Cuaca Buruk, Nelayan di PPN Kejawanan Cirebon Enggan Melaut

Cirebon, – Puluhan kapal nelayan di Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN) Kejawanan Cirebon enggan melaut dikarenkan kondisi cuaca yang buruk . Mereka memilih untuk menyandarakan kapalnya di bibir pelabuhan.

Seperti dikemukakan salah satu nelayan asal Cirebon, Budianto, sudah satu bulan menyandarkan kapalnya dan memilih tidak melaut karena kondisi cuaca yang buru.

“Anak Buah Kapal (ABK) pun diliburkan, sampai menunggu cuaca membaik,” ujarnya, Selasa (6/2/2018).

Untuk mengisi kekosongan, Budianto memilih untuk memperbaiki kapal dan memperbaiki alat tangkap. Katanya, cuaca ekstrem membuat hasil tangkapan ikan menjadi menurun.

BACA YUK:  158 Jemaah Haji Asal Kota Cirebon dan 4 Jemaah Kabupaten Cirebon Diberangkatkan

“Hampir 80 persen hasil tangkapan menurun drastis, dan tidak mau mengambil resiko juga karena gelombang laut bisa 4 sampai 5 meter,” jelasnya.

Sementara itu, Petugas Syahbandar PPN Kejawanan Cirebon, Jajang Hartono menghimbau kepada para nelayan agar tidak melaut hingga cuaca kembali membaik.

“Bila para nelayan yang memaksakan tetap melaut, kami telah menghimbau agar menepi dahulu di pulau terdekat bila terjadi cuaca buruk,” ungkapnya.

Menurut Jajan, pihaknya tidak bisa melarang para nelayan yang memaksakan melaut. Tetapi, kita sudah menghimbau kepada para nelayan agar tetap waspada bila cuaca buruk.

BACA YUK:  Layanan Cepat, Polres Cirebon Kota Buka Hotline Pengaduan Masyarakat

“Kondisi cuaca buruk seperti ini sudah terjadi sejak bulan Desember lalu, dan diprediksi cuaca kembali normal pada akhir Februari,” tandasnya. (AC212)

(Dilihat: 31 pengunjung)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.