Rabu, 27 Mei 2020

Dari Lagu sampai Poster Pendidikan, Ini 5 Tips Belajar Bahasa Inggris untuk Anak

Populer

H-3 Lebaran Idulfitri Kendaraan Roda Dua Padati Jalur Pantura Cirebon

Cirebon,- H-3 menjelang Hari Raya Idulfitri, Jalur Pantura Cirebon dipadati kendaraan roda dua dari arah Jakarta menuju Jawa Tengah,...

Tetap Dukung PSBB, Grage Mall dan Grage City Mall Memilih Buka Sehabis Lebaran

Cirebon,- Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Kota Cirebon di perpanjang mulai hari ini tanggal 20 Mei - 2...

Inilah Keputusan Bupati Cirebon dan Peraturan Bupati Cirebon tentang PSBB

Keputusan Bupati Cirebon Nomor : 443/Kep.235-Hukum/2020 tentang Pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar di Wilayah Hukum Kabupaten Cirebon dalam rangka...

Inilah Peraturan Wali Kota Cirebon tentang PSBB Tahap Kedua

Peraturan Wali Kota Cirebon No. 15 Tahun 2020. Klik : PDF PERWAL NO 17 TH 2020 TTG PSBB Tahap...

Update Kasus Covid-19 di Kota Cirebon Tanggal 21 Mei 2020

Cirebon,- Kasus terkonfirmasi positif Corona atau Covid-19 di Kota Cirebon berdasarkan data yang dirilis oleh laman resmi pusat informasi...

Bahasa Inggris kini merupakan salah satu bahasa yang semakin banyak digunakan di Indonesia. Bukan hanya digunakan sebagai bahasa sehari-hari, tapi juga dalam keperluan pendidikan hingga bisnis. Tidak heran kini ada banyak poster pendidikan, iklan, video, hingga selebaran yang menggunakan bahasa Inggris.

Karenanya, sangat penting bagi para orang tua dan juga guru untuk mulai membiasakan berbicara bahasa Inggris dengan siswa atau anak-anak. Hal ini agar nantinya anak-anak akan terbiasa dengan bahasa Inggris. Mereka akan familier dengan bahasa tersebut, dan tidak takut untuk menggunakannya dalam percakapan sehari-hari.

Tidak hanya itu, mereka juga akan menjadi lebih mengerti banyak hal karena sejatinya mereka jadi memiliki kemampuan berbahasa lebih dari satu, yang salah satunya adalah bahasa Inggris.

Apakah itu iklan di TV, radio, poster pendidikan, hingga banyak hal lainnya, mereka akan mudah mengerti bahasa Inggris.

Loading...

Tapi mengajarkan bahasa Inggris sendiri merupakan hal yang susah susah gampang. Tapi bukan berarti tidak bisa dilakukan.

Berikut ini adalah cara untuk mengajarkan anak Bahasa Inggris dengan mudah. Mulai dari menggunakan permainan sampai menggunakan poster pendidikan.

1.   Games atau Permainan

Foto: istock

Games atau permainan adalah cara paling mudah untuk mengajarkan bahasa Inggris. Dengan games yang menyenangkan, siswa atau anak menjadi lebih mudah memahami bahasa Inggris.

Belajar sambil bermain memang sangat efektif, apalagi dalam mengajarkan bahasa. Pilih beberapa permainan yang bisa dilakukan bersama para siswa atau anak-anak. Sehingga mereka bisa mengikuti. Usahakan memilih permainan yang bisa mengajak anak ikut aktif berpartisipasi.

Dengan begitu, anak akan langsung belajar sambil bermain bersama.

2.   Cerita Bahasa Inggris

Foto: istock

Beberapa cara lain yang bisa dilakukan adalah dengan membacakan cerita dalam bahasa Inggris. Anak-anak biasanya sangat menyukai bahasa Inggris. Sehingga sangat cocok untuk diberikan cerita dalam bahasa Inggris.

Kita bisa memilih cerita-cerita legenda dari luar negeri seperti Cinderella, Three Little Pigs, hingga Humpty Dumpty. Cerita penuh pesan moral tersebut akan cocok diceritakan dalam bahasa Inggris mengingat memang berasal dari sana.

Jika kehabisan ide, kita juga bisa menceritakan folklore atau legenda dari dalam negeri sendiri. Kita bisa menceritakan Malin Kundang, Sangkuriang, Keong Emas, sampai legenda Prambanan dalam bahasa Inggris pada anak-anak.

3.   Lagu

Foto: istock

Anak-anak juga biasanya akan dengan mudah menghapalkan sebuah lagu. Otak mereka memang diciptakan untuk menyerap dengan cepat sebuah lagu.

Karenanya kita bisa menggunakan lagu sambil mengajarkan bahasa Inggris. Nyanyikan lagu-lagu riang berbahasa Inggris bersama anak-anak. Sehingga mereka bisa mengikuti sambil menghapalkan istilah-istilah bahasa Inggris.

4.   Frasa dan Kosakata

Foto: istock

Walaupun tidak mudah, kita perlu untuk meningkatkan pengetahuan kosakata dan frasa bahasa Inggris bagi anak-anak. Karena hanya dengan itulah mereka akan bisa berkomunikasi dan mengerti bahasa tersebut.

Ajak mereka untuk menghapalkan kosakata berupa angka, warna, kata sifat, bagian tubuh, mainan, baju, binatang, tanaman, hingga makanan. Itu semua adalah kosakata yang diperlukan untuk aktivitas sehari-hari.

5.   Poster Pendidikan Bahasa Inggris

Foto: istock

Untuk membantu memperluas kosakata tersebut, kita bisa membuat poster pendidikan bahasa Inggris. Poster pendidikan ini bisa disebarkan di dalam kelas atau kamar anak. Dengan memasangnya, anak akan dengan mudah membaca dan mengetahui arti dari suatu kata atau kosakata.

Poster pendidikan bahasa Inggris ini juga bisa menjadi media pembelajaran yang efektif bagi anak. Kita bisa mengajak mereka untuk membaca sebuah kosakata atau frasa dan meminta mereka menggunakannya dalam kalimat. Sehingga mereka akan belajar dengan mudah.

 

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest News

Tenant Grage Mall Dan Grage City Mall Siap Ikuti Protokol Kesehatan Pencegahan Covid-19

Cirebon,- Grage Group akan membuka operasional Grage Mall dan Grage City Mall, mulai Kamis 28 Mei 2020.Operasional Mall akan...

Mulai Besok Grage Mall dan Grage City Mall Siap Beroperasi Kembali

Cirebon,- Setelah menutup sementara operasional mall, Grage Group memutuskan Grage Mall dan Grage City Mall akan dibuka kembali besok, Kamis 28 Mei 2020.Seluruh tenant...

Kondisi Rumah Sangat Memprihatikan, Baznas Kota Cirebon Turun Tangan⁣ ⁣

Cirebon,- Sungguh mengejutkan saat memasuki rumah warga di RT 005 RW 001 No. 196 Gg. Rebon Pesisir Selatan Kelurahan Panjunan Kec. Lemahwungkuk Kota Cirebon⁣,...

Dampak Pandemi, Oleh-oleh Khas Cirebon Turun Hingga 90 Persen

Cirebon,- Dampak dari Pandemi Covid-19 dan juga larangan mudik oleh pemerintah, mengakibatkan omset tempat oleh-oleh khas Cirebon menurun drastis.Seperti yang dialami toko Oleh-oleh Daud...

25 Tahun Telkomsel Konsisten Melayani Negri Untuk Terus Bergerak Maju Bersama Indonesia

Jakarta,- Pada hari ini Telkomsel telah hadir di tengah masyarakat selama genap 25 tahun. Selama perjalanannya, Telkomsel secara konsisten memperkuat komitmen untuk mendampingi dan...

More Articles Like This