BPBD Kota Cirebon Siapkan Antisipasi Hadapi Bencana di Musim Hujan

Cirebon,- Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Cirebon mulai mempersiapkan upaya meminimalisir terjadi bencana di musim penghujan tahun ini. Pihaknya meminta untuk segera dilakukan apel gabungan kepada pimpinan daerah.

Kepala BPBD Kota Cirebon, Khaerul Bahtiar mengatakan urusan kebencanaan bukan saja urusan BPBD, namun menjadi tanggung jawab semua pihak.

“Urusan kebencanaan bukan menjadi urusan murni BPBD, namun permasalahan kebencanaan harus diselesaikan bersama dengan instansi terkait dan masyarakat yang berada di titik kebencanaan,” ujar Khaerul saat ditemui About Cirebon di Balaikota Cirebon, Selasa (21/9/2021).

BACA YUK:  Universitas Bhayangkara Jakarta Raya Berikan Edukasi Hukum Bermedia Sosial di SMKN 1 Mundu

Menurut Khaerul, pihaknya sudah menyiapkan hal-hal yang bersifat teknis tentang kesiapsiagaan peralatan menghadapi kebencanaan.

“Misalnya banjir, apa sih yang harus kita siapkan. Kemudian langkah selanjutnya yang harus disiapkan ketika bencana, sudah kami siapkan,” ungkapnya.

Berdasarkan prediksi dari BMKG, kata Khaerul, curah hujan yang akan terjadi tahun ini di Kota Cirebon akan lebih besar dibanding tahun lalu. Sehingga, diperlukan kesiapsiagaan dari awal untuk menghadapi kebencanaan.

“Selain banjir, yang diprediksi kebencanaan di Kota Cirebon adalah angin, karena ciri khas angin di Cirebon adalah angin kumbang. Ini juga diantisipasi dan dihimbau untuk pengguna jalan tetap berhati-hati dan hindari jalan ada pohon besar,” katanya.

BACA YUK:  Bosch Black Collection : Peralatan Dapur Built-in Minimalis, Elegan dan Timeless untuk Kaum Urban

BPBD Kota Cirebon, kata Khaerul, merupakan pasukan yang siap dalam 24 jam untuk mengatasi kebencanaan. Namun, manakala diperlukan di instansi lain pihaknya juga siap.

“Alhamdulillah personil BPBD Kota Cirebon ada sebanyak 40 orang. Ada 15 orang merupakan PNS dan 25 orang Pusdalops. Untuk fasilitas alat, kita memiliki 15 tenda dengan 3 ukuran, alat sedot air, hingga pelampung 30,” pungkasnya. (AC212)

(Dilihat: 16 pengunjung)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.