Cegah Penyebaran Omicron, Goa Sunyaragi Perketat Protokol Kesehatan untuk WNA

Cirebon,- Badan Pengelola Taman Air Goa Sunyaragi (BPTAGS) memperketat wisatawan asing atau WNA yang hendak berkunjung ke objek wisata Goa Sunyaragi. Pengetatan turis asing ini untuk mencegah masuknya COVID-19 varian Omicron yang saat ini sudah menyebar di banyak negara.

Kepala Bagian Humas BPTAGS, Eko Ardi Nugraha menjelaskan dalam 1 bulan terakhir ada 5 wisatawan asing atau warga negara asing (WNA) yang berkunjung ke Goa Sunyaragi. Setiap ada WNA, lanjut Eko, petugas langsung melakukan pemeriksaan sesuai dengan prosedur protokol kesehatan (prokes) yang ketat.

BACA YUK:  Gubernur Jabar : Pemerintah Pusat Sedang Mengkaji Pandemi Menjadi Endemi

“Ada (kunjungan), 1 keluarga (ayah, ibu dan anak) dari Portugal dan 1 orang dari Australia tapi diantar oleh pendamping dari WNI. Langsung tanya mengenai kelengkapan tes kesehatan seperti vaksin dan tes PCR mereka,” ujar Eko, Senin (24/1/2022).

Eko mengakui, jika kunjungan wisatawan asing tersebut sudah dilaporkan oleh pihaknya ke dinas terkait. Bahkan, menurut Eko, petugas dari BPTAGS selalu melaporkan kepada secara rutin kepada dinas terkait.

“Kami secara berkala melaporkan tingkat kunjungan wisatawan termasuk wisatawan asing,” kata Eko.

BACA YUK:  Atlet Nasional Muaythai Sea Games 2022 Berlatih di Bara Boxing Club Cirebon

Selain itu, pihak BPTAGS pun selalu mengingatkan kepada wisatawan yang berkunjung untuk taat pada protokol kesehatan. Langkah antisipasi yang dilakukan, kata Eko, tetap mengacu pada keselamatan dan kenyamanan wisatawan.

Sementara itu, untuk data pengunjung disaat akhir pekan kemarin sebanyak 727 orang dengan rincian pada hari Jum’at (21/1) 90 orang, Sabtu (22/1) 285 orang dan Minggu (23/1) 352 orang.

“Pengunjung masih didominasi wisatawan lokal yang berasal dari sekitar wilayah Cirebon, Indramayu, Majalengka dan Kuningan,” pungkas Eko. (AC212)

(Dilihat: 36 pengunjung)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.