Cari Bibit Pemain Usia Dini, Teman Basket Gelar Turnamen Bola Basket Antar SD

Cirebon,- Turnamen Bola Basket antar Sekolah Dasar (SD) di Kota Cirebon kembali digelar. Turnamen yang diselenggarakan oleh Teman Basket ini berlangsung dari tanggal 1 – 5 Februari 2023, di GOR GMC, Jalan Melati, Sutomo Kota Cirebon.

Turnamen Teman Basket Seri 3 Kategori SD 5×5 ini diikuti sebanyak 8 SD di Kota Cirebon. Kedelapan tim tersebut yakni SDN Kartini, SDN Karyamulya, SDK Penabur Plus, SD Kinderfield, SDK BPK Penabur, SD Al-Azhar, SD Santamaria, dan SDK Terang Bangsa Kota Cirebon.

Wilyandi, Ketua Pelaksana Turnamen Teman Basket Seri 3 mengatakan Turnamen Teman Basket ini sudah bergulir sejak pertengahan tahun 2022 yakni seri 1 dan seri 2 diselenggarakan dengan kategori 3×3.

BACA YUK:  Wabup Cirebon Pastikan Penanganan Remaja Tanpa Anus di Setu Wetan Sudah Baik

Untuk tahun 2023 ini, lanjut Wilyandi, mengawali Teman Basket seri 3 ini dengan kategori 5×5.

“Saat kita buat seri 1 dan seri 2 dengan kategori 3×3 itu, agar masing-masing sekolah bisa mempersiapkan timnya untuk kategori 5×5 ini. Karena kita sudah buat dua seri, saya pikir di tahun 2023 ini dimulai dari sekolah dasar membuat turnamen basket 5×5,” ujar Wilyandi kepada About Cirebon, Kamis (2/2/2023).

Teman Basket Seri 3 Kategori SD 5×5 ini, kata Wilyandi, diikuti sebanyak 8 tim dari 8 sekolah dasar di Kota Cirebon. Karena menurutnya, dengan waktu dari tanggal 1 – 5 Februari 2023 itu sudah sangat maksimal diikuti 8 tim.

BACA YUK:  Masyarakat Antusias Sambut Pembukaan Toko Pertama Uniqlo di Kota Cirebon

“Saya sempat menolak beberapa tim untuk ikut turnamen ini, karena kan dilaksanakan 5 hari dengan sistem 1/2 kompetisi dan dibagi menjadi dua pool. Masing-masing pool itu diikuti 4 sekolah, jadi setiap hari ketemu, setiap hari bertanding,” jelasnya.

Wilyandi menjelaskan diselenggarakannya turnamen bola basket ini bertujuan untuk pembinaan usia dini. Karena selama dua tahun karena pandemi COVID-19, Kota Cirebon kehilangan bibit pemain basket usia dini.

“Selama dua tahun pandemi itu sangat terasa sekali untuk kita tidak dapat pemain-pemain usia dini. Sehingga, dengan diselenggarakannya Teman Basket Seri 1-3 ini diharapkan bisa mendapatkan bibit-bibit pemain basket usia dini Kelompok U-10 untuk tim Kota Cirebon,” katanya.

BACA YUK:  Dukung Pemberangkatan Haji 2024, Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Barat Pastikan Stok Avtur Aman

Setelah Teman Basket Seri 3, kata Wilyandi, Teman Basket akan kembali menggelar turnamen untuk kategori 3×3 kembali untuk seri berikutnya. Selain itu, tahun ini juga bisa diselenggarakan untuk kategori 5×5 antar SMP dan SMA.

“Mudah-mudahan tahun ini bisa terselenggara di tahun ini semua. Karena turnamen bola basket Ini juga untuk persiapan Popkota tahun depan di Kota Cirebon,” pungkasnya. (HSY)

Bagikan:

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *