Sabtu, 30 Mei 2020

Cegah Kebakaran, Grage City Mall Adakan Pelatihan dan Simulasi Pemadam Kebakaran

Populer

Ada Pedagang Positif Covid-19, Pasar Sumber Ditutup Sementara Selama 14 Hari

Cirebon,- Dua Pedagang Pasar Sumber Kabupaten Cirebon terkonfirmasi Positif Covid-19 setelah dilakukan tes massal swab pada tanggal 18 Mei...

Masuk Zona Biru, Kabupaten Cirebon Tidak Perpanjang PSBB

Cirebon,- Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Kabupaten Cirebon berakhir pada hari ini, Jumat 29 Mei 2020.Pemerintah Daerah Kabupaten...

Mulai Besok Grage Mall dan Grage City Mall Siap Beroperasi Kembali

Cirebon,- Setelah menutup sementara operasional mall, Grage Group memutuskan Grage Mall dan Grage City Mall akan dibuka kembali besok,...

Tanpa Gejala Klinis, Dua Pedagang Pasar Sumber Terkonfirmasi Positif Covid-19

Cirebon,- Dua pedagang Pasar Sumber terkonfirmasi positif Covid-19 dari hasil test swab massal menggunakan metode PCR (Polymerase Chain Reaction)...

Kondisi Rumah Sangat Memprihatikan, Baznas Kota Cirebon Turun Tangan⁣ ⁣

Cirebon,- Sungguh mengejutkan saat memasuki rumah warga di RT 005 RW 001 No. 196 Gg. Rebon Pesisir Selatan Kelurahan...

Cirebon,- Grage City Mall bekerja sama dengan Dinas Pemadam Kebakaran Kota Cirebon menggelar Pelatihan & Simulasi Pemadam Kebakaran yang berlangsung di halaman parkir Grage City Mall, Jalan Jend. A. Yani, Kota Cirebon, Rabu (13/11/2019).

Kegiatan diikuti oleh seluruh tenant Grage City Mall, unit-unit Grage Group di wilayah Cirebon dan Kuningan, serta vendor-vendor operasional Grage City Mall.

Kegiatan pelatihan dan simulasi kebakaran dihadiri dan dibuka langsung oleh General Manager Grage City Mall, Irvan Saputra dan juga Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Kota Cirebon.

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Kota Cirebon, Adam Nurudin mengatakan kegiatan pelatihan dan juga simulasi pemadam kebakaran di Grage City Mall merupakan agenda rutin setiap tahun.

Loading...

Simulasi Pemadam Kebakaran

“Meskipun materi yang diberikan sama seperti tahun-tahun sebelumnya, tapi yang paling penting adalah mengingatkan kembali,” ujar Adam kepada About Cirebon.

Lanjut Adam, mereka dilatih setiap tahun biar kembali diingatkan, karena bila tidak diingatkan akan lupa bagaimana cara mengatasi ataupun penyebab kebakaran.

“Jadi, yang perlu diingatkan adalah penyebab kebakaran dan bagaimana cara penanganan mengatasi kebakaran. Sehingga, kita berikan teori terlebih dahulu, kemudian praktek langsung dan mensimulasikan,” ungkapnya.

“Yang lebih utama lagi kita harus mengetahui penyebab-penyebab terjadinya kebakaran, seperti contoh dari konsleting listrik karena menggunakan kabel gepeng dan biasanya dari kompor,” tambahnya Adam.

Adam berharap dengan diadakannya pelatihan dan simulasi kebakaran, pihak yang terlibat langsung bisa memahami, mengerti bagaimana yang harus dilakukan.

“Sehingga kedepan, dengan adanya pengetahuan penyebab dan cara pencegahan kebakaran, Grage City Mall bebas kebakaran dan Kota Cirebon juga bebas dari kebakaran,” ungkapnya.

Sementara itu, Staf Khusus Direksi Grage Group, Ratu Sukmayani menambahkan kegiatan pelatihan dan simulasi merupakan suatu hal yang penting.

“Kegiatan ini penting yah, karena untuk memberikan pembekalan kepada karyawan bagaimana penyebab kebakaran dan mengatasinya seperti apa, kemudian mengerti cara penanganan yang baik,” ujarnya.

“Sehingga, pada saat kejadian kebakaran dimana saja, tidak hanya bisa menyelamatkan diri sendiri tapi bisa menyelamatkan orang yang ada disekitarnya,” tambah Yani.

Untuk penyediaan Apar (Alat Pemadam Api Ringan) kata Yani, di Grage Group sudah menyediakan dibeberapa titik sesuai dengan prosedur yahg ditetapkan oleh Dinas Pemadam Kebakaran.

Selain itu, Yudha Anggara dari Tim P2K3 (Panitia Pembina Keselamatan dan Kesehatan Kerja) Grage City Mall menjelaskan Grage City Mall telah membentuk dan disahkan kepengurusan P2K3 pada tanggal 7 November 2019.

Melalui kegiatan ini, lanjut Yudha, bertujuan agar para karyawan dapat melakukan penanggulangan secara cepat, bilamana terjadi bahaya kebakaran dan kecelakaan kerja.

“Serta dapat melakukan tindakan preventif secara berkala agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan,” bebernya.

“Dengan terbentuknya tim P2K3 ini, kami berharap Grage City Mall bisa menjadi mall yang zero accident,” harapnya.

Pantauan About Cirebon, peserta yang mengikuti kegiatan Pelatihan dan Simulasi Pemadam Kebakaran ini diawali dengan pemberian materi dari Dinas Pemadam Kebakaran Kota Cirebon.

Setelah mendapat materi, selanjutnya peserta langsung praktek langsung dan diakhiri dengan simulasi penanganan bila terjadi kebakaran. (AC212)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest News

Kepala Daerah di Ciayumajakuning Sepakat Perniagaan Antar Wilayah Ada Kelonggaran⁣

⁣Cirebon,- Pemerintah Provinsi Jawa Barat memperpanjang masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dengan menerapkan Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) atau...

Tren Kopi Susu Literan, Lebih Hemat dan Bisa Untuk Hampers

Cirebon,- Belum selesai dengan tren kopi susu, akhir-akhir ini berbagai Coffee Shop mulai mengembangkan produksi kopi susu dengan kemasan literan.Apalagi, di tengah situasi Pandemi...

Mulai Hari ini Objek Wisata Keraton Kasepuhan, Goa Sunyaragi, dan Makam Sunan Gunung Jati Dibuka Kembali

Cirebon,- Setelah pusat perbelanjaan dan masjid diperbolehkan untuk ibadah Salat Jumat di Kota Cirebon, kini tempat wisata di Cirebon juga mulai buka.Sudah hampir 3...

Moment RAFI 2020, Layanan Data Telkomsel Alami Peningkatan

Jakarta,- Momen Ramadan dan Idul Fitri (RAFI) yang baru saja berlalu, pemanfaatan layanan berbasis data Telkomsel mengalami peningkatan.Seperti layanan data mengalami peningkatan yang tertinggi...

Setiap Pekan, PT Soca Samudera Nusantara Rutin Berbagi Nasi dan Masker

Cirebon,- PT Soca Samudera Nusantara membagikan nasi kotak dan masker kepada para pengendara yang melintas di Jalan Pangeran Cakrabuana, Kelurahan Sendang, Kabupaten Cirebon, Jumat...

More Articles Like This