Daop 3 Cirebon Ganti Rangkai KA Argo Jati dengan Stainless Steel

Cirebon,- Di moment Hari Sumpah Pemuda ke 90 tahun 2018, PT. Kereta Api Indonesia (KA) Daerah Oprasional (Daop) 3 Cirebon me-replace rangkaian Kereta Api (KA) Argo Jati.

Rangkaian KA Argo Jati kini direplace dari rangkaian lama dengan rangkaian baru “Stainless Steel” yang diproduksi oleh PT. INKA.

Ida Hidayati, Vice President Daop 3 Cirebon mengatakan dengan beroperasinya rangkaian KA Argo Jati Stainless Steel untuk meningkatkan kualitas pelayanan dan kenyamanan berkereta api, khususnya kepada masyarakat Cirebon dan sekitarnya.

“Rangkaian KA Argo Jati merupakan rangkaian baru tahun produksi 2018 dari PT. INKA,” ujarnya kepada About Cirebon, Senin (29/10/2018).

BACA YUK:  Biaya Haji Kurang Rp1,5 Triliun, Selly: Tidak akan Bebani Calhaj

Lanjut Ida, pihaknya sengaja memilih tanggal 29 Oktober 2018 sebagai peluncuran perdana rangkaian Argo Jarti Stainless Steel, karena bertepatan dengan Hari Sumpah Pemuda ke 90.

“Inilah persembahan kami untuk para pelanggan kami di Cirebon dan sekitarnya yang akan menggunakan KA Argo Jati Cirebon – Gambir (PP),” terannya.

Ida menjelaskan, rangkaian KA Argo Jati Stainless Steel terdiri dari sembilan kereta eksekutif, satu kereta makan, dan satu kereta pembangkit.

“Ini memang sudah diprogramkan oleh PT. KAI, bahwa kedepan kami akan mengganti rangkaian-rangkaian yang sudah berumur atau sudah lama diganti dengan rangkaian yang baru,” jelasnya.

BACA YUK:  Masjid Raya At-Taqwa Gelar Salat Iduladha 10 Juli 2022 Pukul 06.30 WIB

“Secara umum, PT. KAI bertahap telah melakukan pergantian sebanyak 438 kereta untuk angkutan penumpang,” imbuhnya.

Untuk KA Argo Jati, kata Ida, dari sembila rangkaian kereta Stainless Steel bisa menampung 450 penumpang. Sedangkan, untuk tarip masih tetap menggunakan batas bawah  dan tarip batas atas.

“Jadi, tidak ada perubahan untuk masalah tarif,” katanya.

Selain itu, Ida menambahkan kelas eksekutif secara umum sama, namun di rangkaian kereta api Argo Jati Stainless Steel ada beberapa hal yang memang berbeda.

BACA YUK:  Selly Andriany Gantina Salurkan Hewan Kurban di Cirebon dan Indramayu

Seperti interior lebih elegan, kenyamanan, ditambah lagi moderenisasi lampu bisa diredupkan secara sentral, ditambah juga lampu baca di setiap seatnya, serta ada colokan untuk headset.

“Tak ketinggalan juga ada penambahan blower untuk menyemburkan udara AC secara merata,” tambahnya.

Pihaknya berharap, dengan hadirnya rangkaian baru KA Argo Jati, maka pelayanannya semakin lebih baik dan penumpang semakin banyak, serta kereta api lebih menjadi pilihan bagi para penumpang untuk bepergian dari Cirebon ke Jakarta maupun sebaliknya. (AC212)

(Dilihat: 85 pengunjung)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.