Cegah Penyebaran PMK, Polres Cirebon Kota Gelar Operasi Aman Nusa

Cirebon,- Untuk mengantisipasi penyebaran wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) di Kota Cirebon, Polres Cirebon Kota menggelar Operasi Aman Nusa. Operasi tersebut berlangsung sejak tanggal 4 Juli sampai 2 Agustus 2022.

“Untuk menanggulangi Penyakit Mulut dan Kuku pada hewan ternak yang berkuku belah seperti sapi, kambing, domba, dan babi, kami menggelar Operasi Aman Nusa. Operasi ini berlangsung sejak 4 Juli sampai 2 Agustus 2022,” ujar Kapolres Cirebon Kota, AKBP Fahri Siregar saat monitoring hewan kurban, Jumat (8/7/2022).

Operasi Aman Nusa, lanjut Fahri, pihaknya berkoordinasi dengan Pemerintah Daerah (Pemda) Kota Cirebon dalam hal ini Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKPPP) Kota Cirebon, terkait upaya yang dilakukan.

BACA YUK:  Tekan Angka Stunting, Pemda Kota Cirebon Kampanyekan Makan Sayur

“Kami melakukan upaya-upaya pencegahan, penanganan dan juga edukasi kepada masyarakat. Kami membuka check poin dengan DKPPP Kota Cirebon untuk mencegah mobilitas bagi hewan ternak yang tertular PMK,” kata Fahri.

“Nanti ada pengecekan oleh teman-teman Puskeswan. Rencana akan ditempatkan di Kalijaga dan kami dari pihak Kepolisian dan TNI melakukan pendamping saat melalukan vaksinasi dan pengobatan,” sambungnya.

Selain itu, menurut Fahri, pihaknya juga melakukan deteksi terhadap kandang-kandang. Terutama, mendeteksi, pendataan, dan melaporkan setiap ada hewan ternak yang tertular PMK. (HSY)

BACA YUK:  Jadwal Samsat Keliling Kabupaten Cirebon, 12 – 17 September 2022

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *