Bulan Desember 2022, Perajin Batik di Indonesia akan Berkumpul di Cirebon

Cirebon,- Perhelatan Cirebon Batik Festival akan digelar di Kota Cirebon pada Desember 2022 mendatang. Rencananya, pada perhelatan tersebut akan dihadiri dari berbagai daerah Indonesia yang memiliki penghasil batik.

Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah Perdagangan dan Perekonomian (DKUKMPP) Kota Cirebon, Iing Daiman, S.IP., M.Si. menjelaskan Cirebon Batik Festival direncanakan digelar di bulan Desember 2022 mendatang. Cirebon Batik Festival sebagai media literasi dan edukasi tentang batik serta untuk menggairahkan perekonomian.

“Selain kuliner, Cirebon juga menjadi ikonnya batik. Ini yang menjadi alasan digelarnya acara ini,” kata Iing, Selasa (1/11/2022).

BACA YUK:  D'Cost Hadir Kembali di CSB Mall dengan Wajah Baru

Selain itu, kata Iing, Cirebon Batik Festival digelar sebagai media literasi dan edukasi batik sebagai warisan budaya dunia yang diakui oleh UNESCO. Adapun peserta Cirebon Batik Festival nantinya tidak hanya dari Kota Cirebon, namun juga dari berbagai daerah penghasil batik di Indonesia.

“Harapannya bisa sebanyak mungkin partisipasi. Tidak hanya Jabar tapi juga daerah lain penghasil batik di Indonesia akan hadir ke Kota Cirebon,” kata Iing.

Pihaknya juga telah menginventarisir daerah produsen batik untuk bisa berpartisipasi di Cirebon Batik Festival mendatang. Diskusi dengan berbagai pihak, termasuk dengan tokoh batik nasional, Dr. H. Komarudin Kudiya S.Ip., M.Ds, untuk meminta masukan dan saran juga dilakukan.

BACA YUK:  Kini Aston Cirebon Miliki WhatsApp Bisnis Official

“Mudah-mudahan event ini bisa menggairahkan UMKM di bidang batik dan kriya,” harapnya.

Sementara itu, tokoh batik nasional yang berasal dari Cirebon dan Founder Rumah Batik Komar, Dr. H. Komarudin Kudiya S.Ip., M.Ds, menyambut baik event Cirebon Batik Festival.

“Kalau saya sih mendukung sekali. Apalagi mengundang perajin batik dari daerah lain. Perajin batik dari Cirebon juga bisa belajar dari perajin batik daerah lain,” kata Komar.

Cirebon Batik Festival juga akan menggairahkan perekonomian terutama jika terjalin kerja sama dan transaksi ekonomi. Namun Komar juga meminta agar strategi perencanaan dilakukan dengan baik sehingga Cirebon Batik Festival bisa berjalan dengan sukses. (HSY)

BACA YUK:  Gempa Guncang Cianjur, Disaster Management Center DD Langsung Terjunkan Tim Respon Cepat

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *