Cegah Penyebaran Wabah PMK, Dompet Dhuafa Kerjasama Peternak Lokal Sekaligus Distribusi Di Wilayah Tersebut

Jakarta,–Dompet Dhuafa melalui program Tebar Hewan Kurban (THK) membangun Sentra Ternak. Dengan adanya Sentra Ternak Dompet Dhuafa yang tersebar di 12 Provinsi merupakan pemasok utama, hampir 55% dari hewan kurban Dompet Dhuafa 2022. Sentra Ternak atau yang lebih dikenal DD Farm merupakan peternakan terpadu yang terkelola baik dengan melibatkan komunitas peternak lokal. Saat ini DD Farm berada di Sumatera Utara, Riau, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Lampung,  Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Daerah Istimewa Yogyakarta, Nusa Tenggara Timur hingga Sulawesi Selatan.  Diharapkan dengan adanya sentra ternak tersebut dapat mencapai target distribusi sebanyak 40.000 hewan kurban serta dengan cakupan 2.000.000 penerima manfaat untuk jangkauan distribusi wilayah 3T (terpencil, tertinggal dan terluar) Indonesia serta beberapa wilayah di luar negeri, sehingga kurban #JadiManfaat .

“Terkait PMK (Penyakit Mulut dan Kuku), Dompet Dhuafa turut melakukan mitigasi dengan detail. Kami melibatkan banyak mitra dari Dinas Kesehatan Hewan serta dokter-dokter hewan, untuk ikut terlibat dalam melakukan pemeriksaan hewan kurban di kandang-kandang kami, agar menjadi jaminan bagi para pekurban donatur Dompet Dhuafa,” papar Dian Mulyadi, selaku Ketua THK 1443H Dompet Dhuafa di sela-sela perbincangannya dalam Konferensi Pers di Jakarta Pusat, Kamis (16/06/2022).

BACA YUK:  Percepat Eliminasi TB Di Indonesia Tahun 2022, Giatkan Peran Wadah Kemitraan TB Nasional

Potensi kurban Indonesia tidak terdistribusi secara merata, hal ini mencerminkan kesenjangan pendapatan antar wilayah di Indonesia. Kesenjangan yang lebar terjadi antara daerah perkotaan Jawa dengan wilayah lainnya. Potensi kurban terbesar datang dari wilayah aglomerasi utama Jawa dimana mayoritas kelas menengah muslim dengan daya beli tinggi berada.

Drh. Dian Ariesiana Widiastuti selaku Sub. Koordinator Kesehatan Masyarakat Veteriner mengatakan bahwa, “Wabah PMK bukan berarti menyurutkan niat untuk berkurban. Karena kurban ini adalah ibadah, maka dari itu dengan ketentuan dan penanganan tertentu kami juga mengedukasi ke DKM, RT/RW, puskesmas, dll bahwa saat pemotongan dan pengolahan daging kurban. Nanti perlu semacam ketentuan dan jika perlu diperiksa sebelum dan sesudah pemotongan agar aman dari virus. Mendengar pemaparan Dian Mulyadi sebelumnya, bahwa Dompet Dhuafa banyak bekerjasama dengan peternak di daerah, maka hal ini lebih bagus. Karena hewan bisa distribusikan ke tempat setempat dan terdekat agar tidak tertular virus saat diperjalanan pengiriman hewan.”

BACA YUK:  Serah Terima Dana Kupon CWLS SWR 002 dan 003: Kolaborasi Kebaikan Antara CIMB Niaga Syariah dan Tabung Wakaf Dompet Dhuafa

Merujuk data dari IDEAS pada tahun 2021, seperti Daerah DKI Jakarta mengalami surplus daging kurban mencapai 22.193 Ton lalu diikuti dengan wilayah Bogor, Depok dan Bekasi yang mencapai 11.426 Ton.

Sunarsip, Ak. CA, ME CRGP selaku Kepala Ekonom The Indonesia Economic Intelligence mengatakan, “Pusat kontributor ekonomi terbesar ada di pulau Jawa, karena pertumbuhan ekonomi di atas 5% artinya ekonomi sudah mulai bergerak secara positif. Harga kambing saat ini akan naik karena pasokannya berkurang, ini yang perlu diantisipasi oleh para pemasok kurban. maka dari itu kita harus jaga suplynya, agar perekonomian di pulau Jawa dan Luar pulau Jawa tetap berkembang naik, salah satunya mensuport para peternak di daerah. Program Dompet Dhuafa ini sangat mendukung pemulihan ekonomi karena banyak mitra peternak dan suplier bimbingan Dompet Dhuafa di daerah tidak hanya di pulau Jawa saja.”

BACA YUK:  Biznet Bangun Infrastruktur Internet Masa Depan di Pulau Bangka

Menurut Data IDEAS, Dari sekitar 5,6 juta keluarga muslim kelas menengah-atas Indonesia, 71 persen diantaranya berada di Jawa. Dan dari sekitar 4,0 juta keluarga muslim sejahtera di Jawa ini, 2,0 juta diantaranya berada di Jabodetabek dan 1,0 juta lainnya tersebar di Bandung Raya, Surabaya Raya, Yogyakarta Raya, Semarang Raya dan Malang Raya.

“Jangan khawatir berkurban di Dompet Dhuafa, dengan adanya kurban online ini sangat membantu mereka yang membutuhkan dan sulit mengakses daging di pelosok sana. Selain itu, membantu para peternak kecil di pelosok dan semoga kurban kita #JadiManfaat” tambah Eko Aris Setyawan selaku Peternak Mitra Hewan Kurban Dompet Dhuafa. (*)

 

(Dilihat: 26 pengunjung)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.