Daop 3 Cirebon Hadirkan Rail Clinic Pemeriksaan Kesehatan Gratis

Cirebon,- Sebagai bentuk tanggung jawab sosial kepada masyarakat di lingkungan sekitar, PT. KAI (Persero) Daerah Operasi (Daop) 3 Cirebon kembali melaksanakan program Corporate Social Responsibility (CSR) yang berlangsung di Stasiun Losari, Kabupaten Cirebon, Selasa (24/4/3018).

PT. KAI (Persero) kembali menghadirkan Kereta Kesehatan Rail Clinic, yaitu bentuk kegiatan CSR dengan fasilitas kesehatan gratis. Dimana, masyarakat sekitar bisa memeriksakan kesehatannya di atas kereta khusus kesehatan.

Vice President Daop 3 Cirebon, Yosita mengatakan sudah dua kali mendatangkan Kereta Kesehatan Rail Clinic di Stasiun Losari.

“Fasilitas pelayanan yang diberikan di dalam Rail Clinic ini adalah jenis pelayanan kesehatan primer atau pelayanan tingkat pertama,” ujarnya usai membuka pengobatan gratis Rail Clinic di Stasiun Losari.

BACA YUK:  32 Tim Futsal Ikuti Walikota Cup 2022 di Spot Hall Bima

Lanjut dia, pelayanan tingkat pertama meliputi pemeriksaan umum, pemeriksaan gigi, kesehatan ibu dan anak, pemeriksaan mata, apotek, penyuluhan kesehatan, dan juga pemeriksaan kandungan.

“Kereta Rail Clinic ini sudah dilengkapi dengan fasilitas EKG, USG dan laboratorium hematology analyzer sysmex berbasis komputer yang berfungsi untuk mengukur sampel darah sehingga mampu membantu mendiagnosis penyakit,” bebernya.

Selain itu, PT KAI juga memberikan alat bantu penglihatan (kacamata gratis) untuk 26 siswa SD/MI di UPT Pendidikan Losari, Kabupaten Cirebon.

Dalam kegiatan pemeriksaan dan pengobatan gratis ini, PT KAI menyiapkan tim kesehatan yang terdiri dari 5 dokter umum, 2 dokter gigi, 1 dokter spesialis kandungan, 3 bidan, 2 apoteker, dan 10 paramedis untuk memberikan pelayanan kesehatan.

BACA YUK:  Migo Service Center Hadir di Kota Cirebon

Diharapkan dengan adanya pengobatan gratis melalui Rail Clinic ini tingkat kesehatan warga yang tinggal berdekatan dengan stasiun atau jalur kereta api menjadi lebih baik.

“Semoga masyarakat semakin mencintai kereta api dan ikut sama-sama menjaga aset negara serta dapat lebih peduli terhadap keselamatan dan keamanan perjalanan kereta api,” harapnya.

Sementara itu, Kasida salah satu warga yang memanfaatkan fasilitas Rail Clinic ini merasa sangat terbantu dan senang atas adanya pengobatan gratis.

“Kalau ke dokter di luar kan mesti bayar, alhamdulillah ini kesempatan untuk berobat gratis,” katanya kepada About Cirebon.

BACA YUK:  CEO LSPR : Begini Kiat-Kiat Komunikasi di Era Disrupsi

Kasida yang memeriksakan jantungnya dan sering merasakan sesak, berharap program kesehatan gratis ini bisa berjalan rutin. “Inginnya sih rutin ada terus pemeriksaan gratis,” harapnya. (AC212)

(Dilihat: 8 pengunjung)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.