Bupati Imron: Momentum Refleksi Kilas Balik Pengabdian

Cirebon,- Puncak rangkaian kegiatan peringatan Hari Jadi ke-542 Kabupaten Cirebon ditandai dengan digelarnya Mapag Kanjeng Dalem yang diiringi dengan gamelan renteng, dan diakhiri dengan Rapat Paripurna Istimewa DPRD Kabupaten Cirebon, bertempat di Gedung Abhimata DPRD setempat, Selasa (2/4/2024).

Dengan balutan busana tradisional, Pj Gubernur Jawa Barat, Bey Machmudin, Bupati Cirebon, Drs. H. Imron, M.Ag, Wakil Bupati Cirebon, Hj. Wahyu Tjiptaningsih, SE., M.Si., bersama sejumlah pejabat di lingkup Pemerintah Kabupaten Cirebon, 50 anggota DPRD hingga pejabat daerah tetangga turut serta menghadiri prosesi kenegaraan dalam rangka menyambut lahirnya Kabupaten Cirebon.

Bupati Imron dalam sambutannya mengatakan, memperingati hari jadi, diharapkan akan dapat memberi manfaat yang multi dimensi. Momentumnya guna refleksi kilas balik pengabdian sepanjang tahun yang sudah berjalan.

Peran dan substansinya bisa dijadikan wahana introspeksi dan kaji ulang terhadap makna dan nilai kinerja, dalam rangka mengemban tanggung jawab pada lingkup tugas masing-masing.

BACA YUK:  Bupati Imron : Persiapan Pemilu 2024 di Kabupaten Cirebon Sudah Berjalan dengan Baik

“Hari jadi adalah tonggak sejarah yang berperan sebagai rujukan dalam memacu semangat membangun daerah. Implikasinya akan sangat berbobot, dalam rangka mengisi pembangunan dalam skala nasional,” ujar Imron.

Imron menjelaskan, bahwa untuk menyelaraskan kedudukan hari jadi dengan semangat nasionalisme, guna memperkuat kecintaan kepada bangsa dan negara.

Aktualisasi dari semangat hari jadi tersebut, kemudian diungkap kembali dalam tekad bersama, berupaya untuk mewujudkan motto juang Kabupaten Cirebon berprestasi. Didalamnya, dibutuhkan pengabdian aparatur pemerintah beserta masyarakat, guna menghasilkan kinerja yang terbaik.

“Untuk itu, saya senantiasa mengingatkan dan mengajak seluruh potensi masyarakat Kabupaten Cirebon, untuk mengutamakan semangat kebersamaan dan kekompakan dalam mewujudkan cita-cita yang luhur, sesuai dengan pesan dari Sunan Gunung Jati, yaitu “Anggayuha sira maring kaluhuran”,” lanjut Imron.

BACA YUK:  Bupati Cirebon Buka Festival Ponpes Al Hikmah

Kabupaten Cirebon mempunyai sesuatu yang unik dan tidak dimiliki oleh wilayah lainnya, seperti bangunan bersejarah, keraton dan pusat syiar Islam Gunung Jati.

Selain itu, seni budaya dengan kekhasannya, baik seni tari, lukis, batik, kuliner yang beraneka ragam dan lain-lainnya, serta kedudukan geografis yang strategis maupun potensi kelautan dan pertanian yang luar biasa kayanya.

Guna terciptanya visi misi daerah, maka diperlukan adanya upaya dari pemerintah melalui misi daerah yang dilakukan dengan tujuan, diantaranya dalam mewujudkan masyarakat Kabupaten Cirebon yang menjunjung tinggi dan melestarikan budaya, tradisi, serta adat istiadat.

Kemudian, meningkatkan kualitas hidup masyarakat melalui pemenuhan kebutuhan dasar masyarakat, peningkatan kualitas pendidikan dan pelatihan, kesehatan dan ekonomi.

“Meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat Kabupaten Cirebon yang senantiasa menerapkan nilai agama, budi pekerti, santun dan beretika,” tukas Imron.

BACA YUK:  Pemkab Cirebon Siap Dukung Kelancaran Arus Lebaran 2024

Selain itu juga diharapkan dapat meningkatkan produktivitas masyarakat untuk lebih maju dan unggul, sehingga dapat menambah daya saing, baik di pasar internasional maupun regional, yang didukung peningkatan kapasitas aparatur pemerintah daerah,” tambahnya.

“Serta memelihara keamanan dan ketertiban umum untuk mewujudkan kondisifitas daerah, guna mendukung terciptanya stabilitas nasional,” sambungnya.

Masih dikatakan Imron, peringatan Hari Jadi ke-542 tahun 2024 kali ini mengusung tema “Cirebon Sun Kelangon ”, yang artinya Cirebon Saya Rindu Berat.

Dirinya juga mengucapkan terima kasih kepada para pimpinan pendahulu dan para tokoh pemuka masyarakat Cirebon, atas segala prestasi yang telah ditorehkan dan jasa-jasa yang telah diberikan guna kemajuan daerah ini.

“Kepada seluruh masyarakat Kabupaten Cirebon, saya juga berterima kasih atas partisipasi dan dukungannya,” tutupnya.

Bagikan:

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *