Cegah Penyebaran Rabies Hewan Peliharaan, Pemda Kabupaten Cirebon Gelar Penyuntikan Massal

Cirebon,- Pemerintah Kabupaten Cirebon melalui Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Pertanian setempat menggelar vaksinasi rabies untuk hewan peliharaan. Penyuntikan massal tersebut dilakukan dalam rangka memperingati Hari Rabies Sedunia.

Pelaksanaan vaksinasi rabies tersebut dilaksanakan di Pusat Kesehatan Hewan (Puskeswan) Tengah Tani Kabupaten Cirebon, mulai dari Selasa (5/10/2021) hingga Rabu (6/10/2021).

Wakil Bupati Cirebon, Wahyu Tjiptaningsih mengatakan, pelaksanaan vaksinasi rabies dilakukan untuk mencegah penyebaran dan terpaparnya hewan peliharaan terkena rabies di Kabupaten Cirebon.

Hewan peliharaan yang menjadi sasaran dalam pelaksanaan vaksinasi rabies massal yakni kucing, anjing, dan kera. Sebagian besar adalah kucing.

BACA YUK:  PPDB 2022 Kota Cirebon Gunakan Sistem Online dan Dimulai 20 Juni

“Dalam pelaksanaan vaksinasi ini, kami sediakan 100 dosis untuk hewan peliharaan. Sebagian besar yang datang membawa kucing, sebagian kecilnya anjing serta kera,” ujar Wakil Bupati Cirebon yang akrab disapa Ayu.

Ayu menjelaskan vaksinasi dilakukan untuk menumbuhkan kesadaran pemilik agar tetap menjaga kesehatan hewannya. Menurutnya, vaksin rabies harus dilakukan setiap tahunnya.

Pantauan di Puskeswan Tengah Tani, masyarakat tampak antusias mengikuti vaksinasi ini. Sebagian besar pemilik hewan itu rela mengantre mengikuti program dari pemerintah itu.

“Di Kabupaten Cirebon ini, jumlah pencinta kucing ada 60 ribu lebih. Maka semua harus sehat, meskipun penyebaran paling tinggi itu oleh anjing hingga 91 persen,” katanya.

BACA YUK:  Siap Bangkitkan Sepakbola Cirebon, PSGJ Siap Launcing Manajemen Baru dan Pemain Hasil Seleksi

Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Pertanian Kabupaten Cirebon Ir. Ade Hasan Msi. mengatakan, vaksinasi ini bisa didapatkan oleh masyarakat yang memiliki hewan peliharaan.

Masyarakat yang ingin hewan peliharaannya mendapatkan vaksin, bisa mendatangi tiga unit pelayanan teknis (UPT) puskesmas di tiga titik, yakni di Ciledug (timur), Palimanan (Barat), dan Tengah Tani (tengah).

“Masyarakat tidak perlu khawatir, pelaksanaan vaksinasi ini berlangsung setiap tahun,” tandasnya. (AC212)

(Dilihat: 17 pengunjung)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.