Dekatkan Diri Kepada Masyarakat, RS Sumber Kasih Gelar Seminar dan Lomba Kreasi Bento Kids

Cirebon,- Rumah Sakit Sumber Kasih kembali menggelar seminar kesehatan yang berlangsung di Swiss-Belhotel Cirebon, Jalan Dr. Cipto Mangunkusumo, Kota Cirebon, Sabtu (29/1/2022). Seminar kali ini mengambil tema “Seni Cara Bernapas (Di Masa Pandemi) Untuk Meningkatkan Stamina dan Self Healing”.

Direktur RS Sumber Kasih, dr. Lucia Dewi Puspitasari, MM mengatakan Rumah Sakit Sumber Kasih selalu mengadakan rutin kegiatan seminar, supaya bisa mendekatkan diri kepada masyarakat awam dalam hal memberikan edukasi terkait kesehatan. Seperti seminar yang digelar kali ini tentang seni cara bernapas.

“Sebetulnya cara bernapas biasa saja, namun hari ini kami mendatangkan praktisi yang akan mengajarkan cara bernapas yang baik, terutama di era pandemi,” ujar Lucia kepada About Cirebon.

Baca Yuk: Tingkatkan Kompetensi Dokter Layanan Primer, RS Sumber Kasih Gelar Seminar

BACA YUK:  Mulai 30 Agustus 2022, Penumpang Kereta Api Jarak Jauh 18 Tahun ke Atas Wajib Vaksin Booster

Seperti kita tahu, lanjut Lucia, COVID-19 menyerang pada pernapasan, sehingga ilmunya bisa diterapkan supaya bisa memiliki kualitas kesehatan dan cara bernapas yang lebih baik. Selain kegiatan seminar, tambah Lucia, RS Sumber Kasih juga menyelenggarakan lomba kreasi bento anak.

Dimana, untuk acara lomba kreasi bento anak tersebut berlangsung di RS Sumber Kasih, Jalan Siliwangi, Kota Cirebon. Menurut Lucia, pihaknya mendekatkan diri kepada masyarakat karena ingin menjadi sahabat keluarga.

“Kami ingin lebih mendekatkan diri kepada masyarakat dan menjadi sahabat keluarga. Tidak saja pada saat sakit, tetapi untuk kegiatan-kegiatan lain yang bersifat unik dan bermanfaat pastinya,” ungkap Lucia.

Pihaknya berharap kegiatan-kegiatan yang diselenggarakan oleh RS Sumber Kasih bisa menjadi kegiatan rutin, baik untuk masyarakat awam maupun untuk tenaga kesehatan, kader dan lain-lainnya.

BACA YUK:  Jadwal Samsat Keliling P3DW Ciledug Kabupaten Cirebon, 11 – 16 Juli 2022

Baca Yuk: Berikan Penghargaan dan Upgrade Ilmu Kepada Perawat, RS Sumber Kasih Gelar Seminar

Seminar yang terbuka untuk umum ini, kata Lucia, diberikan gratis untuk masyarakat di wilayah III Cirebon. Karena, kata Lucia, kegiatan ini bisa memberikan manfaat kepada masyarakat darimana saja.

“Untuk lomba kreasi bento anak diikuti sekitar 10 peserta. Memang terbatas, karena kita ingin menggelar secara rutin dan biasanya diikuti oleh staf, puskesmas, ataupun kader, dan masyarakat. Untuk temanya akan berganti-ganti,” jelasnya.

“Saya berharap kegiatan ini bisa memberikan edukasi seputar kesehatan dan memberikan salah satu kegiatan yang bermanfaat, dan yang pasti kami ingin mendekatkan diri kepada masyarakat Cirebon,” pungkasnya.

BACA YUK:  Asah Motorik Anak, RS Sumber Kasih Gelar Lomba Puzzle

Sementara itu, Harry Setiarso, Praktisi Metode Hipopresif yang menjadi pembicara dalam seminar ini memberikan metode pernapasan. Menurutnya bernapas sebuah naluri kita sejak lahir.

“Tapi kali ini saya ingin share banyak hal tentang teknik-teknik pernapasan. Teknik pernapasan ini bisa dilakukan atau dipraktekkan oleh siapa saja,” ujarnya.

Seperti ibu hamil, kata Harry, teknik cara bernapas yang baik akan mendapatkan banyak sekali manfaatnya. Dan untuk ibu dan bapak yang lain juga sangat bagus, terutama untuk merilis stress.

“Setiap manusia pasti dihinggapi oleh stress, tapi dengan salah satu tekni ini, saya ingi sama-sama belajar untuk memanage stres. Tekniknya pun sangat sederhana, kita akan bernapas menggunakan pernapasan perut, napas pelan. Dan harapannya bisa membuat mereka happy,” pungkasnya. (AC212)

(Dilihat: 91 pengunjung)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.