BPBD Kabupaten Cirebon Terima Trailer Dapur Umum dari BNPB Pusat

Cirebon,- Pemerintah Kabupaten Cirebon melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) mendapatkan satu unit Trailer Dapur Lapangan dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). Untuk wilayah Provinsi Jawa Barat, hanya Kabupaten Cirebon yang mendapatkan.

Usai menerima, Bupati Cirebon, Drs. H. Imron M.Ag mengucapkan terima kasih atas bantuan yang diberikan oleh BNPB. Menurutnya, bantuan ini sangat bermanfaat bagi penyediaan pangan untuk korban bencana.

“Kendaraan ini sangat bermanfaat, khususnya di wilayah bencana. Masyarakat jika perlu fasilitas dapur umum, maka mobil ini bisa dipergunakan,” ujar Imron.

BACA YUK:  UMKM di Kota Cirebon Segera Miliki NIB, Pengurusan NIB Semakin Mudah

Disinggung mengenai diperolehnya bantuan, Imron tak menampik, bahwa wilayah Kabupaten Cirebon termasuk daerah rawan bencana. Hanya saja, dirinya juga mengaku senang dengan kinerja BPBD yang terbukti bisa mendapatkan bantuan dari pemerintah pusat.

“Ini hasil kerja dan lobi BPBD Kabupaten Cirebon. Saya selalu meminta kepada dinas untuk tetap menjalin komunikasi dengan pemerintah pusat maupun provinsi. BPBD sudah membuktikan kalau komunikasi yang baik, akan menghasilkan sesuatu yang baik pula,” tambahnya.

Sementara itu, Kepala BPBD Kabupaten Cirebon, Dr. Alex Suheriyawan mengatakan bantuan ini hasil pengajuan BPBD kepada BNPB. Dia beralasan, situasi cuaca di wilayah Kabupaten Cirebon yang tidak menentu, membuat pihaknya berinisiatif memohon bantuan trailer dapur lapangan ini.

BACA YUK:  Emmeril Masih Belum Ditemukan, Ridwan Kamil Mohon Doa dari Masyarakat

“Bukan hanya untuk Kabupaten Cirebon saja, jika daerah tetangga memerlukannya juga bisa, selama ada koordinasi dengan kita,” terangnya.

Untuk pengelolaannya kedepan, Alex menyebut akan bekerja sama dengan Dinas Sosial guna pemenuhan bahan pangannya. Menurutnya, selama ini untuk dapur umum disediakan oleh Dinsos.

“Apabila ada dua tempat terjadinya bencana, maka dapur umum bisa dihandle oleh BPBD dan Dinsos. Kita akan terus berkolaborasi, karena pada dasarnya, trailer dapur lapangan ini memiliki fasilitas yang cukup komplit dan bisa dimanfaatkan secara maksimal,” tutupnya. (HSY)

BACA YUK:  Aksi Unjuk Rasa Mahasiswa di Cirebon, ini Tuntutannya
(Dilihat: 25 pengunjung)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.