Budayawan Asal Amerika Kunjungi Cirebon

Cirebon, 3 Agustus 2016,- Budayawan asal Amerika Serikat Mr. Erik North beserta rombongan mengujungi Keraton Kacirebonan, Jalan Pulasaren, Kota Cirebon, Rabu malam (03/08/2016).

Mr. Erik North merupakan budayawan yang mempelajari budaya Cirebon, bersilaturahmi dengan Sultan Kacirebonan dan menikmati sajian Nasi Bogana di Pawon Bogana Keraton Kacirebonan.

Sultah Kacirebonan, Pangeran Raja Abdul Ghani Natadiningrat S.E menyampaikan, terima kasih kepada Mr. Erik North atas upaya mempelajari dan peduli dengan budaya Cirebon terutama bidang Karawitan sejak 40 tahun lalu.

BACA YUK:  Libur Lebaran 2022, Kunjungan Tempat Wisata dan Hotel di Kota Cirebon Meningkat

Begitu banyak kesenian Cirebon yang terselamatkan oleh beliau. Beliau akan melakukan perjalanan budaya di Cirebon dengan mengunjungi seniman dan budayawan di Cirebon untuk memberikan semangat dalam melestarikan budaya Cirebon.

“Saat sekarang ini sungguh semarak generasi-generasi muda sudah mau mencintai budaya. Walau bagaimanapun juga, kita berupaya terus menjaga dan melestarikan seni-seni nilai budaya kita. Sungguh agung, bahwa nilai budaya ini sangat mempunyai makna untuk generasi muda,” ujarnya.

Selain itu, Mr. Erik North mengatakan, malam ini sangat special untuk kami yang datang dari California langsung ke Indonesia. Kami bukan ke Bali, bukan ke Yogyakarta, tetapi kami langsung ke Cirebon, karena Cirebon merupakan pusat seni budaya sangat special dan sangat bersejarah.

BACA YUK:  AIA dan CIMB Niaga Luncurkan Fortuna Berkah, Proteksi Penyakit Kritis dengan Manfaat Proteksi Tambahan Ibadah Haji dan Umrah

Banyak sekali sanggar di Cirebon yang masih sangat aktif untuk melestarikan budaya seperti bidang gamelan. Nanti kita bisa bekerja sama untuk saling menyemangati, agar masyarakat disini peduli oleh budaya sendiri.

“Ini merupakan yang kesepuluh kali saya mengujungi Cirebon. Pada tahun 1976 awal saya mengunjungi Cirebon dan tahun ini tepat 40 tahun yang lalu ke Cirebon,” tambahnya.

Mr. Erik North akan mengujungi keraton-keraton Cirebon dengan bekerja sama untuk melestarikan budaya Cirebon bersama Sanggar Sinar Surya dari Amerika.

BACA YUK:  Siap-siap, 18 Taman di Kota Cirebon akan Dilakukan Pembangunan

Pada Jumat, 12 Agustus 2016 mendatang, Sanggar Sinar Surya dari Amerika Serikat akan menghibur dengan bermain gamelan di Keraton Kacirebonan. Acara akan berlangsung mulai pukul 13.00 WIB hingga 20.00 WIB dan terbuka untuk umum. (AC212)

(Dilihat: 18 pengunjung)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.