BRT Cirebon Koridor Dua Diluncurkan 19 Juli 2023, Selama 4 Hari Gratis

Cirebon,- Bus Rapid Transit (BRT) atau Bus Trans Cirebon meluncurkan rute baru yang dapat mengakomodir masyarakat Kota Cirebon. Peluncurkan rute baru atau koridor dua itu, akan diresmikan pada tanggal 19 Juli 2023, bertepatan dengan Hari Jadi ke-654 Kota Cirebon.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Cirebon, Andi Armawan mengatakan BRT Koridor dua akan dilaunching pada tanggal 19 Juli 2023 atau bertepatan dengan Hari Jadi ke-654 Kota Cirebon. Koridor dua ini, lanjut Andi, akan menjangkau masyarakat di wilayah selatan Kota Cirebon.

“Menariknya BRT koridor dua ini akan masuk ke wilayah selatan Kota Cirebon, Argasunya. Rute ini sangat ditunggu oleh masyarakat,” ujar Andi saat ditemui About Cirebon di Gedung Setda Kota Cirebon, Senin (17/7/2023).

BACA YUK:  Bukber di Hotel Santika Premiere Linggarjati Ditemani Pemandangan Gunung Ciremai

Di wilayah selatan Kota Cirebon, kata Andi, memang terdapat beberapa kendala, seperti jalan yang kurang lebar. Namun, pihaknya memastikan hadirnya BRT di wilayah selatan Kota Cirebon itu, sebagai awal perubahan.

“Rute koridor dua ini kita menyiapkan tiga armada BRT. Kami memang mengalami kendala anggaran, karena anggaran untuk koridor dua ini menggunakan anggaran subsidi tahun 2023 sebesar Rp. 1,5 Miliar. Dari anggaran itu, sudah terpakai untuk koridor satu dari bulan Januari sampai Mei 2023 sebesar Rp. 575 juta. Sisanya, akan digunakan untuk subsidi di koridor dua,” katanya.

Sementara itu, Kepala Bidang Angkutan dan Multimoda Dinas Perhubungan Kota Cirebon, Catur Wulan Anggraeni menambahkan untuk rute koridor dua itu menempuh jarak 30 km dengan waktu tempuh 120 menit. Lanjut Catur, jarak jadwal bus satu dengan bus kedua memakan waktu 40 sampai 50 menit.

BACA YUK:  Mudahkan Peserta JKN, BPJS Kesehatan Tetap Berikan Layanan Kesehatan Selama Libur Lebaran

“Rute ini akan beroperasi dari pukul 06.00 sampai 18.00 WIB setiap harinya. Untuk bus stop dan halte, kami memiliki total sebanyak 45,” ujar Catur.

BRT Koridor Dua ini dimulai dari Terminal Harjamukti – jl. Jend. A.Yani – Jl. Kanggrakan – jl. Jend. Sudirman – jl Angkasa Raya – jl. Katiasa – jl. Pramuka – U turn jl. Pramuka (Cadas ngampar) – jl. Angkasa – jl. Angkasa Raya – jl. Jend. Sudirman – jl. Kalitanjung – jl. Evakuasi – jl. Brigjen Dharsono (By.Pass) – jl. Pemuda – jl. DR. Cipto MK – jl. Tentara Pelajar – jl. Sukalila Selatan – jl. Siliwangi – jl. Veteran – jl. Sisingamangaraja – jl. Benteng – jl. Merdeka – jl. Pulasaren – jl. Kutagara – jl. Pangeran Drajat – jl. Rajawali Raya – Jl. Jend.A. yani dan kembali ke Terminal Harjamukti.

BACA YUK:  Alumni KNPI Kota Cirebon Gelar Reuni, Inginkan Sosok Wali Kota dari Internal

“BRT Koridor Dua ini kan akan di launching pada tanggal 19 Juli 2023 dan akan mulai beroperasional mulai 20 Juli 2023. Untuk tanggal 20 sampai 23 Juli 2023 kita gratisan dan mulai Senin 24 Juli 2023 sudah dikenakan tarif,” katanya.

“Untuk tarif BRT ini kita kenakan Rp. 5000 untuk umum dan pelajar Rp. 3.500,” pungkasnya. (HSY)

Bagikan:

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *