Sabtu, 4 Desember 2021

Cirebon Power dan Polairud Berikan Asuransi Gratis untuk Nelayan dan Taman Baca Ramah Anak

Populer

Pria Asal Cirebon ini Sukses Menjadi Importir Ikan Koi

Cirebon,- Pehobi ikan koi asal Cirebon, Jawa Barat berhasil menjadi dealer koi import ternama di kancah dunia perkoian nusantara....

Geubrina Cafe Aceh, Kuliner Aceh Terlengkap di Kota Cirebon dan ini Promonya di Bulan Desember

Cirebon,- Aceh memiliki beragam kuliner yang khas untuk bisa dinikmati bagi para pecinta kuliner. Di Cirebon, terdapat kafe atau...

Barisa Cafe Usung Konsep Pantai Lengkap dengan Pasirnya

Cirebon,- Jika kamu rindu dengan suasana pantai di Bali, kafe ini menghadirkan konsep dengan suasana pantai. Namanya Barisa Cafe,...

Pengurus Ikatan Alumni UGJ Cirebon Periode 2021 – 2025 Resmi Dilantik

Cirebon,- Pengurus Ikatan Alumni (IKA) Universitas Swadaya Gunung Jati (UGJ) periode 2021-2025 resmi dilantik. Pelantikan tersebut berlangsung di Ruang...

Kearifan Lokal Kerajinan Gerabah di Blok Posong Arjawinangun, Cirebon Terancam Hilang, Apa yang Bisa Kita Lakukan?

Cirebon,- Desa Arjawinangun Kecamatan Arjawinangun terletak di Kabupaten Cirebon, Provinsi Jawa Barat. Secara kontur, letak permukaan tanah adalah datar...

Cirebon,- Perayaan Ulang Tahun Polisi Air dan Udara (Polairud) ke-68, Cirebon Power bersama Polrairud memberikan bantuan asuransi gratis untuk ribuan nelayan di Pantai Utara (Pantura) Cirebon, Selasa (4/12/2018).

Penyerahan asuransi dilakukan secara simbolis kepada nelayan oleh Kapolda Jawa Barat Irjen Pol. Agung Budi Maryoto dan Presiden Direktur Cirebon Power, Heru Dewanto.

Kapolda Jawa Barat Irjen Pol Agung Budi Maryoto menyambut baik adanya asuransi nelayan yang diberikan secara gratis ini. Hingga saat ini, sekitar 22 ribu nelayan yang sudah mendapatkan asuransi gratis.

Loading...

“18ribu nelayan diantaranya, berada di wilayah Pantura Jawa Barat,” ujarnya.

Menurut Agung, untuk pembayaran premi asuransi ini, pihaknya menggandeng sejumlah perusahaan untuk bisa memanfaatkan dana CSR-nya. Salah satu perusahaan yang ikut terlibat dalam asuransi nelayan ini adalah Cirebon Power.

BACA YUK:  Gugatan Kubu Moeldoko Ditolak, Herman: Apresiasi Hakim PTUN

“Asuransi ini, untuk memberikan jaminan kepada nelayan. Walaupun nilai jaminannya tidak besar,” terang Agung.

Sementara itu, Stakeholder Relation Cirebon Power, Petrus Sihono menuturkan Cirebon Power sudah secara rutin memberikan asuransi nelayan diwilayah Pantura Cirebon, sejak tahun 2011.

“Sejak awal program ini hingga tahun sekarang, sudah sekitar 18 ribu nelayan di Pantura Cirebon, yang difasilitasi asuransi nelayan gratis ini,” ujarnya.

“Program ini terus bertumbuh, tahun ini kami memberikan asuransi gratis pada 3000 nelayan,” imbuhnya.

Petrus menjelaskan, adanya asuransi ini untuk membantu nelayan jika terjadi kecelakaan dan program ini telah menjadi pelopor pemberian asuransi kecelakan bagi nelayan, untuk memberikan perlindungan pada nelayan saat sedang bekerja.

“Sebelum tahun 2011, nelayan di pesisir Cirebon sama sekali tidak mendapat perlindungan apapun. Dengan perlindungan ini, diharapkan bisa meringankan beban para nelayan saat tertimpa musibah,” ungkapnya.

Tentunya, kata Petrus, kita berharap jangan sampai ada kasus kecelakaan. Tapi dalam beberapa tahun terakhir, nelayan yang terkena musibah sangat merasakan manfaat asuransi ini.

BACA YUK:  Tingkatkan Pemahaman Layanan Jasa Keuangan, OJK Cirebon Gelar Kegiatan BIK 2021

Selain itu, Robani, salah satu nelayan asal Desa Pangarengan yang mendapat asuransi gratis merasa terbantu dengan adanya asuransi nelayan gratis dari Cirebon Power dan Polairud ini. Menurutnya, nelayan kecil sepertinya tidak mampu untuk bisa membayar asuransi untuk keselamatan kerja.

“Dengan adanya asuransi ini, bisa mengayomi jiwa kita,” kata Robani.

Sebelum adanya inisiatif Cirebon Power dan Polairud untuk memberikan asuransi nelayan gratis ini, Robani mengaku tidak memiliki jaminan asuransi dari manapun. Sehingga, dirinya mengaku sangat berterima kasih kepada Cirebon Power dan Polairud.

“Sangat berterima kasih kepada Cirebon Power dan Polairud Polda Jabar. Karena asuransi ini sangat membantu nelayan,” tutup Robani. 

Selain asuransi, Cirebon Power juga bekerja sama dengan Direktorat Airud Polda Jawa Barat di bidang pendampingan nelayan. Dalam acara ini, Kapolda Jawa Barat dan Presiden Direktur Cirebon Power, Heru Dewanto juga meresmikan sebuah taman baca “Ramah Anak” yang dibangun di Desa Citemu, Cirebon.

“Taman baca ini bertujuan untuk meningkatkan minat baca dan kemampuan literasi anak-anak nelayan dan masyarakat pesisir,” ujar Petrus.

BACA YUK:  Indikator Terpenuhi, Apakah Kota Cirebon Masuk Level 1?

“Sekaligus juga pusat literasi, kreasi dan informasi,” tambahnya.

Beberapa fasilitas yang bisa dimanfaatkan di TBM Pesisir Ramah Anak ini, yaitu buku bacaan dan buku inovasi, serta alat peraga keselamatan laut yang difasilitasi oleh Polairud Polda Jabar. (AC212)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest News

Akibat Hujan Deras dan Angin Kencang, Puluhan Pohon Tumbang di Kota Cirebon

Cirebon,- Hujan deras dengan angin kencang melanda wilayah Cirebon dan sekitarnya pada Jumat malam hingga Sabtu dini hari, (4/12/2021)....

PHRI Kota Cirebon Siap Menjalankan PPKM Level 3, Tiadakan Perayaan Malam Tahun Baru

Cirebon,- Menjelang Natal dan Tahun Baru (Nataru), pemerintah pusat akan menerapkan Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 3 selama 10 hari di seluruh Indonesia....

Gelar Seni Pasanggrahan di Goa Sunyaragi Mendadak Dibatalkan

Cirebon, - Kegiatan gelar seni Pasanggrahan yang rencananya akan digelar di komplek Goa Sunyaragi Cirebon pada Sabtu (4/12/21) mendadak dibatalkan. Pembatalan kegiatan seni Cirebon yang...

Vaksinasi COVID-19 Dosis Pertama di Kota Cirebon Capai 99 Persen

Cirebon,- Pemerintah Daerah Kota Cirebon terus mempercepat program vaksinasi COVID-19 untuk membentuk herd immunity atau kekebalan kelompok. Berdasarkan data tanggal 2 Desember 2021, capaian...

More Articles Like This