Cegah Wabah PMK, DKPPP Kota Cirebon Sebar Tim Dokter di Setiap Kecamatan

Cirebon,- Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian, dan Perikanan (DKPPP) Kota Cirebon menyebar dokter hewan di setiap kecamatan. Hal ini dilakukan untuk mencegah penyebaran wabah Penyakit Kaki Mulut (PKM) pada hewan.

“Antisipasi PMK di Kota Cirebon, tim dokter hewan dibagi di setiap kecamatan. Setiap hari, tim dokter akan turun ke lapangan untuk memeriksa SKKH (Surat Keterangan Kesehatan Hewan) hingga fisik hewannya,” ujar drh. Tyas Noormalasari dari DKPPP Kota Cirebon, Selasa (24/5/2022).

Masing-masing kecamatan, lanjut drh. Tyas, dokter hewan yang memeriksa ada satu orang dan dibantu oleh paramedic. Jika terdapat hewan seperti sapi yang sakit, tim dokter akan langsung diobati.

BACA YUK:  Ini Alasan Calon Pengantin Harus Datang ke En's Wedding Festival 2022 di Transmart Cipto

“Yang pasti tim dokter setiap kecamatan akan memeriksa terlebih dahulu kondisi hewannya sehat atau tidak. Semisal butuh pengobatan, kita berikan treatment sesuai dengan kondisi hewannya. Dan kami juga menanyakan asal hewannya dan sudah berapa lama di kandang,” kata Tyas.

Menurut drh. Tyas, wabah penyakit PMK tidak berbahaya kepada manusia. Tetapi, wabah PMK ini penularan antar hewannya sangat cepat.

“Wabah ini lebih kepada kerugian ekonominya. Kepada manusianya tidak kenapa-kenapa, asalkan dimasak dengan benar. Tapi antar hewan ini yang berbahaya,” pungkasnya. (HSY)

BACA YUK:  Jelang Iduladha, Pemda Kota Cirebon dan BI Sosialisasi Pelaksanaan Kurban
(Dilihat: 45 pengunjung)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.