Senin, 24 Januari 2022

Daop 3 Cirebon Kembali Hadirkan Pengobatan Gratis Menggunakan Rail Clinic di Stasiun Terisi Indramayu

Populer

Bakso Rusuk Joss Sajikan Menu Fenomenal dan Tempat yang Nyaman

Cirebon,- Kamu pecinta bakso? Jangan ngaku pecinta bakso kalau kamu belum coba bakso yang unik, viral dan fenomenal ini,...

Ramaikan Wisata Kuliner, Kedai 1818 Buka Cabang Baru di Sinapeul Majalengka

Cirebon,- Setelah sukses membuka cabang di berbagai daerah, Crab 1818 kini membuka kembali di Majalengka, Sabtu (22/1/2022). Lokasinya berada...

Deteksi Dini Semakin Krusial Cegah Progresivitas Glaukoma, Faktor Anatomis Turut Berpengaruh Memicu Glaukoma Primer Sudut Tertutup Kronis

Jakarta,– Nyaris tak memiliki gejala pada tahap awal, glaukoma berpotensi memberi impak yang lebih fatal: kebutaan permanen. Peningkatan tekanan...

Kerja Sama dengan Kodim 0620/Cirebon, Aston Cirebon Jalani Vaksin Booster COVID-19

Cirebon,- Aston Cirebon Hotel & Convention Center menggelar vaksinasi COVID-19 dosis ketiga atau booster untuk seluruh karyawan, Sabtu (22/1/2022)....

Mulai Tahun 2023 Tenaga Honorer Dihapus, ini Kata Sekda Kota Cirebon

Cirebon,- Pemerintah pusat melalui Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) menghapus tenaga honorer pada tahun 2023 mendatang....

Indramayu,- Sebagai wujud kepedulian sosial, PT. Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Oprasional (Daop) 3 Cirebon kembali menghadirkan Rail Clinic melalui program Corporate Sosial Responsibility (CSR) di Stasiun Terisi, Kabupaten Indramayu, Kamis (25/7/2019).

1. Pengobatan Gratis Rail Clinic

Rail Clinic merupakan kereta api untuk memberikan pelayanan pengobatan gratis kepada masyarakat. Kali ini, Rail Clinic memberikan pengobatan gratis untuk masyarakat Kabupaten Indramayu, terutama masyarakat yang tinggal di sekitar Stasiun Terisi.

Loading...

Manager Humas PT. KAI Daop 3 Cirebon, Kuswardojo mengatakan program CSR ini merupakan komitmen PT. KAI untuk membangun negeri dengan intergritas, dedikasi, dan inovasi untuk senantiasa hadir memberikan manfaat bagi masyatakat Indonesia.

“Pada program ini, KAI mengundang sebanyak 350 warga dari Desa Terisi, Karangasem, Ciberang, Jatimulya, dan Kendayakan,” ujarnya kepada About Cirebon, Kamis (25/7/2019).

Lanjut Kuswardojo, pelayanan pengobatan gratis dengan Rail Clinic di Stasiun Terisi Kabupaten Indramayu dimulai pukul 08.00 sampai 14.00 WIB.

BACA YUK:  Sumur Artesis, Solusi untuk Wilayah yang Sulit Akses Air Bersih di Kota Cirebon

“Pelayanan kesehatan gratis dengan Rail Clinic ini sudah menjadi program rutin PT KAI kepada masyarakat di sekitar jalur KA,” jelasnya.

2. Pelayanan Kesehatan Primer

Rail Clinic generasi ke-4 yang dilengkapi dengan Rail Library tersebut memberikan pelayanan kesehata primer atau pelayanan tingkat pertama.

Menurut Kuswardojo, pemeriksaan primer meliputi pemeriksaan umum, pemeriksaan gigi, kesehatan ibu dan anak, pemeriksaan kesehatan mata, pemeriksaan laboratorium sederhana serta penyuluhan kesehatan.

“PT. KAI Daop 3 Cirebon juga menyiapkan tim kesehatan yang terdiri dari 5 dokter umum, 2 dokter gigi, 1 dokter spesialis kandungan, 1 bidan, 2 apoteker, dan 8 paramedis,” ungkapnya.

3. Pemberian Kacamata Gratis

Pada kegiatan yang sama, PT KAI Daop 3 Cirebon juga memberikan alat bantu penglihatan berupa kacamata gratis untuk 48 siswa dan siswi Sekolah Dasar (SD).

BACA YUK:  Libur Natal 2021, PT KAI Daop 3 Cirebon Layani 19.691 Pelanggan

“Untuk pembagian kacamata, diberikan kepada siswa yang sebelumnya telah dilakukan pemeriksaan mata,” terang Kuswardojo.

Selain pembagian kacamata, kata Kuswardojo, PT KAI Daop 3 Cirebon juga mengundang siswa siswi dari SDN 2 Singa Raja, SDN 1 Jatimulya, SDN 1 Cibereng, SDN 1 Kendayakan, dan SDN 1 Karangasem untuk mendapatkan penyuluhan kesehatan gigi serta pengetahuan tentang keselamatan perkeretaapian.

4. Fasilitas Rail Library

Siswa-siswi dan masyarakat yang hadir di Rail Clinic generasi ke-4 ini bisa memanfaatkan juga Rail Library. Mereka dapat memanfaatkan fasilitas yang ada seperti buku bacaan dan juga e-library.

“e-Library atau perpustakaan elektronik yang ada di Rail Library memiliki fasilitas berupa 5 buah monitor layar sentuh dengan database berbagai bacaan, video edukatif yang terkoneksi dengan internet,” bebernya.

5. Sosialisasi Stasiun Terisi

Tak hanya menggelar kegiatan pengobatan gratis, PT KAI Daop 3 Cirebon juga memberikan Sosialiasi Layanan Angkutan KA di Stasiun Terisi kepada masyarakat sekitar.

Mulai 1 Agustus 2019 nanti, kata Kiswardojo, Stasiun Terisi akan kembali difungsikan sebagai stasiun yang dapat melayani penumpang untuk bepergian menggunakan moda transportasi kereta api ke berbagai tujuan.

“Stasiun Terisi akan melayani 5 perjalanan KA penumpang yang terdiri dari 2 perjalanan KA Tegal Ekspres relasi Tegal–Pasar Senen dan Pasar Senen–Tegal, serta 3 perjalanan KA Cirebon Ekspres relasi Cirebon–Gambir dan Gambir–Cirebon,” katanya.

KAI senantiasa memastikan pelayanan di Stasiun Terisi siap untuk melayani semua pengguna jasa yang akan menggunakan moda transportasi Kereta Api.

Bagi masyarakat yang hendak menggunakan jasa KA di Stasiun Terisi, dapat melakukan pemesanan tiket mulai tanggal 1 Juli 2019 untuk jadwal keberangkatan perjalanan KA dari tanggal 1 Agustus 2019 mendatang.

BACA YUK:  Libur Natal 2021, Konsumsi BBM Jenis Pertamax Naik 17 Persen

Pembelian tiket tersebut dapat dilakukan di loket stasiun, contact center 121, website kai.id, aplikasi KAI Access pada ponsel, dan berbagai channel eksternal resmi lainnya.

BACA YUK:  PT Pegadaian Area Cirebon Serahkan Bantuan Mobil Box untuk Yayasan Pemberdayaan Masyarakat Cirebon

“Diharapkan masyarakat Terisi dan sekitarnya dapat memanfaatkan sebaik baiknya aktivasi Stasiun Terisi sebagai stasiun yang kembali  melayani angkutan penumpang demi kelancaran mobilitas masyarakat,” harap Kiswardojo.

“Kami (KAI) juga menghimbau agar masyarakat turut serta menjaga keamanan dan keselamatan perjalanan KA,” tandasnya. (AC212)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest News

Peduli Banjir Waled, DPC PKB Kabupaten Cirebon Dirikan Posko

Cirebon,- Banjir yang menggenang di wilayah Kecamatan Waled Kabupaten Cirebon beberapa hari lalu menyita banyak perhatian masyarakat, tak terkecuali...

Cegah Penyebaran Omicron, Goa Sunyaragi Perketat Protokol Kesehatan untuk WNA

Cirebon,- Badan Pengelola Taman Air Goa Sunyaragi (BPTAGS) memperketat wisatawan asing atau WNA yang hendak berkunjung ke objek wisata Goa Sunyaragi. Pengetatan turis asing...

Terus Kembangkan dan Lindungi UMKM, Batur Mba Wulan Gelar Acara “Ngopi”

Cirebon,- Sebagai wujud komitmen dan kepedulian akan pengembangan UMKM di Wilayah Cirebon, BMW (Batur Mba Wulan) menggelar diskusi bareng lewat Ngopi (Ngobrol Hepi) Bareng...

Hujan Deras di Kota Cirebon, Tumbangkan Pohon dan Timpa Pengendara

Cirebon,- Hujan deras dan angin kencang melanda Kota Cirebon pada Minggu sore, (23/01/2022) mengakibatkan pohon tumbang di Jalan Cipto Kota Cirebon dan menimpa pengendara...

More Articles Like This