Rabu, 5 Agustus 2020

Dari Lagu sampai Poster Pendidikan, Ini 5 Tips Belajar Bahasa Inggris untuk Anak

Populer

Layanan Rapid Test di Stasiun Cirebon Hanya Rp. 85 ribu, Ini Syaratnya

Cirebon,- PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasional (Daop) 3 Cirebon bekerja sama dengan RNI Group menyediakan pemeriksaan Rapid...

Dalam Tiga Hari, Kasus Covid-19 di Kabupaten Cirebon Bertambah 8 Orang

Cirebon,- Sejak hari Jumat 31 Juli sampai 2 Agustus 2020, kasus Covid-19 di Kabupaten Cirebon kembali bertambah 8 orang....

Penertiban Aset PT KAI Daop 3 Cirebon Diwarnai Penolakan Warga

Cirebon,- PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasional (Daop) 3 Cirebon melakukan penertiban 2 aset berupa rumah perusahaan yang...

Telkomsel Hadirkan Paket ilmupedia E-Learning Session dengan kuota data 10GB senilai Rp. 10

Jakarta,- Telkomsel kembali menghadirkan inisiatif baru untuk mendukung aktivitas pembelajaran jarak jauh, terutama memasuki masa Tahun Ajaran baru 2020/2021,...

Grab Cirebon Luncurkan Layanan Terbaru Grab Assistant, Ini Keunggulannya

Cirebon,- Setelah meluncurkan Grab Bike Protector dan Grab Car Protector beberapa waktu lalu, kini Grab Cirebon kembali meluncurkan layanan...

Bahasa Inggris kini merupakan salah satu bahasa yang semakin banyak digunakan di Indonesia. Bukan hanya digunakan sebagai bahasa sehari-hari, tapi juga dalam keperluan pendidikan hingga bisnis. Tidak heran kini ada banyak poster pendidikan, iklan, video, hingga selebaran yang menggunakan bahasa Inggris.

Karenanya, sangat penting bagi para orang tua dan juga guru untuk mulai membiasakan berbicara bahasa Inggris dengan siswa atau anak-anak. Hal ini agar nantinya anak-anak akan terbiasa dengan bahasa Inggris. Mereka akan familier dengan bahasa tersebut, dan tidak takut untuk menggunakannya dalam percakapan sehari-hari.

Tidak hanya itu, mereka juga akan menjadi lebih mengerti banyak hal karena sejatinya mereka jadi memiliki kemampuan berbahasa lebih dari satu, yang salah satunya adalah bahasa Inggris.

Loading...

Apakah itu iklan di TV, radio, poster pendidikan, hingga banyak hal lainnya, mereka akan mudah mengerti bahasa Inggris.

Tapi mengajarkan bahasa Inggris sendiri merupakan hal yang susah susah gampang. Tapi bukan berarti tidak bisa dilakukan.

Berikut ini adalah cara untuk mengajarkan anak Bahasa Inggris dengan mudah. Mulai dari menggunakan permainan sampai menggunakan poster pendidikan.

1.   Games atau Permainan

Foto: istock

Games atau permainan adalah cara paling mudah untuk mengajarkan bahasa Inggris. Dengan games yang menyenangkan, siswa atau anak menjadi lebih mudah memahami bahasa Inggris.

Belajar sambil bermain memang sangat efektif, apalagi dalam mengajarkan bahasa. Pilih beberapa permainan yang bisa dilakukan bersama para siswa atau anak-anak. Sehingga mereka bisa mengikuti. Usahakan memilih permainan yang bisa mengajak anak ikut aktif berpartisipasi.

Dengan begitu, anak akan langsung belajar sambil bermain bersama.

2.   Cerita Bahasa Inggris

Foto: istock

Beberapa cara lain yang bisa dilakukan adalah dengan membacakan cerita dalam bahasa Inggris. Anak-anak biasanya sangat menyukai bahasa Inggris. Sehingga sangat cocok untuk diberikan cerita dalam bahasa Inggris.

Kita bisa memilih cerita-cerita legenda dari luar negeri seperti Cinderella, Three Little Pigs, hingga Humpty Dumpty. Cerita penuh pesan moral tersebut akan cocok diceritakan dalam bahasa Inggris mengingat memang berasal dari sana.

Jika kehabisan ide, kita juga bisa menceritakan folklore atau legenda dari dalam negeri sendiri. Kita bisa menceritakan Malin Kundang, Sangkuriang, Keong Emas, sampai legenda Prambanan dalam bahasa Inggris pada anak-anak.

3.   Lagu

Foto: istock

Anak-anak juga biasanya akan dengan mudah menghapalkan sebuah lagu. Otak mereka memang diciptakan untuk menyerap dengan cepat sebuah lagu.

Karenanya kita bisa menggunakan lagu sambil mengajarkan bahasa Inggris. Nyanyikan lagu-lagu riang berbahasa Inggris bersama anak-anak. Sehingga mereka bisa mengikuti sambil menghapalkan istilah-istilah bahasa Inggris.

4.   Frasa dan Kosakata

Foto: istock

Walaupun tidak mudah, kita perlu untuk meningkatkan pengetahuan kosakata dan frasa bahasa Inggris bagi anak-anak. Karena hanya dengan itulah mereka akan bisa berkomunikasi dan mengerti bahasa tersebut.

Ajak mereka untuk menghapalkan kosakata berupa angka, warna, kata sifat, bagian tubuh, mainan, baju, binatang, tanaman, hingga makanan. Itu semua adalah kosakata yang diperlukan untuk aktivitas sehari-hari.

5.   Poster Pendidikan Bahasa Inggris

Foto: istock

Untuk membantu memperluas kosakata tersebut, kita bisa membuat poster pendidikan bahasa Inggris. Poster pendidikan ini bisa disebarkan di dalam kelas atau kamar anak. Dengan memasangnya, anak akan dengan mudah membaca dan mengetahui arti dari suatu kata atau kosakata.

Poster pendidikan bahasa Inggris ini juga bisa menjadi media pembelajaran yang efektif bagi anak. Kita bisa mengajak mereka untuk membaca sebuah kosakata atau frasa dan meminta mereka menggunakannya dalam kalimat. Sehingga mereka akan belajar dengan mudah.

 

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest News

Gubernur Jabar : Lockdown dan Pakai Masker Sama-sama Menurunkan Penyebaran Covid-19

Cirebon,- Ridwan Kamil, Gubernur Jawa Barat menekankan kepada kepala daerah dalam penggunaan masker.Hal tersebut disampaikan Ridwan Kamil saat melakukan...

Ridwan Kamil Dorong Kepala Daerah Lakukan Tes Swab Mininal 1% Jumlah Penduduk

Cirebon,- Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil melakukan rapat gugus tugas bersama Kepala Daerah di Kota Cirebon, Rabu, (5/8/2020).Dalam rapat tersebut, pihaknya mendorong kepada kepala...

Uji Coba Vaksin Sinovac, Ridwan Kamil Siap Menjadi Relawan

Cirebon,- Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil tengah mempersiapkan pengujian vaksin Covid-19 Sinovac asal Tiongkok.Dalam pengujian vaksin tersebut, Kang Emil sapaan akrab Ridwan Kamil tengah...

Jumlah Penumpang Kereta Api Meningkat di Tengah Pandemi, Ini Faktornya ⁣

Cirebon,- PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasional (Daop) 3 Cirebon mencatat pada bulan Juli 2020 mengalami peningkatan jumlah penumpang kereta api mencapai 240...

Penumpang Meningkat, KAI Tambah Perjalanan Kereta Api di Bulan Agustus

Cirebon,- Adanya peningkatan jumlah penumpang pada bulan Juli sebanyak 240 persen, PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasional (Daop) 3 Cirebon kembali menambah perjalanan...

More Articles Like This