Catat Tanggalnya! BI Cirebon Kembali Gelar Ciayumajakuning Entrepreneur Festival 2018

Cirebon,- Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Cirebon kembali menggelar Ciayumajakuning Entrepreneur Festival (CEF) 2018.

Kegiatan CEF merupakan kegiatan yang rutin digelar setiap tahunnya, dan tahun ini adalah tahun ke tiga digelarnya event yang melibatkan UKM binaan Bank Indonesia Cirebon.

Kegiatan tersebut akan berlangsung selama dua hari, yaitu ditanggal 20-21 Oktober 2018 di Hotel Prima, Jalan Siliwangi, Kota Cirebon.

Kepala KPw BI Cirebon, M. Abdul Majid Ikram mengatakan event CEF merupakan program Bank Indonesia Cirebon guna mempromosikan dan juga memperkuat pemasaran bagi UKM, terutama UKM yang menjadi binaan Bank Indonesia.

“Alhamdulilah, BI Cirebon selama ini telah melakukan program pengembangan, baik dalam bentuk kewirausahaan, kemudian juga pengembangan-pengembangan ekonomi lainnya, termasuk local economy development kepada masyarakat di wilayah Ciayumajakuning,” ujarnya dalam jumpa pers di KPw BI Cirebon, Jalan Yos Sudarso, Kota Cirebon, Rabu (17/10/2018).

BACA YUK:  Aston Cirebon Hotel Raih Penghargaan Traveller's Choice 2022 dari TripAdvisor

Lanjut Majid, CEF merupakan program bagian dari promosi dan pemasaran dari produk UKM. Karena memang, salah satu dan paling utama didalam tantangan pengembangan UKM berkaitan dengan promosi dan pemasaran.

“Tapi yang kami perhatikan, yang utama dari tantangan yang dihadapi adalah dua aspek tersebut. Oleh karenanya, tahun ini akan mengadakan CEF sebagai bagian dari promosi dan pemasaran,” bebernya.

Biasanya, kata Majid, pada tahun-tahun sebelumnya CEF ini lebih diarahkan kepada upaya untuk mempromosikan, agar produk-produk binaan dari Bank Indonesia Cirebon bisa dikenalkan masyarakat, khususnya masyarakat yang ada di wilayah Ciayumajakuning.

“Makanya tahun lalu lebih banyak mengadakan semacam pameran, kemudian juga kegiatan-kegiatan baik seminar maupun sosialisasi yang sifatnya lebih banyak mempromosikan produk dari UKM binaan BI,” terangnya.

BACA YUK:  Kejuaraan Pencak Silat tingkat Nasional Mahardika Cup Digelar di Cirebon

“Nah, untuk tahun ini kami akan lebih subtansial, lebih meningkat, tidak hanya masalah promosi tapi juga ke pemasarannya,” imbuhnya.

Lanjut Majid, salah satu kegiatan utama selain kegiatan-kegiatan rutin yang mirip seperti tahun lalu, ada pameran, sosialisasi, seminar, kemudian ada lomba-lomba kreatifitas. Namun, ada satu hal yang pihaknya mencoba untuk meningkatkan pemasaran adalah kegiatan Business Matching.

Menurutnya Business Matching ini sangat penting, karena akan mengundang buyer yang sangat potensial, baik dari Bali, Jakarta, Semarang, Surabaya, hingga Yogyakarta.

“Jadi nanti, buyer akan bertemu langsung dengan kurang lebih 70 UKM binaan Bank Indonesia Cirebon yang terlibat di kegiatan CEF 2018. Kami akan mencoba untuk mematchingkan, bahwa produk dari UKM kami ini sudah layak jual untuk pasar yang lebih besar,” ungkapnya.

BACA YUK:  Info Loker : Amaris Hotel Cirebon

Pihaknya menargetkan, pada CEF tahun ini berharap order atau omzetnya bisa dua sampai tiga kali lipat dari kegiatan CEF tahun lalu.

Sementara itu, Manajer Fungsi Pengembangan UMKM KPw BI Cirebon, Budi Ramdani menambahkan pada kegiatan CEF tahun 2018 ini untuk meningkatkan kualitas dari sisi produk-produk UMKM. Disamping itu juga, ada usaha dari pembinaan BI terhadap UMKM kita adalah untuk meningkatkan skala usaha.

“Artinya misalkan, dari mikro menjadi kecil, dari kecil menjadi menengah. Itu adalah salah satu tugas atau target kita kedepan,” ujarnya.

“Jadi, salah satunya dari sekarang, kita fokus untuk meningkatkan kualitas dari sisi pemasaran untuk Go Internasional,” tambahnya. (AC212)

(Dilihat: 8 pengunjung)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.