Rabu, 22 Januari 2020

Catat Tanggalnya, BI Cirebon Akan Selenggarakan Cirebon Fintech Festival 2019

Populer

Geger Penemuan Mayat Wanita Tanpa Busana di Jalan Wiratama Cirebon

Cirebon,- Mayat wanita tanpa busana ditemukan warga di Jalan Wiratama, Kecematana Kedawung, Kabupaten Cirebon, Minggu (19/1/2020) siang. Warga yang pertama...

Sultan Sepuh XIV : Keraton Agung Sejagat Tidak Terdaftar Dalam FSKN

Cirebon,- Kemunculan Keraton Agung Sejagat yang berada di Desa Pogung Jurutengah, Kecamatan Bayan, Kabupaten Purworejo menggegerkan banyak pihak setelah...

Gudang Penyimpanan Popok Bayi di Cirebon Dilalap Si Jago Merah

Cirebon,- Kebakaran hebat melanda gudang penyimpanan popok bayi di Jalan Buyut Pronggol, Kelurahan Pegambiran, Kecamatan Lemahwungkuk, Kota Cirebon, Rabu...

Pengembang Perumahan Bersubsidi di Kabupaten Cirebon Terancam Mandeg

Cirebon,- Forum Komunikasi Pengembang Perumahan Cirebon (FKPPC) memberikan pernyataan terkait permasalahan pemberian hak guna bangunan atas tanah yang akan...

Dukung Target Ekspor Perikanan Nasional, JAPFA Ekspor Produk Budidaya Perikanan Senilai Rp 13 Miliar Lebih

Cirebon,- Setelah sukses meningkatkan nilai ekspor sebesar 53 persen pada 2019, PT. Japfa Comfeed Indonesia Tbk (JAPFA) melalui anak...

Cirebon,- Sejalan dengan perkembangan teknologi di era revolusi industri 4.0, digitalisasi dan perkembangan inovasi telah merevolusi berbagai aspek kehidupan termasuk pada jasa layanan keuangan.

Inovasi ini dikenal dengan nama Financial Technology (Fintech) yang merupakan perpaduan antara layanan jasa keuangan dengan teknologi.

Seiring berjalannya waktu, inovasi digital dalam bentuk Fintech ini mengalami pertumbuhan yang sangat pesat dan menjadi salah satu yang ditengarai dapat menjadi solusi pemerataan ekonomi.

Atas hal tersebut, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Cirebon akan menyelenggarakan acara Cirebon Fintech Festival (CFF) 2019 yang akan dilaksanakan selama dua hari di CSB Mall yaitu tanggal 9 dan 10 November 2019.

Loading...

Kepala KPw BI Cirebon, Fadhil Nugroho mengatakan maksud diselenggarakan Cirebon Fintech Festival 2019 yaitu untuk memberikan edukasi dan pemahaman terkait perkembangan teknologi untuk mendorong inovasi ekonomi dan keuangan digital sebagai sumber pertumbuhan ekonomi.

“Kalau secara umum CFF 2019 dilaksanakan dengan tujuan memberikan pemahaman kepada masyarakat terkait perkembangan teknologi khususnya terkait dengan ekonomi digital, inklusi keuangan dan ekosistemnya,” ujar Fadhil, Jumat (8/11/2019).

Lanjut Fadhil, selain memberikan pemahaman kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman terkait implementasi teknologi finansial oleh industri atau pelaku fintech secara langsung.

“Ini juga untuk memberikan inspirasi kepada generasi muda dan startup lokal khususnya di wilayah III Cirebon untuk berinovasi di bidang teknologi keuangan digital,” ungkapnga.

Selain itu, mengenalkan adanya alternatif transaksi pembayaran dan inovasi keuangan secara digital yang efektif dan efisien untuk mendorong kegiatan ekonomi pelaku usaha dan masyarakat.

Memberikan pengalaman (experience) secara langsung kepada masyarakat dalam melakukan transaksi keuangan digital, dengan menggunakan Quick Response Indonesian Standar (QRIS) yang dapat ditransaksikan di merchant penyelenggara fintech dalam kegiatan.

Memberikan ruang konsultasi dari regulator maupun industri, yang luas dan terbuka kepada masyarakat umum dan pelaku usaha untuk menggunakan layanan fintech, baik di bidang sistem pembayaran maupun lending/funding.

“Dan membuka peluang dan jalan hadirnya kolaborasi antara para penyelenggara fintech, pemerintah daerah, industri dan para pemangku kepentingan,” bebernya.

Kegiatan Fintech Festival akan diselenggarakan dalam 2 bentuk kegiatan yakni talkshow dan ekshibisi Fintech.

Talkshow nanti, kata Fadhil, akan ada pemaparan dan diskusi interaktif mengenai topik-topik yang berkaitan dengan teknologi dan digital ekonomi khususnya Fintech yang akan dipaparkan oleh para ahli baik dari regulator, pelaku bisnis Fintech dan narasumber lainnya.

“Kalau Ekshibisi Fintech ada booth penyelenggara Fintech untuk konsultasi dan coaching clinic kepada masyarakat atau pelaku bisnis untuk penggunaan layanan Fintech, termasuk layanan yang dapat dilakukan seperti pendaftaran merchant (Merchant on Boarding QRIS), layanan top up Uang Elektronik (UE), pembiayaan online, dsb,” jelasnya.

“Kegiatan ini akan dimeriahkan dengan penampilan artis nasional, tradisional dan modern dance, standup comedy, doorprize dan games,” pungkasnya. (AC212)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest News

Satreskrim Polres Cirebon Kota Masih Selidiki Mayat Wanita Tanpa Busana di Jalan Wiratama

Cirebon,- Temuan mayat wanita tanpa busana sempat menggegerkan warga Jalan Wiratama, Kabupaten Cirebon, Minggu (19/1/2020) lalu. Hingga kini pihak Kepolisian...

Grage Grand Business Hotel Cirebon Luncurkan Promo Menarik Untuk Food and Beverage

Cirebon,- Grage Grand Business Hotel Cirebon kembali menghadirkan berbagai promo food and beverage untuk periode bulan Januari hingga Maret 2020.Promo menu bulanan yang ditawarkan...

Dua Kendaraan Terlibat Kecelakaan di Jalan Raya Pantura Gebang

Cirebon,- Kecelakaan Lalulintas terjadi di Jalan Raya Pantura Gebang Kulon, tepatnya di depan SPBU Gebang Kulon, Desa Gebang Kulon, Kecamatan Gebang, Kabupaten Cirebon, Selasa...

Gandeng Pihak Ketiga, Bus Rapid Transit Siap Beroperasi di Kota Cirebon

Cirebon,- Pemerintah Daerah Kota Cirebon sudah menemukan format untuk pengoperasian Bus Rapid Transit (BRT) di Kota Cirebon.Wali Kota Cirebon, Drs. Nashrudin Azis mengatakan untuk...

Akibat Tanggul Jebol, Ratusan Rumah di Perumahan Gamel Terendam

Cirebon,- Hujan dengan intensitas tinggi lebih dari tiga jam mengakibatkan sungai Sikenanga meluap yang mengakibatkan seratusan rumah di Perumahan Cahaya Permai blok A-H, Desa...

More Articles Like This