Kamis, 2 Desember 2021

Cirebon Power Raih Dua Penghargaan di Ajang Top CSR 2018

Populer

Barisa Cafe Usung Konsep Pantai Lengkap dengan Pasirnya

Cirebon,- Jika kamu rindu dengan suasana pantai di Bali, kafe ini menghadirkan konsep dengan suasana pantai. Namanya Barisa Cafe,...

Geubrina Cafe Aceh, Kuliner Aceh Terlengkap di Kota Cirebon dan ini Promonya di Bulan Desember

Cirebon,- Aceh memiliki beragam kuliner yang khas untuk bisa dinikmati bagi para pecinta kuliner. Di Cirebon, terdapat kafe atau...

Catat Tanggalnya, TDA Cirebon Gandeng Lintas Institusi Gelar Pesta Wirausaha dan Vaksinasi

Cirebon,- Komunitas Tangan Di Atas (TDA) Cirebon bersama Polres Cirebon Kota, Pemerintah Daerah Kota Cirebon dan komunitas lainnya akan...

Pengurus Ikatan Alumni UGJ Cirebon Periode 2021 – 2025 Resmi Dilantik

Cirebon,- Pengurus Ikatan Alumni (IKA) Universitas Swadaya Gunung Jati (UGJ) periode 2021-2025 resmi dilantik. Pelantikan tersebut berlangsung di Ruang...

UMK Kota Cirebon Tahun 2022 Naik Sebesar Rp. 33 Ribu

Cirebon,- Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Cirebon dan Dewan Pengupahan Kota (Depeko) telah menggelar rapat penetapan Upah Minimum Kota...

Jakarta,- Cirebon Power, meraih 2 penghargaan TOP CSR 2018, atas keberhasilan programnya di bidang Corporate Social Responsibility (CSR).

Dua penghargaan itu diperoleh dari Top CSR 2018. Salah satu program kemasyarakatan Cirebon Power yaitu Rumah Terasi, mendapat apresiasi TOP CSR untuk kategori Program Peningkatan Pendapatan.

Sedangkan Presiden Direktur Cirebon Power Heru Dewanto, juga menjadi pemenang dalam kategori TOP Leader on CSR Commitment, atau pemimpin dengan komitmen terbaik untuk CSR.

Loading...

Presiden Direktur Cirebon Power Heru Dewanto mengatakan Rumah Terasi Cirebon sebagai upaya mendukung pengembangan UMKM di Cirebon, yang salah satunya terkenal sebagai penghasil terasi di Indonesia.

“Program pemberdayaan ekonomi masyarakat ini dimulai sejak 2014, dengan melibatkan warga di sekitar pembangkit, dan menggandeng akademisi Cirebon,” ujarnya.

Saat ini, lanjut dia, pelaku usahanya sudah bisa mandiri dalam berusaha. Ke depan, pihaknya akan mengembangkan lagi dengan menggandeng lembaga keuangan micro finance yang sudah terafiliasi, agar lebih banyak warga yang merasakan manfaat.

BACA YUK:  Program Makmur Pupuk Kujang Siap Tingkatkan Produktivitas Tebu di Jabar

“Untuk membantu pemasaran, terasi organik hasil produksi Rumah Terasi juga dipasarkan secara online di berbagai situs belanja. Dan, Rumah Terasi juga aktif mengikuti berbagai pameran industri lokal, baik di Cirebon maupun tingkat nasional,” ungkapnya.

Pihaknya berharap, program CSR dapat memberikan efek ekonomi kepada masyarakat Cirebon. Dengan adanya rumah terasi, para ibu di Cirebon mendapatkan tambahan penghasilan yang layak.

“Selain itu, kita juga punya binaan pengrajin batik. Jadi, karyawan atau kontraktor bisa menggunakan batik dari pengrajin lokal yang kita bina,” katanya.

Heru Dewanto yang juga mendapatkan penghargaan TOP Leader on CSR Commitment 2018 mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang terlibat dan bekerja sama dalam mensukseskan program-program kemasyarakatan Cirebon Power.

BACA YUK:  Gebyar Akhir Tahun, Biznet Hadirkan Promo Spesial untuk Pelanggan

Ia menjelaskan, ajang penghargaan Top CSR 2018 merupakan inisiasi dari Majalah Business News Indonesia bekerja sama dengan  KNKG (Komite Nasional Kebijakan Governance) dan CSR Society Indonesia.

Dalam ajang yang dilaksanakan di Hotel Sultan Jakarta, Kamis (4/10) ini, sejumlah BUMN dan perusahaan nasional turut menerima penghargaan, di antaranya PT Pertamina, PT Inalum, PT Freeport Indonesia, MNC Group, Bank Muammalat, KIDECO, PT Pembangkit Jawa-Bali, dan PT Pupuk Indonesia.

Menurut Heru, saat ini Cirebon Power juga memiliki beberapa program CSR unggulan. Salah satunya adalah Pusat Pendidikan Vokasi Ketenagalistrikan yang telah dimulai belum lama ini.

“Program itu kini diikuti oleh 20 siswa lulusan SMK terbaik di Cirebon. Mereka akan mengikuti pelatihan selama 6 bulan, termasuk on job training. Ia berharap program ini akan mencetak  tenaga-tenaga terampil di bidang ketenagalistrikan, yang siap kerja di industri pembangkit listrik,” terangnya.

“Kita melatih dan mendidik mereka dengan ilmu dan keahlian yang sangat spesifik dan langka, yaitu operasional dan pemeliharaan pembangkit berteknologi batubara bersih. Dengan modal itu, mereka akan siap kerja, hingga nantinya Cirebon akan terkenal sebagail penghasil SDM ketenagalistrikan di Indonesia,” imbuhnya.

Di bidang lain, Cirebon Power juga menjalankan program penanaman mangrove bekerja sama dengan warga, pemerintah desa, serta pemerhati lingkungan. Perusahaan telah menanam lebih dari 70.000 mangrove di sepanjang pesisir Cirebon.

BACA YUK:  Gebyar Akhir Tahun, Biznet Hadirkan Promo Spesial untuk Pelanggan

“Sebelumnya, bulan lalu Pusat Vokasi Ketenagalistrikan, Penanaman Mangrove dan Rumah Terasi juga telah mendapatkan penghargaan di Indonesia Sustainability Development Award (ISDA) 2018,” tutupnya. (AC212)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest News

Kunjungi Kabupaten Cirebon, Wakil Menteri Pertanian Ajak Petani Gunakan Mesin Pertanian Modern

Cirebon,- Bupati Cirebon Drs. H. Imron mendampingi Wakil Menteri Pertanian, Harvick Hasnul Qolbi dalam kunjungan kerja ke area persawahan...

Berbagai Komoditas Naik, Kota Cirebon Alami Inflasi Sebesar 0,42 Persen

Cirebon,- Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Cirebon mencatat, pada November 2021 Kota Cirebon mengalami inflasi sebesar 0,42 persen dengan indeks harga konsumen (IHK) sebesar...

Waspada Penipuan, Beredar Donasi Tempat Ibadah Mengatasnamakan Wakil Wali Kota Cirebon

Cirebon,- Belakangan ini beredar terkait pembagian donasi tempat ibadah yang mengatasnamakan Wakil Walikota Cirebon, Dra. Eti Herawati melalui pesan singkat WhatsApp. Oknum tersebut menghubungi...

Setiap PNS Baru di Kota Cirebon Wajib Menanam Satu Pohon

Cirebon,- Sebanyak 213 Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) melakukan pengambilan sumpah dan janji menjadi Pegawai Negeri Sipil di lingkungan Pemerintah Daerah (Pemda) Kota Cirebon....

More Articles Like This