari Guru Nasional, Berikan Tanda Apresiasi kepada Guru Pertamamu

Jakarta,- Hari Guru adalah sebuah hari istimewa yang diperingati setiap tahunnya oleh berbagai negara di seluruh dunia. Di Indonesia, kita memperingati Hari Guru Nasional setiap tanggal 25 November, yang pertama kali ditetapkan pada tanggal 25 November 1994 oleh Presiden Soeharto melalui Keputusan Presiden Nomor 78 tahun 1994 tentang Hari Guru Nasional.

Ada pun tema Hari Guru Nasional tahun ini adalah “Serentak Berinovasi Wujudkan Merdeka Belajar” dan hari istimewa ini banyak dirayakan dalam bentuk upacara peringatan di sekolah dan pemberian tanda jasa bagi guru, kepala sekolah dan pengawas sekolah karena guru di Indonesia dianggap sebagai pahlawan tanpa tanda jasa.

Sejak awal kita bersekolah, tentunya sudah banyak guru yang kita temui dan yang telah membimbing kita semua untuk bisa menjadi seperti sekarang. Apa kamu ingat siapa guru pertamamu?

Saat ditanya soal guru pertama, mungkin kita mencoba mengingat guru saat di taman kanak-kanak, tapi sebenarnya, jawabannya sangat mudah – guru pertama kita tentu saja adalah orang tua.

Sejak kita lahir, orang tua tidak pernah berhenti menjadi guru kita. Saat kita kecil, orang tua mengajarkan hal-hal dasar seperti cara berjalan, berbicara, membaca dan makan. Saat kita bersekolah, orang tua lah yang membantu kita saat kesulitan dalam pelajaran sekolah dan juga membangun karakter kita dengan mengajarkan nilai-nilai baik. Saat kita sudah dewasa, orang tua juga tetap mengajar kita, baik seputar dunia kerja, keuangan, hubungan rumah tangga, dan juga cara menjadi orang tua yang baik untuk anak-anak kita.

BACA YUK:  Banjir di Kota Cirebon, Wali Kota Minta Maaf dan Akan Lakukan Perbaikan

Di Hari Guru Nasional Tahun ini, mari kita tunjukkan apresiasi dan penghargaan kepada orang tua kita dengan cara-cara sederhana berikut:

1. Berikan pelukan dan ucapan terima kasih
Sebuah tanda apresiasi yang sangat sederhana tapi berarti. Di tanggal 25 November nanti, berikan pelukan kepada orang tuamu dan ucapkan terima kasih atas jasa-jasa orang tua yang telah mendidik kamu selama ini.

2. Ajak orang tua makan malam bersama
Mungkin selama beberapa waktu terakhir banyak waktu kamu yang habis untuk belajar atau bekerja, dan orang tua pun mungkin sibuk bekerja. Usahakan untuk luangkan waktumu dan ajak orang tuamu untuk melakukan hal yang sama agar kamu dan orang tua bisa makan malam bersama, di mana kamu bisa menyampaikan ucapan terima kasih kepada mereka.

BACA YUK:  Raihan Medali Kota Cirebon di Porprov Membanggakan, Wali Kota Cirebon Bangga Perjuangan Atlet

3. Berikan hadiah bersama surat ucapan terima kasih
Kamu juga bisa menyiapkan hadiah sederhana, misalnya sebuah piagam kepada orang tua kamu sebagai tanda terima kasih. Jangan lupa untuk menyertakan surat bersama hadiah tersebut untuk menyampaikan ucapan terima kasih untuk orang tuamu.

Itu dia beberapa tip bagi kamu yang ingin memberikan tanda apresiasi kepada orang tua. Nah, bagi orang tua, coba untuk melakukan hal-hal berikut bersama anak:

1. Lanjutkan kebiasaan membantu anak dengan tugas sekolah: Selama pandemi, anak-anak melakukan kegiatan belajar di rumah dan orang tua juga bekerja dari rumah. Saat ini, anak-anak mungkin meminta bantuan orang tua saat mengerjakan tugas sekolah. Meski anak sudah kembali sekolah tatap muka, usahakan untuk memberikan perhatian kepada anak dan bantu mereka jika ada kesulitan mengerjakan tugas. Terkadang orang tua sepenuhnya memberikan tugas kepada guru untuk mendidik anak, tetapi jangan lupa kalau anak akan sangat menghargai kalau orang tua bisa meluangkan waktu untuk mendidik anak di rumah.

BACA YUK:  PT. PNM Mengadakan Talkshow "Ibu Mekaar Sehat, Keluarga Sejahtera"

2. Luangkan waktu untuk berbicara dengan anak: Saat tiba di rumah setelah pulang kantor, ajak anak untuk bercerita tentang harinya. Perhatikan baik-baik dan berikan arahan atau masukan jika ada kesulitan yang dihadapi, atau beri pujian jika anak melakukan hal yang baik.

Ajak anak melakukan kegiatan yang seru di akhir pekan: Akhir pekan adalah waktu untuk istirahat dan bersama keluarga. Selain makan di restoran atau pergi ke mal, ajak anak untuk melakukan kegiatan yang seru dan bermanfaat seperti lari pagi, ke kebun binatang atau mengikuti kelas-kelas menarik untuk keluarga. Jangan lupa juga untuk menjelaskan alasan melakukan kegiatan-kegiatan tersebut dan manfaatnya untuk anak.

Demikian beberapa tip untuk orang tua dan anak dalam rangka memperingati hari guru. Semoga bermanfaat bagi kita semua ya! (*)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *