D3 Kehumasan Transportasi Udara UMC Siap Melahirkan Mahasiswa yang Berkualitas

Cirebon,- D3 Kehumasan Transportasi Udara Universitas Muhammadiya Cirebon (UMC) siap menerima mahasiswa angkatan pertama.

UMC memastikan pemberian materi perkuliahan bidang transportasi udara yang berkualitas, untuk mempersiapkan mahasiswa menghadapi ketatnya persaingan tenaga kerja beberapa tahun yang akan datang.

Anton Octaviant, selaku Sekretaris Kaprodi D3 Kehumasan Transportasi Udara UMC mengatakan D3 Kehumasan Transportasi Udara ini untuk mengembangkan Sumber Daya Manusia (SDM) dalam memenuhi kebutuhan industri Transportasi Udara.

“Sehingga, kami D3 Kehumasan Transportasi Udara UMC mepersiapkan SDM yang berkualitas dan juga siap bersaing diindustri penerbangan tanah air,” ujarnya saat ditemui About Cirebon, Senin (16/7/2018).

BACA YUK:  Info Loker : Klinik WPC Cirebon

Anton menjelaskan, sebenarnya manajemen transportasi udara tidak bisa masuk di bawah Manajemen Ekonomi atau FISIP. Tetapi, menurut pihak Rektorat UMC untuk mengantongi dan merealisasikan transportasi udara, dimasukkan ke Manajemen FISIP.

“Jadi, FISIP di bawah prodi D3 Humas. Sehingga D3 Humas menjadi D3 Kehumasan Transportasi Udara,” bebernya.

Lanjut dia, untuk menjadi Fakultas D3 Transportasi Udara harus memerlukan proses yang panjang, sambil diajukan ke Kementerian Riset, Teknolodi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti).

“Prosesnya butuh 1 sampai 2 tahun untuk menjadi Fakultas Manajemen Transportasi Udara, seperti yang ada di Trisakti sekarang,” katanya.

BACA YUK:  Bayer Tandatangani MoU dengan Kementerian Pertanian, Dorong Penguatan Sektor Pertanian Indonesia

Saat kelulusannya, kata Anton, kalau Fakultas Transportasi Udara menjadi Ahli Madya Transportasi Udara, namun kalo di UMC ditambah dengan Ahli Madya Kehumasan Transportasi Udara.

“Kalau sudah mempunyai Fakultas sendiri, kedepannya tetap akan menjadi Ahli Madya Transportasi Udara,” jelasnya.

Menurut Anton, antara Kehumasan dengan Bisnis Penerbangan, kalau di Bisnis Penerbangan memang dituntut pintar berbicara dan perlu dasar-dasar kehumasan. Jadi, sebenarnya masuk antara kehumasan dengan transportasi udara. Karena, transportasi udara dan penerbangan harus pintar bicara juga.

D3 Kehumasan Transportasi Udara di UMC mempelajari tentang mata kuliah bagaimana perhitungan pesawat saat terbang dan sampai, ticketing, checkin, kemudian bisnis airlines, basic dasar-dasar kargo dipesat, dan lain-lain.

BACA YUK:  Nikmatnya Serabi Ibu Saroh Tukmudal Sumber Selalu Diburu Penikmat Kuliner

“Sehingga mahasiswa tau tentang tiketing seperti apa, tau cara checking counter, borading seperti apa, sampai saat kehilangan bagasipun diajari,” terngnya.

Selain kuat disisi operasionalnya, Anton mengatakan, kuat juga disisi bisnisnya airline manajmennya, seperti menghitung rute, menentukan sebuah harga tiket pesawatnya, sampai dengan mempelajari baca cuaca.

“Jadi, D3 Kehumasan Transportasi Udara UMC ini lengkap sekali,” tandasnya. (AC212)

(Dilihat: 34 pengunjung)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.