Cirebon Berbagi Ajak Anak Yatim dan Dhuafa Berbelanja Sambil Rekreasi

Cirebon,- Sejak tahun 2016, perkumpulan anak muda yang peduli Cirebon yang diwadahi “Cirebon Berbagi” rutin mengadakan kegiatan Ramadan. Kali ini, kegiatan diadakan hari ini, Sabtu (2/5/2018), Cirebon Berbagi mengadakan Belanja Bareng Anak Yatim dan Dhuafa di Yogya Cherbon Junction.

Pengelola Cirebon Berbagi, Heny Pratiwi mengatakan tahun ini pihaknya ingin memunculkan sesuatu yang berbeda yakni dengan diadakannya Belanja Bareng Anak Yatim dan Dhuafa. Mereka melibatkan sebanyak 104 peserta se-wilayah Kota dan Kabupaten Cirebon.

“Alhamdulilah kegiatan ini sudah berjalan 3 tahun berturut-turut dengan tema yang berbeda. Intinya kami ingin memaknai Ramadan dengan mengasihi kepada sesama,” jelasnya.

BACA YUK:  Peduli Gizi dan Kesehatan Remaja, Mahasiswa KKN-T IPB Lakukan Program Penyuluhan di MAN 3 Cirebon untuk Menyongsong Indonesia Emas Tahun 2045

Belanja bersama anak yatim dan dhuafa ini merupakan ajang rekreasi, edukasi, dan mengasah kekompakan. Karena mereka dibagi kedalam 10 kelompok, dan masing-masing orang mendapatkan voucher belanja Rp150 ribu yang harus dihabiskan saat itu juga. Mereka bebas memilih barang apa saja yang diinginkan, terlecuali rokok, kosmetik, dan mainan.

Tahun 2016 lalu, pihaknya mengadakan Ramadan bersama puluhan pengayuh becak, tahun 2017 mengadakan berbagai lomba islami dan santunan, kemudian yang 2018 kegiatan Belanja Bareng Anak Yatim dan Dhuafa. Pihaknya mengumpulkan dana dari donatur baik itu dari masyarakat Cirebon, instansi, maupun donatur luar kota lainnya.

BACA YUK:  Praktisi Sebut Laju Pertumbuhan Media Sosial Lebihi Tingkat Populasi Penduduk Indonesia, Manfaatkan!

“Kita awalnya menargetkan hanya 50 sampai 100 peserta, tapi alhamdulillah bisa lebih, berkat donasi yang terus menerus bertambah,” ujarnya.

Para anak yatim dan dhuafa ini dipilih oleh Cirebon Berbagi bukan dari yayasan atau panti. Melainkan langsung datang ke desa-desa. Karena jika di panti/yayasan di bulan ramadan banyak sekali orang yang menyumbangkan. Sehingga pihaknya memilih untuk terjun langsung di masyarakat.

Selain aktif di kegiatan ramadan, Cirebon Berbagi juga pernah mengadakan bazar murah di salah satu desa di Cirebon. Pasar murah ini merupakan paket sembako yang jika dinominalkan Rp35 ribu, namun bisa ditebus hanya Rp5000 saja. Uang yang terkumpul hasil penjualan di simpan untuk menuju kegiatan berikutnya.

BACA YUK:  Densus 88 Anti-teror Berikan Pelatihan Marketing Online Kepada ex Napiter dan Keluarganya

Salah satu anak berusia 7 tahun, Rizki Ahmad Fauzi membelikan voucher belanja tersebut untuk membeli alat tulis. Dia juga mengaku senang bisa ikut acara Cirebon Berbagi.

“Senang bisa ikutan acara ini, bisa beli buku buat sekolah, alhamdulillah,” pungkasnya. (AC560)

(Dilihat: 14 pengunjung)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.