Deklarasikan Kampung Bersinar, Upaya BNN Kota Cirebon Perangi Narkoba

Cirebon,- Salah satu upaya untuk memerangi narkoba di masyarakat, Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Cirebon melakukan deklarasi Kampung Bersinar (Bersih Narkoba), Selasa (30/8/2022). Deklarasi tersebut berlangsung di Balai Pertemuan Kampung (Baperkam) RW 06 Kampung Harapan Mulya, Kelurahan Karyamulya, Kecamatan Kesambi, Kota Cirebon.

Kampung Bersinar merupakan program BNN bersama Pemerintah Daerah (Pemda) dalam hal Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN). Di Kota Cirebon ada 5 Kelurahan yang menjadi percontohan yakni Kelurahan Pulasaren, Pegambiran, Karyamulya, Kesenden dan Larangan.

Subkoordinator Pencegahan dan Pemberdayaan Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Cirebon, Yusdian mengatakan program Kampung Bersinar merupakan upaya P4GN. Dalam program tersebut melibatkan peran serta masyarakat, mulai dari kader, karang taruna, hingga RT/RW.

BACA YUK:  Kampanye Terbuka di Cirebon, Gajar Perhatikan Gurung Ngaji dan Kebudayaan

Dipilihnya RW 06 Kampung Harapan Mulya, Kelurahan Karyamulya, menurut Yusdian, merupakan kampung yang aktif dalam sosialisasi Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika. Bahkan, menurut Yusdian, Kelurahan Karyamulya disinyalir wilayah tempelan penyalahgunaan narkoba.

“Pemilihan Kelurahan Karyamulya sebagai Kelurahan Bersinar merupakan penetapan dari Walikota Cirebon. Apalagi disini aktif dalam mensosialisasikan P4GN,” ujar Yusdian.

Program Kelurahan Bersinar, kata Yusdian, bertujuan untuk menjadikan kelurahan sebagai garda terdepan dalam pemberantasan narkoba. Di Kota Cirebon, tambah Yusdian, sudah ditetapkan 5 Kelurahan Bersinar.

BACA YUK:  Perayaan Tahun Baru Imlek 2024 di Jawa Barat Aman dan Kondusif

“Kelurahan Bersinar di Kota Cirebon sudah ditetapkan 5 Kelurahan yaitu Kelurahan Pulasaren, Pegambiran, Karyamulya, Kesenden dan Larangan,” katanya.

Pihaknya juga berharap dengan di deklarasikan Kampung Bersinar ini lapisan masyarakat bisa turut serta aktif dalam melaporkan atau menginformasikan kepada BNN Kota Cirebon.

“Kami pastikan yang melaporkan akan kami rahasiakan dan yang dilakukan rehab dipastikan aman tidak akan terjerat sanksi pidana. Jadi, jangan takut di rehab,” pungkasnya.

Ditempat yang sama, Plt. Camat Kesambi, Otang Somantri berharap dengan dideklarasikan Kampung Bersinar bisa terjalinnya sinergi antara masyarakat, kecamatan dan juga BNN.

BACA YUK:  Urigom Cafe, Konsep Cafe Kids Friendly di Kota Cirebon yang Cocok untuk Keluarga

“Kami harap ini menjadi pengawasan kita bersama dalam penyalahgunaan dan peredaran narkoba,” singkatnya.

Sementara itu, Lurah Karyamulya, Wawan Gunawan mengatakan sangat mengapresiasi langkah BNN untuk dijadikan RW 06 Kampung Harapan Mulya, Kelurahan Karyamulya mejadi Kampung Bersinar. Pihaknya meminta kepada seluruh masyarakat untuk peran aktif dalam memerangi peredaran narkoba.

“Mari kita bersama-sama menjaga lingkungan kita terbebas dari Penyalahgunaan dan Peredaran narkoba. Karena, narkoba merupakan musuh kita bersama,” tegasnya.

Selain di RW 06 Kampung Harapan Mulya, Kelurahan Karyamulya, BNN Kota Cirebon juga melakukan deklarasi di Kelurahan Larangan, Kota Cirebon, Rabu (31/8/2022). (HSY)

Bagikan:

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *