Cirebon Power dan Polairud Berikan Asuransi Gratis untuk Nelayan dan Taman Baca Ramah Anak

Cirebon,- Perayaan Ulang Tahun Polisi Air dan Udara (Polairud) ke-68, Cirebon Power bersama Polrairud memberikan bantuan asuransi gratis untuk ribuan nelayan di Pantai Utara (Pantura) Cirebon, Selasa (4/12/2018).

Penyerahan asuransi dilakukan secara simbolis kepada nelayan oleh Kapolda Jawa Barat Irjen Pol. Agung Budi Maryoto dan Presiden Direktur Cirebon Power, Heru Dewanto.

Kapolda Jawa Barat Irjen Pol Agung Budi Maryoto menyambut baik adanya asuransi nelayan yang diberikan secara gratis ini. Hingga saat ini, sekitar 22 ribu nelayan yang sudah mendapatkan asuransi gratis.

“18ribu nelayan diantaranya, berada di wilayah Pantura Jawa Barat,” ujarnya.

Menurut Agung, untuk pembayaran premi asuransi ini, pihaknya menggandeng sejumlah perusahaan untuk bisa memanfaatkan dana CSR-nya. Salah satu perusahaan yang ikut terlibat dalam asuransi nelayan ini adalah Cirebon Power.

BACA YUK:  DPRD Kota Cirebon Beri Pemandangan Fraksi atas Dua Raperda dan Usulkan Empat Raperda Baru

“Asuransi ini, untuk memberikan jaminan kepada nelayan. Walaupun nilai jaminannya tidak besar,” terang Agung.

Sementara itu, Stakeholder Relation Cirebon Power, Petrus Sihono menuturkan Cirebon Power sudah secara rutin memberikan asuransi nelayan diwilayah Pantura Cirebon, sejak tahun 2011.

“Sejak awal program ini hingga tahun sekarang, sudah sekitar 18 ribu nelayan di Pantura Cirebon, yang difasilitasi asuransi nelayan gratis ini,” ujarnya.

“Program ini terus bertumbuh, tahun ini kami memberikan asuransi gratis pada 3000 nelayan,” imbuhnya.

Petrus menjelaskan, adanya asuransi ini untuk membantu nelayan jika terjadi kecelakaan dan program ini telah menjadi pelopor pemberian asuransi kecelakan bagi nelayan, untuk memberikan perlindungan pada nelayan saat sedang bekerja.

“Sebelum tahun 2011, nelayan di pesisir Cirebon sama sekali tidak mendapat perlindungan apapun. Dengan perlindungan ini, diharapkan bisa meringankan beban para nelayan saat tertimpa musibah,” ungkapnya.

BACA YUK:  Universitas Bhayangkara Jakarta Raya Berikan Edukasi Hukum Bermedia Sosial di SMKN 1 Mundu

Tentunya, kata Petrus, kita berharap jangan sampai ada kasus kecelakaan. Tapi dalam beberapa tahun terakhir, nelayan yang terkena musibah sangat merasakan manfaat asuransi ini.

Selain itu, Robani, salah satu nelayan asal Desa Pangarengan yang mendapat asuransi gratis merasa terbantu dengan adanya asuransi nelayan gratis dari Cirebon Power dan Polairud ini. Menurutnya, nelayan kecil sepertinya tidak mampu untuk bisa membayar asuransi untuk keselamatan kerja.

“Dengan adanya asuransi ini, bisa mengayomi jiwa kita,” kata Robani.

Sebelum adanya inisiatif Cirebon Power dan Polairud untuk memberikan asuransi nelayan gratis ini, Robani mengaku tidak memiliki jaminan asuransi dari manapun. Sehingga, dirinya mengaku sangat berterima kasih kepada Cirebon Power dan Polairud.

BACA YUK:  Penuhi Kebutuhan Baby Sitter dan Caregiver, Yayasan Solusi Tenaga Kerja di Cirebon Hadirkan Pekerja Profesional

“Sangat berterima kasih kepada Cirebon Power dan Polairud Polda Jabar. Karena asuransi ini sangat membantu nelayan,” tutup Robani. 

Selain asuransi, Cirebon Power juga bekerja sama dengan Direktorat Airud Polda Jawa Barat di bidang pendampingan nelayan. Dalam acara ini, Kapolda Jawa Barat dan Presiden Direktur Cirebon Power, Heru Dewanto juga meresmikan sebuah taman baca “Ramah Anak” yang dibangun di Desa Citemu, Cirebon.

“Taman baca ini bertujuan untuk meningkatkan minat baca dan kemampuan literasi anak-anak nelayan dan masyarakat pesisir,” ujar Petrus.

“Sekaligus juga pusat literasi, kreasi dan informasi,” tambahnya.

Beberapa fasilitas yang bisa dimanfaatkan di TBM Pesisir Ramah Anak ini, yaitu buku bacaan dan buku inovasi, serta alat peraga keselamatan laut yang difasilitasi oleh Polairud Polda Jabar. (AC212)

(Dilihat: 6 pengunjung)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.