Kamis, 2 Desember 2021

Bus Wisata Citros Resmi Diluncurkan di Kota Cirebon, Ini Rute dan Biayanya

Populer

Barisa Cafe Usung Konsep Pantai Lengkap dengan Pasirnya

Cirebon,- Jika kamu rindu dengan suasana pantai di Bali, kafe ini menghadirkan konsep dengan suasana pantai. Namanya Barisa Cafe,...

Geubrina Cafe Aceh, Kuliner Aceh Terlengkap di Kota Cirebon dan ini Promonya di Bulan Desember

Cirebon,- Aceh memiliki beragam kuliner yang khas untuk bisa dinikmati bagi para pecinta kuliner. Di Cirebon, terdapat kafe atau...

Catat Tanggalnya, TDA Cirebon Gandeng Lintas Institusi Gelar Pesta Wirausaha dan Vaksinasi

Cirebon,- Komunitas Tangan Di Atas (TDA) Cirebon bersama Polres Cirebon Kota, Pemerintah Daerah Kota Cirebon dan komunitas lainnya akan...

Pengurus Ikatan Alumni UGJ Cirebon Periode 2021 – 2025 Resmi Dilantik

Cirebon,- Pengurus Ikatan Alumni (IKA) Universitas Swadaya Gunung Jati (UGJ) periode 2021-2025 resmi dilantik. Pelantikan tersebut berlangsung di Ruang...

UMK Kota Cirebon Tahun 2022 Naik Sebesar Rp. 33 Ribu

Cirebon,- Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Cirebon dan Dewan Pengupahan Kota (Depeko) telah menggelar rapat penetapan Upah Minimum Kota...

Cirebon,- Bus Wisata Citros (Cirebon Tourism on Bus) resmi diluncurkan di Kota Cirebon yang berlangsung di Keraton Kasepuhan Cirebon, Sabtu (23/2/2019).

Peluncuran bus wisata tersebut diresmikan langsung oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jawa Barat, Iwa Karniwa, Wakil Wali Kota Cirebon, Eti Herawati, Sultan Sepuh XIV, PRA. Arief Natadiningrat, dan Kepala Dinas Pariwisata Jawa Barat, Dedi Taufik.

Wakil Ketua Organda Kota Cirebon, Karsono mengatakan rencananya bus wisata Citros akan mulai beroperasi di awal bulan Maret 2019.

Loading...

“Karena kita masih menempuh persyaratan administrasi tentang kendaraan dan targetnya awal bulan Maret bisa beroperasi,” ujarnya kepada About Cirebon.

1. Fasilitas Bus Wisata Citros

Bus Wisata Citros dengan kapasitas untuk 20 penumpang tersebut rencananya akan dilengkapi dengan mini bar dan mini distro, oleh-oleh khas Cirebon, serta akan dipandu oleh guide.

BACA YUK:  Akses Pendaftaran Jemaah Haji Lebih Cepat Via BSI Mobile

“Karena bus wisata ini juga dilengkapi dengan sound system untuk menjelaskan tempat yang dilewati,” terang Karsono.

Bahkan, lanjut Karsono, penumpang bus wisata bisa mendapatkan informasi dari media sosial, karena sudah berkolaborasi dengan aplikasi Wistakon yang dimiliki Pemerintah Daerah Kota Cirebon.

2. Rute yang Dilalui

Trayek Bus Wisata Citros ini, akan dimulai dari tempat wisata religi di Makam Sunan Gunung Jati hingga kawasan belanja Batik Trusmi.

Karsono menjelaskan, bus wisata ini dimulai dari Gunung Jati kemudian Kota Tua, Keraton Kasepuhan, Keraton Kacirebonan, Gua Sunyaragi, lalu melewati Jalan Cipto Mangunkusumo, Jalan Kartini, Jalan Siliwangi Stasiun Kejaksan, dan mengarah ke Batik Trusmi.

“Dari Batik Trusmi, langsung ke Gunung Jati lagi,” bebernya.

Untuk pertama kali, kata Karsono, akan dilihat dalam sehari bisa berapa kali mengangkut penumpang, karena kita belum tahu ekstimasi waktu yang ditempuh dalam sekali jalan.

BACA YUK:  Pengurus Baru Pengelola Goa Sunyaragi Terbentuk

“Akan tetapi, bus wisata ini akan dimulai dari pukul 09.00 sampai 17.00 WIB. Namun, bila memungkinkan pada saat akhir pekan bisa sampai malam, kita juga akan coba sampai malam,” jelasnya.

Bila sudah mengetahui waktu yang ditempuh dari rute tersebut, menurut Karsono, jadwal keberangkatannya nanti bisa dilihat di aplikasi Wistakon. Bahkan, bus wisata ini sudah dilengkapi dengan GPS.

“Sehingga, kita bisa mengetahui bus wisata ini sudah sampai mana,” terang Karsono.

3. Naik dan Turun di Halte Khusus

Selain itu, Karsono mengatakan penumpang yang ingin berwisata dengan bus wisata Citros bisa naik di halte-halte khusus yang sudah disiapkan.

Bus Wisata Citros siap melayani para wisatawan di Cirebon

“Jadi nanti penumpang bisa naik dari tempat destinasi wisata. Yang jelas bus ini tidak menaikan dan menurunkan penumpang di sembarang tempat,” tegasnya.

“Kalaupun belum ada haltenya, naik dan turun tetap di titik-titik destinasi wisata yang sudah kita tentukan,” imbuh Karsono.

4. Biaya Bus Wisata

Sultan Kasepuhan, Sekda Jabar, Kepala Dinas Perhubungan Jawa Barat, Wakil Wali Kota Cirebon dan lainnya ikut mencoba Citros.

Untuk biayanya sendiri, kata Karsono, setiap tripnya hanya dikenakan Rp. 5 ribu saja. Walaupun masyarakat ingin keliling dari Gunung Jati sampai Batik Trusmi tetap dengan biaya Rp. 5 ribu.

BACA YUK:  Pemkab Cirebon dan Pemkab Kuningan MoU Pengelolaan Sumber Daya Air

“Kita berikan apresiasi untuk para penumpang agar gemar berwisata,” tandasnya. (AC212)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest News

Kunjungi Kabupaten Cirebon, Wakil Menteri Pertanian Ajak Petani Gunakan Mesin Pertanian Modern

Cirebon,- Bupati Cirebon Drs. H. Imron mendampingi Wakil Menteri Pertanian, Harvick Hasnul Qolbi dalam kunjungan kerja ke area persawahan...

Berbagai Komoditas Naik, Kota Cirebon Alami Inflasi Sebesar 0,42 Persen

Cirebon,- Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Cirebon mencatat, pada November 2021 Kota Cirebon mengalami inflasi sebesar 0,42 persen dengan indeks harga konsumen (IHK) sebesar...

Waspada Penipuan, Beredar Donasi Tempat Ibadah Mengatasnamakan Wakil Wali Kota Cirebon

Cirebon,- Belakangan ini beredar terkait pembagian donasi tempat ibadah yang mengatasnamakan Wakil Walikota Cirebon, Dra. Eti Herawati melalui pesan singkat WhatsApp. Oknum tersebut menghubungi...

Setiap PNS Baru di Kota Cirebon Wajib Menanam Satu Pohon

Cirebon,- Sebanyak 213 Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) melakukan pengambilan sumpah dan janji menjadi Pegawai Negeri Sipil di lingkungan Pemerintah Daerah (Pemda) Kota Cirebon....

More Articles Like This