Rabu, 21 Oktober 2020

Dari Lagu sampai Poster Pendidikan, Ini 5 Tips Belajar Bahasa Inggris untuk Anak

Populer

Walikota Cirebon Menolak Wacana Perubahan Provinsi Jawa Barat Menjadi Provinsi Sunda

Cirebon,- Wacana pergantian nama Provinsi Jawa Barat menjadi Provinsi Sunda mulai mencuat. Wacana tersebut muncul saat Kongres Sunda 2020...

Nakes RSD Gunung Jati Positif Covid-19, Ini Penjelasan Rumah Sakit

Cirebon,- Pihak Rumah Sakit Daerah (RSD) Gunung Jati Kota Cirebon memberikan penjelasan terkait penutupan sementara sejumlah pelayanan.Penutupan sementara untuk...

Wahana Permainan di Goa Sunyaragi Dibakar Orang, Ini Kata Pengelola

Cirebon - Sebuah wahana permainan yang berada di area Taman Air Goa Sunyaragi (TAGS) dibakar, Rabu pukul 03.00 WIB,...

Promo Tiket Goa Sunyaragi, Diskon 50% Untuk KTP Kota/Kabupaten Cirebon

Cirebon - Kabar gembira bagi masyarakat yang ingin liburan akhir pekan ke Goa Sunyaragi Kota Cirebon.Goa Sunyaragi menawarkan diskon...

8 Petugas Positif Covid-19, RSD Gunung Jati Tutup Sementara Pelayanan

Cirebon,- Sehubungan dengan kegiatan pelacakan kontak erat para pegawai yang terpapar Covid-19, Rumah Sakit Daerah Gunung Jati (RSDGJ) Kota...

Bahasa Inggris kini merupakan salah satu bahasa yang semakin banyak digunakan di Indonesia. Bukan hanya digunakan sebagai bahasa sehari-hari, tapi juga dalam keperluan pendidikan hingga bisnis. Tidak heran kini ada banyak poster pendidikan, iklan, video, hingga selebaran yang menggunakan bahasa Inggris.

Karenanya, sangat penting bagi para orang tua dan juga guru untuk mulai membiasakan berbicara bahasa Inggris dengan siswa atau anak-anak. Hal ini agar nantinya anak-anak akan terbiasa dengan bahasa Inggris. Mereka akan familier dengan bahasa tersebut, dan tidak takut untuk menggunakannya dalam percakapan sehari-hari.

Tidak hanya itu, mereka juga akan menjadi lebih mengerti banyak hal karena sejatinya mereka jadi memiliki kemampuan berbahasa lebih dari satu, yang salah satunya adalah bahasa Inggris.

Loading...

Apakah itu iklan di TV, radio, poster pendidikan, hingga banyak hal lainnya, mereka akan mudah mengerti bahasa Inggris.

BACA YUK:  Dishub Kota Cirebon Rencana Bangun Jalur Sepeda di Tahun 2021

Tapi mengajarkan bahasa Inggris sendiri merupakan hal yang susah susah gampang. Tapi bukan berarti tidak bisa dilakukan.

Berikut ini adalah cara untuk mengajarkan anak Bahasa Inggris dengan mudah. Mulai dari menggunakan permainan sampai menggunakan poster pendidikan.

1.   Games atau Permainan

Foto: istock

Games atau permainan adalah cara paling mudah untuk mengajarkan bahasa Inggris. Dengan games yang menyenangkan, siswa atau anak menjadi lebih mudah memahami bahasa Inggris.

Belajar sambil bermain memang sangat efektif, apalagi dalam mengajarkan bahasa. Pilih beberapa permainan yang bisa dilakukan bersama para siswa atau anak-anak. Sehingga mereka bisa mengikuti. Usahakan memilih permainan yang bisa mengajak anak ikut aktif berpartisipasi.

Dengan begitu, anak akan langsung belajar sambil bermain bersama.

2.   Cerita Bahasa Inggris

Foto: istock

Beberapa cara lain yang bisa dilakukan adalah dengan membacakan cerita dalam bahasa Inggris. Anak-anak biasanya sangat menyukai bahasa Inggris. Sehingga sangat cocok untuk diberikan cerita dalam bahasa Inggris.

BACA YUK:  Saniter Bekerja Sama dengan Kereta Commuter Indonesia Lindungi Pengguna dari Covid-19⁣

Kita bisa memilih cerita-cerita legenda dari luar negeri seperti Cinderella, Three Little Pigs, hingga Humpty Dumpty. Cerita penuh pesan moral tersebut akan cocok diceritakan dalam bahasa Inggris mengingat memang berasal dari sana.

Jika kehabisan ide, kita juga bisa menceritakan folklore atau legenda dari dalam negeri sendiri. Kita bisa menceritakan Malin Kundang, Sangkuriang, Keong Emas, sampai legenda Prambanan dalam bahasa Inggris pada anak-anak.

3.   Lagu

Foto: istock

Anak-anak juga biasanya akan dengan mudah menghapalkan sebuah lagu. Otak mereka memang diciptakan untuk menyerap dengan cepat sebuah lagu.

Karenanya kita bisa menggunakan lagu sambil mengajarkan bahasa Inggris. Nyanyikan lagu-lagu riang berbahasa Inggris bersama anak-anak. Sehingga mereka bisa mengikuti sambil menghapalkan istilah-istilah bahasa Inggris.

4.   Frasa dan Kosakata

Foto: istock

Walaupun tidak mudah, kita perlu untuk meningkatkan pengetahuan kosakata dan frasa bahasa Inggris bagi anak-anak. Karena hanya dengan itulah mereka akan bisa berkomunikasi dan mengerti bahasa tersebut.

Ajak mereka untuk menghapalkan kosakata berupa angka, warna, kata sifat, bagian tubuh, mainan, baju, binatang, tanaman, hingga makanan. Itu semua adalah kosakata yang diperlukan untuk aktivitas sehari-hari.

5.   Poster Pendidikan Bahasa Inggris

Foto: istock

Untuk membantu memperluas kosakata tersebut, kita bisa membuat poster pendidikan bahasa Inggris. Poster pendidikan ini bisa disebarkan di dalam kelas atau kamar anak. Dengan memasangnya, anak akan dengan mudah membaca dan mengetahui arti dari suatu kata atau kosakata.

BACA YUK:  Saniter Bekerja Sama dengan Kereta Commuter Indonesia Lindungi Pengguna dari Covid-19⁣

Poster pendidikan bahasa Inggris ini juga bisa menjadi media pembelajaran yang efektif bagi anak. Kita bisa mengajak mereka untuk membaca sebuah kosakata atau frasa dan meminta mereka menggunakannya dalam kalimat. Sehingga mereka akan belajar dengan mudah.

 

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest News

Bangkitkan Gairah Pariwisata di Cirebon, Warung Kopi Manis Kumpulkan Pelaku Pariwisata

Cirebon,- Dalam rangka membangkitkan gairah sektor Pariwisata dan Kuliner, Warung Kopi Manis (WKM) menggelar kegiatan ngobrol bersama Pelaku Pariwisata,...

Tradisi Maulud di Keraton Kasepuhan Tetap Dilaksanakan, Namun Tidak Ada Undangan

Cirebon,- Jelang Maulud Nabi Muhammad SAW di tengah Pandemi Covid-19, Keraton Kasepuhan Cirebon tetap menggelar berbagai tradisi. Namun, tradisi tersebut tidak mengundang kerumunan.Menurut Direktur...

Kubur Dendam dan Benci, Demi Damai di Kota Wali

Cirebon,- Aremania dan Bonek. Siapa yang tak tahu rivalitas kedua suporter besar di Indonesia. Bentrokan sering terjadi antara Aremania dan Bonek. Februari lalu, kedua...

Telkomsel Perluas Pemerataan Akses 4G LTE Hingga Plosok

Jakarta,- Telkomsel berupaya untuk memastikan pemerataan ketersediaan akses broadband di seluruh penjuru negeri yang mampu memberdayakan masyarakat dalam menjalani kegiatan sehari-hari.Hal tersebut pun berlaku...

More Articles Like This