Senin, 24 Januari 2022

Catat Tanggalnya, BI Cirebon Akan Selenggarakan Cirebon Fintech Festival 2019

Populer

Bakso Rusuk Joss Sajikan Menu Fenomenal dan Tempat yang Nyaman

Cirebon,- Kamu pecinta bakso? Jangan ngaku pecinta bakso kalau kamu belum coba bakso yang unik, viral dan fenomenal ini,...

Ramaikan Wisata Kuliner, Kedai 1818 Buka Cabang Baru di Sinapeul Majalengka

Cirebon,- Setelah sukses membuka cabang di berbagai daerah, Crab 1818 kini membuka kembali di Majalengka, Sabtu (22/1/2022). Lokasinya berada...

Deteksi Dini Semakin Krusial Cegah Progresivitas Glaukoma, Faktor Anatomis Turut Berpengaruh Memicu Glaukoma Primer Sudut Tertutup Kronis

Jakarta,– Nyaris tak memiliki gejala pada tahap awal, glaukoma berpotensi memberi impak yang lebih fatal: kebutaan permanen. Peningkatan tekanan...

Kerja Sama dengan Kodim 0620/Cirebon, Aston Cirebon Jalani Vaksin Booster COVID-19

Cirebon,- Aston Cirebon Hotel & Convention Center menggelar vaksinasi COVID-19 dosis ketiga atau booster untuk seluruh karyawan, Sabtu (22/1/2022)....

Mulai Tahun 2023 Tenaga Honorer Dihapus, ini Kata Sekda Kota Cirebon

Cirebon,- Pemerintah pusat melalui Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) menghapus tenaga honorer pada tahun 2023 mendatang....

Cirebon,- Sejalan dengan perkembangan teknologi di era revolusi industri 4.0, digitalisasi dan perkembangan inovasi telah merevolusi berbagai aspek kehidupan termasuk pada jasa layanan keuangan.

Inovasi ini dikenal dengan nama Financial Technology (Fintech) yang merupakan perpaduan antara layanan jasa keuangan dengan teknologi.

Seiring berjalannya waktu, inovasi digital dalam bentuk Fintech ini mengalami pertumbuhan yang sangat pesat dan menjadi salah satu yang ditengarai dapat menjadi solusi pemerataan ekonomi.

Loading...

Atas hal tersebut, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Cirebon akan menyelenggarakan acara Cirebon Fintech Festival (CFF) 2019 yang akan dilaksanakan selama dua hari di CSB Mall yaitu tanggal 9 dan 10 November 2019.

Kepala KPw BI Cirebon, Fadhil Nugroho mengatakan maksud diselenggarakan Cirebon Fintech Festival 2019 yaitu untuk memberikan edukasi dan pemahaman terkait perkembangan teknologi untuk mendorong inovasi ekonomi dan keuangan digital sebagai sumber pertumbuhan ekonomi.

BACA YUK:  Peringatan Hari Amal Bakti ke-76 Kementerian Agama, Kerukunan Umat Beragama di Kota Cirebon Sudah Baik

“Kalau secara umum CFF 2019 dilaksanakan dengan tujuan memberikan pemahaman kepada masyarakat terkait perkembangan teknologi khususnya terkait dengan ekonomi digital, inklusi keuangan dan ekosistemnya,” ujar Fadhil, Jumat (8/11/2019).

Lanjut Fadhil, selain memberikan pemahaman kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman terkait implementasi teknologi finansial oleh industri atau pelaku fintech secara langsung.

“Ini juga untuk memberikan inspirasi kepada generasi muda dan startup lokal khususnya di wilayah III Cirebon untuk berinovasi di bidang teknologi keuangan digital,” ungkapnga.

Selain itu, mengenalkan adanya alternatif transaksi pembayaran dan inovasi keuangan secara digital yang efektif dan efisien untuk mendorong kegiatan ekonomi pelaku usaha dan masyarakat.

Memberikan pengalaman (experience) secara langsung kepada masyarakat dalam melakukan transaksi keuangan digital, dengan menggunakan Quick Response Indonesian Standar (QRIS) yang dapat ditransaksikan di merchant penyelenggara fintech dalam kegiatan.

BACA YUK:  Satreskrim Polresta Cirebon Berhasil Tangkap Anggota Geng Motor yang Terlibat Pengeroyokan dan Penganiayaan

Memberikan ruang konsultasi dari regulator maupun industri, yang luas dan terbuka kepada masyarakat umum dan pelaku usaha untuk menggunakan layanan fintech, baik di bidang sistem pembayaran maupun lending/funding.

“Dan membuka peluang dan jalan hadirnya kolaborasi antara para penyelenggara fintech, pemerintah daerah, industri dan para pemangku kepentingan,” bebernya.

Kegiatan Fintech Festival akan diselenggarakan dalam 2 bentuk kegiatan yakni talkshow dan ekshibisi Fintech.

Talkshow nanti, kata Fadhil, akan ada pemaparan dan diskusi interaktif mengenai topik-topik yang berkaitan dengan teknologi dan digital ekonomi khususnya Fintech yang akan dipaparkan oleh para ahli baik dari regulator, pelaku bisnis Fintech dan narasumber lainnya.

“Kalau Ekshibisi Fintech ada booth penyelenggara Fintech untuk konsultasi dan coaching clinic kepada masyarakat atau pelaku bisnis untuk penggunaan layanan Fintech, termasuk layanan yang dapat dilakukan seperti pendaftaran merchant (Merchant on Boarding QRIS), layanan top up Uang Elektronik (UE), pembiayaan online, dsb,” jelasnya.

“Kegiatan ini akan dimeriahkan dengan penampilan artis nasional, tradisional dan modern dance, standup comedy, doorprize dan games,” pungkasnya. (AC212)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest News

Peduli Banjir Waled, DPC PKB Kabupaten Cirebon Dirikan Posko

Cirebon,- Banjir yang menggenang di wilayah Kecamatan Waled Kabupaten Cirebon beberapa hari lalu menyita banyak perhatian masyarakat, tak terkecuali...

Jaga Mimpi Pebasket Putri, GoBasket dan GMC Nyalakan Lagi Api Kompetisi

Cirebon,- Harapan menghidupkan kembali kompetisi basket putri di Indonesia belum pupus. GoBasket.id dan Generasi Muda Cirebon (GMC) berkolaborasi agar asa itu tetap menyala. Berbekal semangat...

Terus Kembangkan dan Lindungi UMKM, Batur Mba Wulan Gelar Acara “Ngopi”

Cirebon,- Sebagai wujud komitmen dan kepedulian akan pengembangan UMKM di Wilayah Cirebon, BMW (Batur Mba Wulan) menggelar diskusi bareng lewat Ngopi (Ngobrol Hepi) Bareng...

Hujan Deras di Kota Cirebon, Tumbangkan Pohon dan Timpa Pengendara

Cirebon,- Hujan deras dan angin kencang melanda Kota Cirebon pada Minggu sore, (23/01/2022) mengakibatkan pohon tumbang di Jalan Cipto Kota Cirebon dan menimpa pengendara...

More Articles Like This