Bulog Cirebon Pastikan Selalu Menjaga Mutu Beras

Cirebon – Perum Bulog Cabang Cirebon Jawa Barat memastikan tidak ada beras yang dibuang setelah isu adanya rencana Bulog akan membuang sebanyak 20 ribu ton beras yang mengalami penurunan mutu.

Saat ini Bulog Cirebon memiliki stok beras sebanyak lebih dari 101 ribu ton cadangan beras di 10 komplek pergudangan. Diasumsikan stok tersebut mampu memenuhi kebutuhan pangan di wilayah Cirebon, Kuningan dan Majalengka hingga tahun 2021 mendatang. Bahkan pada tahun 2019 ini, Perum Bulog Cirebon mampu melakukan penyerapan tertinggi secara nasional sekitar 79 ribu ton. Sehingga tidak ada beras yang mengalami penurunan mutu.

BACA YUK:  Prakiraan Cuaca Kota Cirebon, 23 April 2022

“Stok di kita kurang lebih 101 ribu ton dengan asumsi bisa cukupi hingga bulan juli 2021. Kualitas kami upayakan kualitas ini tetap terjamin,” ujar Chrivson Tua Situmorang, Wakil Pimpinan Perum Bulog Cabang Cirebon yang ditemui, Rabu (4/12/2019).

Pihak Bulog Cirebon mengaku juga sudah memiliki standar maintenance atau pemeliharaan rutin yang dilakukan untuk menjaga penurunan kualitas beras atau mutu beras di 10 komplek pergudangan. Pemeliharaan dilakukan setiap hari dengan membersihkan gudang dan menjaga suhu udara gudang. Bahkan setiap bulan petugas melakukan pemeliharaan dengan cara spraying dan fumigasi untuk pencegahan dan pemberantasan hama.

BACA YUK:  All New Ertiga Hybrid Resmi Diluncurkan di Kota Cirebon

Pemerliharaan tersebut dilakukan agar kualitas beras di seluruh gudang tetap dalam kondisi baik sehingga tidak mengalami penurunan dan masih layak untuk didistribusikan.

Gudang Beras Bulog Cirebon

“Bulog di kita memiliki SOP pemeliharaan mutu di gudang setiap hari secara rutin kebersihan dan hindari kotoran serta hama. Secara bulanan juga ada pemeliharaan dengan cara spraying dan fumigasi untuk jaga hama dan kotoran-kotoran lainya. Penurunan kualitas itu bukan barangnya jelek karena sifat alamiah barang itu sendiri. Sebenarnya diatas 6 bulan memang ada penurunan tapi kualitas tetap baik dan kita lakukan pemeliharaan itu” ditambahkan Chrivson.

BACA YUK:  Warga Pegajahan Selatan Kota Cirebon Bisa Raup Rupiah dari Program Bank Sampah

Perum Bulog Cirebon selama ini melakukan penyerapan beras dengan kualitas baik. Sementara hingga saat ini penyaluran terhadap kebutuhan beras masih lancar dilkukan dan tetap menjaga stabilitas harga beras di masyarakat. (AC350)

(Dilihat: 17 pengunjung)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.