Cara Carsome Dukung Kesehatan Mental

Selama masa pandemi ini, kesehatan mental menjadi sama pentingnya dengan kesehatan fisik. Banyak perusahaan yang menyadari hal ini dan telah berusaha untuk membantu para karyawan. Salah satu perusahaan yang menjadikan kesehatan mental sebagai prioritas adalah Carsome. Berikut adalah sebuah tulisan Benjamin Koellmann, Chief Operating Officer Carsome yang berbagi cerita mengenai inisiatif- inisiatif Carsome untuk mendukung kesehatan mental yang bisa juga Anda terapkan di kantor / tempat kerja Anda.

Benjamin Koellmann, Chief Operating Officer Carsome

Kita hidup di zaman yang belum pernah terjadi sebelumnya, di mana bekerja dari rumah dan terisolasi dari teman-teman serta keluarga untuk jangka waktu yang lama telah menjadi sebuah norma. Dua tahun terakhir membutuhkan penyesuaian yang cukup banyak; pekerjaan dan kehidupan pribadi bercampur-aduk dan saling terkait, dan kita semua harus bisa menyeimbangkan kebutuhan pribadi/keluarga dengan menyelesaikan deadline dan pekerjaan yang semakin banyak.

Sebagai manusia, kita adalah makhluk sosial. Kita senang saat ada bersama orang lain dan interaksi sosial sangat penting untuk kesehatan psikologis dan fisik. Saat karyawan mulai bekerja secara jarak jauh (WFH – work from home) dikarenakan pandemi COVID-19, ekspektasi terhadap pekerjaan tetap sama, atau bahkan semakin tinggi karena beberapa bisnis sedang berjuang untuk
bisa bertahan sementara bisnis lain berusaha untuk memanfaatkan kesempatan pertumbuhan yang belum pernah terjadi sebelumnya berkat perubahan perilaku konsumen.

Carsome memahami bahwa masa ini bisa jadi tantangan bagi anggota tim kami, terutama mereka yang perlu mengurus keluarga. Karena itu, kami mengadakan inisiatif Self-care Month (Bulan Kepedulian Diri) sepanjang bulan Oktober yang lalu, sejalan dengan peringatan Hari Kesehatan Mental Sedunia pada tanggal 10 Oktober. Berikut adalah beberapa hal yang dilakukan para Carsomers dengan semangat #CarsomeCares:

BACA YUK:  Saung Raos, Warung Makan Khas Sunda di Tengah Kota Cirebon

Menormalisasi Diskusi Seputar Kesehatan Mental
Isu kesehatan mental sudah tidak asing bagi karyawan di seluruh tingkat organisasi. Berdasarkan berita dari berbagai sumber, lebih banyak orang telah melaporkan paling tidak satu gejala kondisi kesehatan mental selama setahun terakhir. Kami ingin para Carsomers merasa diberdayakan dalam meminta bantuan jika mengalami masalah atau kesulitan. Kami menjadwalkan berbagai pembicaraan seputar kesehatan mental selama bulan Oktober untuk meningkatkan kesadaran memberikan pencerahan seputar topik kesehatan mental yang relevan dan dapat bermanfaat bagi kita semua.

Diskusi Seputar Kesehatan Mental

Anggota tim kami adalah tulang punggung Carsome dan mereka telah menjadi bagian penting dalam pertumbuhan bisnis kami hingga bisa menjadi seperti sekarang ini. Kami ingin membantu mereka sebisa mungkin, terutama terkait kesehatan mental.

Dukungan Kesehatan Mental

Satu hal penting yang telah kita pelajari dari pandemi COVID-19 adalah berubahnya dukungan kesehatan mental dari hal yang “baik untuk dilakukan” menjadi sebuah keharusan dalam suatu bisnis. Selain obrolan dan percakapan, kami ingin memperluas dukungan menjadi sesuatu yang lebih nyata. Karena itu, kami bekerja sama dengan Doctor Anywhere dalam menyediakan Mental Health Self-Assessment Tool bagi para Carsomers untuk menilai diri dan mengenali tanda-tanda kecemasan.

Untuk mengembangkan ini selangkah lebih maju lagi, kami juga membayar biasa konsultasi dengan psikoterapis bagi karyawan yang membutuhkan. Kami memahami bahwa siapa pun bisa terpengaruh dan kami ingin memberikan dukungan kesehatan mental yang dibutuhkan anggota tim kami agar mereka tidak perlu mencemaskan biaya. Kami senang saat mendengar kalau 300 anggota tim merasakan manfaat dari alat penilaian diri. Selain itu, 10 anggota tim kami juga berhasil mendapatkan bantuan secara profesional.

BACA YUK:  Sukseskan Program Pemerintah, Skrining dan Deteksi TBC Gratis Digelar di Cirebon

Dengan penuh semangat #CarsomeCares, tim HR kami di semua wilayah bisnis kami, bekerja keras dalam menyiapkan care package yang kemudian dikirim ke lebih dari 2.000 Carsomers. Sangat menyenangkan untuk bisa melihat foto dan video para Carsomers yang telah menerima care package tersebut.

Gerakan untuk Jiwa
Kegiatan fisik terbukti dapat meningkatkan produksi endorfin, neurotransmiter (senyawa organik) di otak yang memberikan rasa senang. Karena itu, kami mengadakan kelas-kelas untuk pikiran, raga dan jiwa para Carsomers yang bisa mereka ikuti sepanjang bulan.

Virtual Yoga bersama Atilia Haron

Anggota tim yang sebelumnya belum pernah saling bertemu, berkesempatan untuk berkenalan dan membangun hubungan satu dengan yang lain saat melakukan aktivitas-aktivitas ini. Beberapa anggota tim berlatih yoga bersama instruktur dan praktisi yoga ternama, Atilia Haron. Beberapa anggota tim lainnya membuat origami untuk mengurangi stress.

Hari Kesehatan Mental

Tidak mudah untuk menyeimbangi kehidupan pribadi dan pekerjaan saat kita masih bekerja dari rumah. Meskipun menantang, Carsomers telah berusaha untuk memastikan tugas-tugas selesai selesai sesuai deadline dan pekerjaan terus berlangsung selama masa pandemic ini. Karena itu, kami telah mendedikasikan “hari kesehatan mental” dengan kegiatan tertentu untuk individu mau pun tim.

Wellness Wednesday
Dua minggu sekali di hari Rabu, setiap tim diajak untuk berkumpul dan mempererat hubungan melalui kegiatan seru di luar pekerjaan. Kami dapat melihat rasa bahagia para tim yang mengadakan kegiatan Wellness Wednesday dan merasakan serunya acara kumpul-kumpul virtual tersebut. Para Carsomers berkumpul untuk karaoke secara virtual, serta bermain permainan kata-kata, memicu kreativitas dan menjalin hubungan meski secara jarak jauh.

Kegiatan Wellness Wednesdays

Freedom Fridays
Masa pandemi telah menghasilkan istilah “Zoom fatigue”, di mana beberapa hari dipenuhi dengan back- to-back meeting. Sehingga, Freedom Fridays atau “hari Jumat tanpa meeting” sudah tidak mengejutkan. Freedom Fridays diadakan di dua hari Jumat di bulan Oktober dan memberikan kesempatan bagi anggota tim kami untuk berfokus pada pekerjaan yang tidak bisa diganggu. Freedom Fridays juga memungkinkan anggota tim untuk recharge dan merencanakan tugas-tugas untuk minggu berikutnya.

BACA YUK:  Rayakan Hari Susu Sedunia & Hari Susu Nusantara, Frisian Flag Indonesia Tegaskan Manfaat Susu di Setiap Tahap dan Sisi Kehidupan

#CarsomeCares
Berbagai kegiatan yang kami selenggarakan selama Self-care Month dilakukan dengan semangat #CarsomeCares dan bertujuan untuk membantu para Carsomer menghadapi situasi apa pun. Kami ingin anggota tim mengetahui bahwa Carsome peduli terhadap wellbeing mereka dan kami paham bahwa mereka bisa bekerja dengan sebaik mungkin saat mereka merasa bahagia dan terpenuhi. Tough times don’t last, but tough people do – bagi teman-teman di luar sana, tetap kuat dan jaga diri kalian. Kita akan melewati masa ini bersama!

Kegiatan #CarsomeCares di Indonesia

“Masa pandemi menyadarkan kita semua tentang pentingnya kesehatan mental. Selain mempertahankan daya tahan tubuh yang kuat, kita juga harus memiliki mental yang kuat untuk melewati masa yang menantang ini. Carsome sangat menghargai kerja keras setiap anggota tim kami dan kami berharap berbagai inisiatif dari Carsome dapat membantu meringankan beban mental para anggota tim. Semoga berbagai kegiatan yang telah kami lakukan dapat menginspirasi orang lain untuk juga mendukung kesehatan mental di tempat kerja.” Delly Nugraha, Country Head Carsome Indonesia. (*)

(Dilihat: 49 pengunjung)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.