Dampak Pandemi, Oleh-oleh Khas Cirebon Turun Hingga 90 Persen

Cirebon,- Dampak dari Pandemi Covid-19 dan juga larangan mudik oleh pemerintah, mengakibatkan omset tempat oleh-oleh khas Cirebon menurun drastis.

Seperti yang dialami toko Oleh-oleh Daud yang berlokasi di Jalan Sukalila Utara, Kota Cirebon mengalami penurunan omset hingga 90 persen.

Daud Muljanto, Pemilik Toko Oleh-oleh Daud mengatakan penurunan omset penjualan oleh-oleh di tokonya sudah menurun sejak akhir bulan Februari 2020 lalu.

“Penghasilan turun banget sejak tiga bulan terakhir ini, atau sekitar akhir Februari 2020. Penurunannya sampe 90 persen,” ujarnya saat ditemui About Cirebon, Rabu (27/5/2020).

BACA YUK:  Pemuda Asal Cirebon yang Dituduh Hacker Bjorka Angkat Bicara

Pihaknya berharap pada libur lebaran tahun ini bisa naik kembali omsetnya, namun di luar dugaan bahwa penjualannya hanya 10 persen saja.

“Kalau dibanding dengan lebaran tahun kemarin, saat ini hanya 10 persennya saja penjualannya. Sehari cuma 3-4 orang saja yang datang, kalau normal biasanya bisa sampai di atas 30 orang perhari,” ungkapnya.

Daud mengaku tetap buka di tengah Pandemi Covid-19 dan penurunan omset ini, hanya ingin bertahan demi puluhan karyawan yang tetap bekerja.

“Kami bertahan demi karyawan, kasihan kalau sampai dia kehilangan pekerjaan. Walaupun omset tidak menutup untuk operasional dan bayar karyawan, yang terpenting karyawan tetap bekerja,” tuturnya.

BACA YUK:  Jadwal Samsat Keliling Kabupaten Cirebon, 25 – 30 Juli 2022

Disamping penurunan omset penjualan secara offline, Daud, mengaku bahwa penjualan secara online sudah mulai ada peningkatan.

“Sekarang dibantu sama online, peningkatannya sampai 20 persen di banding hari-hari normal untuk penjualan online,” katanya.

Untuk penjualan online, tambah Daud, memanfaatkan media sosial dan juga website yang di miliki.

“Kami memanfaatkan media sosial seperti instagram sama website toko Daud,” tambahnya.

Daud berharap, kondisi seperti ini bisa cepat berakhir dan bisa kembali normal kembali seperti dulu. (AC212)

(Dilihat: 67 pengunjung)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.