Selasa, 25 Januari 2022

Budidaya Lele, Bhayangkari Cabang Polres Cirebon Kota Lakukan Panen Perdana

Populer

Bakso Rusuk Joss Sajikan Menu Fenomenal dan Tempat yang Nyaman

Cirebon,- Kamu pecinta bakso? Jangan ngaku pecinta bakso kalau kamu belum coba bakso yang unik, viral dan fenomenal ini,...

Ramaikan Wisata Kuliner, Kedai 1818 Buka Cabang Baru di Sinapeul Majalengka

Cirebon,- Setelah sukses membuka cabang di berbagai daerah, Crab 1818 kini membuka kembali di Majalengka, Sabtu (22/1/2022). Lokasinya berada...

Deteksi Dini Semakin Krusial Cegah Progresivitas Glaukoma, Faktor Anatomis Turut Berpengaruh Memicu Glaukoma Primer Sudut Tertutup Kronis

Jakarta,– Nyaris tak memiliki gejala pada tahap awal, glaukoma berpotensi memberi impak yang lebih fatal: kebutaan permanen. Peningkatan tekanan...

Kerja Sama dengan Kodim 0620/Cirebon, Aston Cirebon Jalani Vaksin Booster COVID-19

Cirebon,- Aston Cirebon Hotel & Convention Center menggelar vaksinasi COVID-19 dosis ketiga atau booster untuk seluruh karyawan, Sabtu (22/1/2022)....

Mulai Tahun 2023 Tenaga Honorer Dihapus, ini Kata Sekda Kota Cirebon

Cirebon,- Pemerintah pusat melalui Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) menghapus tenaga honorer pada tahun 2023 mendatang....

Cirebon,- Setelah sukses meluncurkan Taman Edukasi Bhayangkari Sanika Satyawada pada tanggal 8 Agustus 2019 lalu, Bhayangkari Polres Cirebon Kota melakukan panen lele perdana, Jumat (27/9/2019).

Taman Edukasi yang berada di Asrama Polisi Pesisir, Jalan Samadikun, Kota Cirebon ini terdapat kolam lele, apotek hidup, dan juga berbagai jenis tanaman yang bisa di konsumsi.

1. Panen Perdana

Loading...

Ketua Bhayangkari Cabang Cirebon Kota, Yenny Roland mengatakan hari ini merupakan panen perdana untuk budidaya lele di Taman Edukasi Bhayangkari Sanika Satyawada.

“Sebelumnya, kita pernah melakukan budidaya lele namun tidak jalan. Tetapi sekarang karena ada teknologi baru dan Pak Ardinar yang memang pakar dalam hal ini,” ujarnya kepada About Cirebon.

BACA YUK:  XL Axiata Bermitra dengan MoEngage untuk Memberikan Pengalaman Digital yang Dipersonalisasi ke Lebih dari 57 Juta Pelanggan di Indonesia

“Sehingga, kita mencoba mengembakan hal yang sederhana ini, agar bagaimana bisa melibatkan dan memberdayakan Bhayangkari,” imbuhnya.

Dengan adanya budidaya lele yang melibatkan Bhayangkari, kata Yenny, tujuan simpelnya adalah untuk membantu perekonomian keluarga.

Yenny menjelaskan, Ardinar merupakan salah satu anggota Polres Cirebon Kota yang memang mempunyai ide-ide dan teknologi yang diciptakan oleh beliau.

“Pak Ardinar ini memang tertarik, menguasi, dan banyak sekali belajar tentang budidaya lele. Beliau ini sudah menciptakan sistem pengairan, dan bagaimana menciptakan kolam lele dengan terpal,” terangnya.

“Sehingga, dengan adanya inovasi-inovasi beliau, dapat dipercaya bisa menghasilkan yang lebih optimal dibanding dengan budidaya yang konvensional,” tambahnya.

2. Pastikan Buyer Sebelum Budidaya

Sebelum melakukan budidaya lele, pihaknya sudah bekerja sama dengan buyer yang siap menampung hasil budidaya lele di Taman Edukasi tersebut.

“Sehingga, jangan sampai kita sudah budidaya lele yang cukup baik dengan maksimal hasilnya, tetapi tidak diserap di pasar,” kata Yenny.

“Jadi kita pastikan dulu, pada saat pertama ingin budidaya lele, sudah ada buyer yang mau membeli hasilnya,” imbuhnya.

BACA YUK:  Dua Hari ke Depan Vaksinasi Anak di Kota Cirebon Tercapai

3. Hasilnya Dipergunakan Untuk Kegiatan Sosial

Dari hasil penjualan budidaya lele, kata Yenny, akan dibagi dengan sistem bagi hasil, karena program budidaya lele ini bekerja sama antara dinas, Bhayangkari, dan juga tim Pak Ardinar.

“Ada sistem bagi hasil di internal yah. Tapi, ide yang utamanya adalah untuk memberikan kemandirian Bhayangkari dan hasilnya ini sendiri akan dipergunakan untuk membiyayai kegiatan-kegiatan sosial Bhayangkari,” jelasnya.

4. Melibatkan Bhayangkari

Budidaya Lele yang dilakukan oleh Bhayangkari Cabang Polres Cirebon Kota, menurut Yenny, masih dalam fase belajar untuk mendalami bagaimana cara yang baik dalam melakukan budidaya lele.

“Bhayangkari pun ini sejak awal, kita coba untuk mengencourage bagaimana proses dari awal sampai akhir. Jadi kita tidak lepas tangan sama sekali,” terang Yenny.

Bhayangkari juga, tambah Yenny, diajarkan bagaimana cara memilih pelet, pemilihan bibit dan kebetulan bibit banyak disupport oleh Dinas Perikanan. Sehingga dari awal penebaran hingga panen, melibatkan Bhayangkari.

“Bhayangkari sendiri nanti, kalau pun mereka sudah paham caranya, mungkin bisa berternak sendiri. Harapanya seperti itu, bisa memenuhi kebutuhan keluarga dan bisa memasarkan keluar,” harap Yenny. (AC212)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest News

Rayakan Hari Jadi yang Pertama, GH Kopi Cirebon Gelar Event GH Jazz Day

Cirebon,- Green House (GH) Kopi Cirebon yang berlokasi di Jalan Sultan Ageng Tirtayasa No. 113, Kedungjaya, Kabupaten Cirebon menggelar...

Pemda Kota Cirebon Mulai Pelaksanaan Vaksinasi Booster COVID-19 untuk Lansia dan Pelayanan Publik

Cirebon,- Pemerintah Daerah (Pemda) Kota Cirebon mulai menjalankan program vaksinasi dosis tiga atau booster. Pelaksanaan vaksinasi COVID-19 dosis ketiga tersebut berlangsung di Gedung Sekretariat...

Kementerian PUPR Targetkan Seluruh Seksi Tol Cisumdawu Rampung Tahun 2022

Bandung,- Jalan Tol Cisumdawu Seksi 1 baru saja diresmikan Senin 24 Januari 2022, selanjutnya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat menargetkan seluruh proyek selesai...

Mulai Besok Pagi, Tol Cisumdawu Seksi I Terapkan Tarif Gratis Selama Dua Minggu

Bandung,- Tol Cisumdawu dibuka mulai besok, Selasa (25/01/22) pukul 06.00 untuk seksi I sepanjang 11,45 kilometer yang menghubungkan antara Cileunyi dan Pamulihan. Adapun tarif tol...

More Articles Like This