Kamis, 28 Januari 2021

Cegah Covid-19, Pemda Kota Cirebon Akan Lakukan Operasi Pendataan di Jalan Raya

Populer

Sensasi Makan Durian Montong Petik Langsung dari Pohon di Kopi Montong

Cirebon,- Berada di ketinggian 150 meter di atas permukaan laut (MDPL), agrowisata durian Kopi Montong yang berlokasi di Sindang...

Saung Kopi Gowes Hadir di Jalur Favorit Bersepeda, ini Konsepnya⁣

Cirebon,- Berada di jalur favorit bersepeda dengan view pesawahan dan berlatar gunung Ciremai, Sakowes (Saung Kopi Gowes) hadir untuk...

Program Jelajah Rasa, Kandang Ayam Hadirkan Menu Korean Taste⁣⁣⁣

⁣⁣Cirebon,- Kandang Ayam Resto yang yang berlokasi di Jalan Sudarsono No. 281A, Kota Cirebon, pada Januari 2021 menghadirkan program...

Agrowisata dan Edukasi Griya Hidroponik Tawarkan Konsep Petik Sendiri⁣

Cirebon,- Griya Hidroponik Cirebon yang berada di Jalan Sultan Ageng Tirtayasa, Kedawung, Kabupaten Cirebon menjual segala macam produk sayuran...

Vinotel Cirebon Sudah Bisa Terima Tamu

Cirebon, 7 September 2016 - Cirebon yang sedang berkembang membuat bisnis hotel budget semakin menjamur. Salah satunya, Vinotel Hotel...

Cirebon,- Pemerintah daerah (Pemda) Kota Cirebon akan melakukan operasi pendataan orang yang masuk ke Kota Cirebon di jalan raya.

Operasi pendataan merupakan sensus untuk menghimpun data statistik dan memadukan dengan pendataan yang telah dilakukan di tingkat Rukun Tetangga (RT) dan Rukun Warga (RW) di Kota Cirebon dalam upaya pencegahan penyebaran Covid-19.

Pj Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Cirebon, Drs. H. Anwar Sanusi menjelaskan bahwa Pemda Kota Cirebon akan menggelar operasi pendataan di jalan raya yang akan masuk ke Kota Cirebon.

Loading...

“Bukan untuk pelarangan, tapi hanya untuk melakukan sensus,” ujar Anwar usai menggelar rapat dengan unsur pemerintahan di Balai Kota Cirebon, Minggu (12/4/2020).

Lanjut Anwar, aensus atau pendataan dilakukan untuk menghimpun data statistik berapa kendaraan maupun orang yang masuk ke Kota Cirebon.

Data tersebut nantinya akan dikawinkan dengan pendataan yang telah dilakukan oleh RT dan RW yang ada di Kota Cirebon.

BACA YUK:  Libur Tahun Baru, Jumlah Pengunjung di Goa Sunyaragi Meningkat

“Melalui penggabungan data itu, kita lihat nanti kecenderungannya seperti apa,” ungkap Anwar.

Seperti diketahui, seluruh unsur camat di Kota Cirebon telah diperintahkan untuk melakukan ‘penyekatan’ wilayah di tingkat RT dan RW.

Penyekatan yang dimaksud disini juga bukan melarang orang datang, namun untuk melakukan pemantauan dan pendataan terhadap orang yang baru masuk ke Kota Cirebon.

“Terlebih jika orang tersebut baru datang dari wilayah episentrum terjangkitnya wabah Covid-19. Hasilnya ternyata efektif,” terang Anwar.

Dari hasil pendataan RT dan RW, kata Anwar, jumlah pendatang yang masuk ke Kota Cirebon hingga hari ini mencapai 487 orang. Pendatang tersebut juga sudah discreening oleh Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Cirebon.

“Operasi pendataan di jalan raya itu nantinya untuk digabungkan dengan pendataan yang dilakukan di tingkat RT dan RW,” jelasnya.

Untuk operasi pendataan di jalan raya menurut Anwar belum ditentukan dimana titik pelaksanaannya. Namun, pihaknya akan melaporkan terlebih dahulu ke Wali Kota Cirebon hasil rapat tersebut.

“Pendataan ini tetap akan berkoordinasi dengan TNI dan Polri dengan leading sektor Satpol PP Kota Cirebon. Kita berterima kasih jajaran Polres Cirebon Kota telah melakukan simulasi kontijensi beberapa waktu lalu,” tandasnya.

Sementara, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Cirebon, dr. H. Eddy Sugiarto menjelaskan hasil pengawasan yang dilakukan di tingkat RT dan RW merupakan tindakan yang solutif untuk memutuskan mata rantai penyebaran covid-19 di Kota Cirebon.

“Kekuatan RT dan RW bisa memutuskan mata rantai penyebaran Covid-19 langsung dari sumber utama,” ujarnya.

Eddy menambahkan dalam waktu dekat rapid tes akan segera tiba di Kota Cirebon. Pemda Kota Cirebon telah memesan 4 hingga 5 ribu alat rapid tes namun yang baru akan datang 400 buah esok.

“Rapid tes akan dilakukan terhadap ODP (orang dalam pemantauan) yang ada di Kota Cirebon,” pungkasnya. (AC212)

BACA YUK:  Anggarkan 4 Milyar, Tempat Isolasi Mandiri di Kota Cirebon Diperpanjang Hingga Maret
Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest News

JNE Cabang Cirebon Salurkan Bantuan Untuk Korban Banjir

Cirebon,- JNE perusahaan yang bergerak di bidang pengiriman, menyalurkan bantuan untuk korban banjir yang terjadi pekan lalu di Desa...

Revitalisasi Alun-Alun Kejaksan Cirebon Ditargetkan Selesai Februari

Cirebon,- Revitalisasi Alun-alun Kejaksan Kota Cirebon ditargetkan rampung pada bulan Februari 2021 mendatang. Pembangunan Alun-alun Kejaksan yang bersumber dari dana hibah Provinsi Jawa Barat, saat...

8 Rumah Korban Puting Beliung Rampung Diperbaiki Kodim 0620/Kabupaten Cirebon

Cirebon,- Sebanyak 8 rumah di Desa Slangit, Kecamatan Klangenan, Kabupaten Cirebon telah rampung diperbaiki oleh Kodim 0620/Kabupaten Cirebon. Sebagai wujud kemanunggalan TNI dengan rakyat, Kodim...

Kota Cirebon Terapkan PSBB Secara Proposional Sampai 8 Februari 2021

Cirebon,- Pemerintah Daerah Kota Cirebon memberlakukan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) secara proposional selama 14 hari dalam rangka penanganan Covid-19 di Kota Cirebon. Pembatasan aktivitas...

More Articles Like This