Deddy Mizwar; Saat ini Cirebon Raya Alami Problem Sampah

0
35
Deddy Mizwar blusukan di Pasar Kanoman Cirebon, Jumat (09/03/2018)

Cirebon,- Calon Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar blusukan ke Pasar Kanoman Cirebon, Jumat (9/3/2018).

Sebelum menyapa dan mendengar masukan dari pedagan pasar, Demiz sapaan akrab Deddy Mizwar menyempatkan untuk makan docang di Pasar Kanoman Cirebon.

Dalam kunjungannya ke Pasar Kanoman Cirebon, Demiz mengatakan perdagangan tidak ada masalah, namun secara keseluruhan adalah masalah kebersihan yang perlu ditata.

Aston Hotel

“Cirebon punya problem soal sampah,” ujarnya.

Kedepan, kata dia, dari provinsi akan membuat Tempat Pembuangan Akhir (TPA) regional Cirebon Raya, seperti halnya di Legok Nangka di Bandung dan Nambok di Bogor.

“Nah Cirebon Raya harus dibuat juga, apalagi nanti pada saat infrastruktur jadi semua. Kalau tidak siap bagaimana cara pengolahan sampah dengan baik, saya kira ini menjadi bumerang,” ungkpanya.

Di samping itu, lanjut Demiz, Sumber Daya Manusia juga harus disiapkan, karena ada perubahan kultur. Bagaimana kepariwisataan jadi jauh lebih tinggi, kalau kita tidak menyiapkan SDM nya untuk menyongsong era pariwisata yang menjadi booming, nanti akan tersingkirkan.

“Sampah dari pasar, saya kira banyak, dan saat ini Cirebon Raya sudah mempunyai problem soal sampah. Contohnya, bagaimana pengolahan sampah di limbah medis kemarin, tidak ada yang kontrol,” bebernya.

“Maka dari itu, pemprov hanya memfasilitasi di TPA Regional. Sampah itu urusan wajib kabupaten/kota, kita hanya sifatnya membantu membuat TPA Regional,” tandasnya. (AC212)

Bagikan:
Signup for the newsletter