Sabtu, 19 Oktober 2019

Bus Wisata Citros Resmi Diluncurkan di Kota Cirebon, Ini Rute dan Biayanya

Populer

Mahasiswa UPH Berikan Pelatihan di Desa Wisata Gerabah Sitiwinangun

Cirebon,- Guna mendukung pengembangan desa wisata, Universitas Pelita Harapan (UPH) memberikan pelatihan kepada masyarakat di Desa Sitiwinangun, Kecamatan Jamblang,...

Tim Densus 88 Amankan Seorang Terduga Teroris Di Kota Cirebon

Cirebon,- Tim Densus 88 Anti Teror mengamankan seorang terduga teroris di Kelurahan Panjunan, Kecamatan Lemahwungkuk, Kota Cirebon, Minggu (13/10/2019)...

Densus 88 Temukan Bahan Untuk Bom Racun Kimia di Cirebon

Cirebon - Tim Densus 88 Antiteror Mabes Polri terus melakukan gerilya memberantas jaringan teroris di wilayah Cirebon Jawa Barat....

Tim Densus 88 Anti Teror Kembali Tangkap Terduga Teroris di Kota Cirebon

Cirebon,- Tim Densus 88 Anti Teror kembali mengamankan seorang terduga teroris di wilayah hukum Polres Cirebon Kota, Senin (14/10/2019)...

Puluhan Peserta Dari Berbagai Daerah Ikuti Kejuaran Nasional Cirebon Brewers Championship 2019

Cirebon,- Puluhan peserta dari berbagai daerah mengikuti Cirebon Brewers Championship #CBrC2019 yang diselenggarakan oleh Cirebon Coffee Event, Sabtu (12/10/2019). Event...

Cirebon,- Bus Wisata Citros (Cirebon Tourism on Bus) resmi diluncurkan di Kota Cirebon yang berlangsung di Keraton Kasepuhan Cirebon, Sabtu (23/2/2019).

Peluncuran bus wisata tersebut diresmikan langsung oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jawa Barat, Iwa Karniwa, Wakil Wali Kota Cirebon, Eti Herawati, Sultan Sepuh XIV, PRA. Arief Natadiningrat, dan Kepala Dinas Pariwisata Jawa Barat, Dedi Taufik.

Wakil Ketua Organda Kota Cirebon, Karsono mengatakan rencananya bus wisata Citros akan mulai beroperasi di awal bulan Maret 2019.

“Karena kita masih menempuh persyaratan administrasi tentang kendaraan dan targetnya awal bulan Maret bisa beroperasi,” ujarnya kepada About Cirebon.

1. Fasilitas Bus Wisata Citros

Bus Wisata Citros dengan kapasitas untuk 20 penumpang tersebut rencananya akan dilengkapi dengan mini bar dan mini distro, oleh-oleh khas Cirebon, serta akan dipandu oleh guide.

“Karena bus wisata ini juga dilengkapi dengan sound system untuk menjelaskan tempat yang dilewati,” terang Karsono.

Bahkan, lanjut Karsono, penumpang bus wisata bisa mendapatkan informasi dari media sosial, karena sudah berkolaborasi dengan aplikasi Wistakon yang dimiliki Pemerintah Daerah Kota Cirebon.

2. Rute yang Dilalui

Trayek Bus Wisata Citros ini, akan dimulai dari tempat wisata religi di Makam Sunan Gunung Jati hingga kawasan belanja Batik Trusmi.

Karsono menjelaskan, bus wisata ini dimulai dari Gunung Jati kemudian Kota Tua, Keraton Kasepuhan, Keraton Kacirebonan, Gua Sunyaragi, lalu melewati Jalan Cipto Mangunkusumo, Jalan Kartini, Jalan Siliwangi Stasiun Kejaksan, dan mengarah ke Batik Trusmi.

“Dari Batik Trusmi, langsung ke Gunung Jati lagi,” bebernya.

Untuk pertama kali, kata Karsono, akan dilihat dalam sehari bisa berapa kali mengangkut penumpang, karena kita belum tahu ekstimasi waktu yang ditempuh dalam sekali jalan.

“Akan tetapi, bus wisata ini akan dimulai dari pukul 09.00 sampai 17.00 WIB. Namun, bila memungkinkan pada saat akhir pekan bisa sampai malam, kita juga akan coba sampai malam,” jelasnya.

Bila sudah mengetahui waktu yang ditempuh dari rute tersebut, menurut Karsono, jadwal keberangkatannya nanti bisa dilihat di aplikasi Wistakon. Bahkan, bus wisata ini sudah dilengkapi dengan GPS.

“Sehingga, kita bisa mengetahui bus wisata ini sudah sampai mana,” terang Karsono.

3. Naik dan Turun di Halte Khusus

Selain itu, Karsono mengatakan penumpang yang ingin berwisata dengan bus wisata Citros bisa naik di halte-halte khusus yang sudah disiapkan.

Bus Wisata Citros siap melayani para wisatawan di Cirebon

“Jadi nanti penumpang bisa naik dari tempat destinasi wisata. Yang jelas bus ini tidak menaikan dan menurunkan penumpang di sembarang tempat,” tegasnya.

“Kalaupun belum ada haltenya, naik dan turun tetap di titik-titik destinasi wisata yang sudah kita tentukan,” imbuh Karsono.

4. Biaya Bus Wisata

Sultan Kasepuhan, Sekda Jabar, Kepala Dinas Perhubungan Jawa Barat, Wakil Wali Kota Cirebon dan lainnya ikut mencoba Citros.

Untuk biayanya sendiri, kata Karsono, setiap tripnya hanya dikenakan Rp. 5 ribu saja. Walaupun masyarakat ingin keliling dari Gunung Jati sampai Batik Trusmi tetap dengan biaya Rp. 5 ribu.

“Kita berikan apresiasi untuk para penumpang agar gemar berwisata,” tandasnya. (AC212)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest News

Enam Bulan Dipantau, Kapolres Cirebon Raih Penghargaan Dari Lembaga Kajian Strategi Kepolisian Indonesia

Cirebon,- Kapolres Cirebon AKBP Suhermanto mendapat penghargaan dari Lembaga Kajian Strategis Kepolisian Indonesia (Lemkapi), Kamis (17/10/19) malam. Penyerahan penghargaan tersebut...

Meningkatkan Kualitas Peliputan Wartawan, Dewan Pers Gelar Workshop di Cirebon

Cirebon,- Pemilu Legislatif serta Pemilu Presiden & Wakil Presiden tahun 2019 telah dilaksanakan pada 17 April 2019. Hasil pemilu yang telah ditetapkan KPU, merupakan...

Peringati HUT TNI ke-74 dan Hari Santri Nasional, Kabupaten Cirebon Gelar Doa Untuk Negeri

Cirebon,- Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) TNI ke-74 dan Hari Santri Nasional (HSN) tahun 2019, Pemerintah Kabupaten Cirebon bersama TNI-Polri, pesantren dan...

Densus 88 Temukan Bahan Untuk Bom Racun Kimia di Cirebon

Cirebon - Tim Densus 88 Antiteror Mabes Polri terus melakukan gerilya memberantas jaringan teroris di wilayah Cirebon Jawa Barat. Terbaru, Tim Densus menangkap 2...

Driver Ojol Asal Cirebon Dapat Skuter Vespa dari Program Undian Smartfren WOW

Cirebon,- Raut muka bahagia terpancar dari wajah Sucipto Kusumo, warga asal Blok Petapean RT/RW 016/006 Palimanan Timur, Kabupaten Cirebon.Pasalnya, Sucipto tengah berbahagia bisa membawa...

More Articles Like This