Catat Tanggalnya, TDA Cirebon Gandeng Lintas Institusi Gelar Pesta Wirausaha dan Vaksinasi

Cirebon,- Komunitas Tangan Di Atas (TDA) Cirebon bersama Polres Cirebon Kota, Pemerintah Daerah Kota Cirebon dan komunitas lainnya akan menggelar event Pesta Wirausaha TDA Cirebon Raya tahun 2021. Rencananya, kegiatan tersebut akan berlangsung di Grage Mall Cirebon, Jalan Tentara Pelajar Kota Cirebon tanggal 10-12 Desember 2021 mendatang.

Ketua Panitia Pesta Wirausaha TDA Cirebon Raya, Jembar Hendrayana mengatakan Pesta Wirausaha TDA Cirebon Raya merupakan event kolaborasi lintas institusi. Komunitas TDA Cirebon Raya menggandeng Polres Cirebon Kota, Pemerintah Daerah Kota Cirebon dan komunitas lainnya.

“Event ini akan berlangsung selama tiga hari dari tanggal 10-12 Desember 2021 di Grage Mall Cirebon. Kegiatan ini juga rencananya akan dibuka langsung oleh Kapolda Jawa Barat, Kapolres Cirebon Kota, dan perwakilan komunitas,” ujar Jembar kepada About Cirebon, Jumat (26/11/2021).

Baca Yuk : Komunitas TDA Cirebon Gelar Pesta Wirausaha, Ini Agendanya

Dalam kegiatan ini, Jembar menjelaskan, dengan mengusung tema “Cirebon Bangkit” akan dimeriahkan dengan berbagai kegiatan sosial seperti vaksinasi massal, khitanan massal, sebar 1000 nasi box dan lain-lain. Selain itu, diisi juga dengan berbagai lomba, talkshow, pentas seni dan dance competition, serta beragam acara artis dan influencer ibu kota.

BACA YUK:  Inilah Kegiatan Inspiratif Mamat Rahmatullah yang Bermanfaat bagi Orang Lain

“Kami mangajak semua masyarakat Kota Cirebon untuk terlibat, berkolaborasi bersama dan memeriahkan acara dengan tema Cirebon Bangkit. Ini adalah momen kebangkitan bersama paska pandemi ini,” ajaknya.

Sementara itu, dalam jumpa pers, dr. Asad, selaku Pembina TDA Cirebon Raya menyampaikan setiap tahunnya, TDA Cirebon Raya rutin menyelenggarakan Pesta Wirausaha. Kali ini, pasca pandemi kegiatan Pesta Wirausaha bisa memberikan dampak yang baik dalam membangkitkan ekonomi.

“Pasca pandemi, kegiatan Pesta Wirausaha TDA Cirebon Raya ini bisa memberikan dampak yang positif, yaitu membangkitkan kembali ekonomi,” ujar dr. As’ad

dr. As’ad menjelaskan dalam event Pesta Wirausaha TDA Cirebon Raya ada dua kegiatan utama. Pertama kegiatan wirausaha dalam rangka recovery perekonomian dan kedua kegiatan vaksinasi massal dalam rangka recovery dampak COVID-19 terhadap kesehatan.

Baca Yuk : Komunitas TDA Cirebon Serahkan Bantuan Pangan Melalui Dinas Sosial Kota Cirebon

“Diharapkan kegiatan ini bisa diikuti oleh masyarakat Cirebon, baik kota maupun kabupaten sekitarnya, sebagai ajang silaturahmi dan berbagi,” ungkapnya.

Kegiatan ini juga, lanjut dr. Asad, tidak hanya berhenti sampai tanggal 12 Desember 2021. Namun akan berlanjut dengan kegiatan recovery ekonomi dalam hal ini terkait sumber daya manusia (SDM). Pihaknya menargetkan, dengan recovery SDM bisa melahirkan pengusaha-pengusaha milenial baru dari kelurahan-kelurahan.

BACA YUK:  Cegah Penyebaran PMK, Polres Cirebon Kota Gelar Operasi Aman Nusa

“Kami sudah sepakat dengan Kapolres Cirebon Kota, setelah acara Pesta Wirausaha ini akan melanjutkan kegiatan pengembangan SDM. Kegiatan ini untuk melahirkan-melahirkan pengusaha milenial baru. Kita juga menggandeng ibu-ibu Bhayangkari,” bebernya.

dr. Assad ingin, setelah kegiatan Pesta Wirausaha ini, wilayah yang kumuh, terbengkalai bisa diperbaiki dengan cara kolaborasi semua pihak, baik itu TNI-Polri, dan masyarakat, Pemerintah, hingga pengusaha.

Kapolres Cirebon Kota, AKBP Fahri Siregar menambahkan kami ingin menginisiasi kembali bahwa, sendi-sendi perekonomian, sektor pendidikan, dan kesehatan bisa pulih kembali. Sehingga, kami ingin menginisiasi suatu program yang mana hasil dari kolaboraksi.

“Bukan lagi kolaborasi, tetapi kolaboraksi, aksi yang sudah berkolaborasi. Jadi kegiatan ini akan dilaksanakan tanggal 10,11, 12 Desember 2021 di Grage Mall Cirebon. Nanti ada kegiatan yang namanya launching multi program, sekaligus gebyar vaksinasi dan UMKM,” ujar Fahri.

Polres Cirebon Kota, tambah Fahri, bersama Bhayangkari dan TDA akan meluncurkan program-program yang diinisiasi untuk diterapkan di Kota Cirebon dan kepentingan masyarakat. Salah satunya yaitu, launching e-protokol kesehatan presisi.

BACA YUK:  Tak Tanggung-tanggung, Bulan Agustus Aston Cirebon Hadirkan 127 Menu Baru

“Ini sebuah aplikasi yang akan kita gunakan untuk melakukan audit dan inspeksi secara elektronik kepada tempat-tempat yang harus menerapkan protokol kesehatan. Selama ini dari Polri sudah datang dan melakukan inspeksi bersama Forkopimda, namun sangat sulit dilakukan secara manual,” katanya.

Pada acara gebyar vaksinasi, kata Fahri, akan mengupayakan sebanyak 1.000 orang. Karena memang, vaksinasi kita sudah tinggi sekali mencapai 97 persen di Kota Cirebon. Untuk vaksinasi dosis kedua sudah mencapai 70 persen, lansia 62 persen.

“Kalau dilihat dari presentase, Kota Cirebon ini sudah menduduki peringkat teratas dalam pencapaian vaksinasi. Sehingga, tidak mudah lagi mendatangkan orang yang mau ikut vaksinasi, tetapi kita tetap optimis. Nanti yang mengikuti vaksinasi akan kita berikan sembako yang diserahkan oleh Kapolda Jawa Barat,” bebernya.

“Pak Kapolda juga akan datang dan melaunching program serta gebyar vaksinasi. Nanti ada juga pembicara dr. Tirta akan hadir memberikan edukasi pencegahan COVID-19,” pungkasnya. (AC212)

(Dilihat: 104 pengunjung)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.