Bingung Pilih Bumbu Kuah Bakso Instan yang Enak dan Berkualitas? Perhatikan 7 Hal Ini

Bakso menjadi salah satu makanan yang sangat merakyat di Indonesia. Hal ini lantaran bakso bisa ditemui di mana pun, tidak terkecuali di pinggir jalan.

Sebab kepopulerannya di kalangan masyarakat Indonesia menjadikan banyak kreasi bakso yang bermunculan. Tidak hanya itu, banyak orang yang juga mencoba memasak sendiri bakso agar lebih hemat dan lebih sehat.

Sementara itu, perusahaan-perusahaan yang bergerak dalam produksi makanan instan juga tidak mau ketinggalan melihat populernya bakso di masyarakat Indonesia.

Banyak perusahaan yang akhirnya mencoba membuat bumbu kuah bakso instan agar memudahkan masyarakat yang ingin memasak bakso tapi tidak mau ribet dengan proses membuat bumbu kuahnya.

Meski demikian, tidak banyak bumbu kuah bakso instan yang punya cita rasa yang enak. Ada beberapa produk bumbu kuah bakso instan tidak sesuai ekspektasi masyarakat.

Lalu, bagaimana cara memilih produk bumbu kuah bakso instan yang terjamin enak? Yuk simak tips memilih bumbu kuah bakso instan yang enak berikut ini versi ceklist.id

  1. Mengetahui bentuk bumbu kuah bakso instan

Tips yang pertama, bumbu kuah bakso instan yang enak bisa dicek melalui bentuknya. Sebab, bakso yang enak dan diolah dengan tepat juga dilihat berdasarkan rasa kuahnya.

Nah, perlu Anda tahu bahwa bumbu kuah bakso instan sendiri terdiri dari dua bentuk, yaitu pasta dan bubuk.

Untuk bumbu kuah bakso instan bubuk sendiri dikemas dengan beragam ukuran dan harganya juga cukup terjangkau. Kelebihan dari bumbu kuah bakso instan sendiri dalam pemakaiannya sudah bisa langsung dimasukkan ke dalam olahan bakso dan diaduk hingga merata, tanpa perlu ditumis terlebih dahulu.

Sedangkan untuk bumbu kuah bakso instan yang berbentuk pasta biasanya perlu ditumis dahulu agar aroma dan rasanya lebih keluar. Namun, untuk beberapa merk bumbu kuah bakso instan berbentuk pasta sudah bisa dimasak langsung tanpa ditumis terlebih dahulu.

Lalu, bentuk bumbu kuah bakso instan yang enak itu seperti apa? Bubuk atau pasta?

BACA YUK:  Bandara Kertajati Majalengka Kembali Terbangkan Jamaah Umrah Asal Jawa Barat

Dalam proses pemilihan bentuk bumbu kuah bakso instan sendiri Anda bisa mengikuti selera masing-masing, karena ada beberapa orang yang lebih menyukai bumbu kuah bakso instan bubuk dan ada juga yang sebaliknya.

  1. Sesuaikan kemasan bumbu dengan kebutuhan

Untuk tips yang kedua, Anda perlu memperhatikan berapa porsi yang akan dibuat. Mengingat biasanya bumbu kuah bakso instan sendiri untuk ukuran kemasannya sudah disesuaikan dengan banyak porsi yang akan dibuat.

Oleh sebab itu, Anda perlu perhatikan jumlah porsi yang akan dibuat. Misal Anda ingin membuat bakso sebanyak 1-2 porsi saja, maka bisa memilih bumbu kuah bakso instan sachet dalam ukuran 8-10 gram.

Kemudian untuk jumlah porsi yang cukup banyak, Anda bisa memilih menggunakan bumbu kuah bakso instan yang dikemas dengan berat bersih 50 gram atau 100 gram atau 240 gram.

Namun, biasanya dalam kemasan bumbu kuah bakso instan sendiri telah dicantumkan saran penyajian yang dapat memudahkan konsumen dalam menyesuaikan banyaknya bumbu dengan porsi yang dihidangkan.

Sementara itu, apabila bumbu kuah bakso instan tersebut tidak langsung habis digunakan, maka simpan sisa bumbu ke dalam wadah yang rapat agar tidak menggumpal nantinya dan letakkan di tempat yang terhindar dari cahaya matahari secara langsung.

  1. Pilih bumbu bakso berdasarkan rasanya

Tips ketiga, Anda bisa memilih bumbu kuah bakso instan berdasarkan rasanya. Untuk bahan-bahan yang biasanya dipakai untuk membuat bumbu kuah bakso instan sendiri terdiri dari rempah-rempah, gula, garam, bawang putih, kaldu, bawang merah, dan lada putih.

Kemudian untuk bumbu kuah bakso instan sendiri juga memiliki dua varian kaldu yang terkandung dalam bumbu kuah bakso instan seperti kaldu daging sapi dan kaldu daging ayam.

Adapun dari kedua varian kaldu tersebut nantinya akan menghasilkan dua jenis rasa bumbu kuah bakso instan yang cukup mudah ditemui.

BACA YUK:  Dapat Trauma Healing, Anak Difabel Korban Perundungan di Cirebon Sudah Beraktivitas

Adanya kedua varian rasa tersebut dapat mempermudah Anda dalam menyesuaikan kuah bakso dan jenis bakso yang dibuat.

Misalnya, apabila Anda membuat bakso sapi maka pilihan terbaik untuk kuah yaitu dengan menggunkan bumbu kuah bakso instan rasa daging sapi. Kemudian apabila Anda membuat bakso ayam maka pilihan terbaik yaitu bumbu kuah bakso instan rasa daging ayam.

  1. Cek kandungan dalam bumbu kuah bakso instan

Untuk tips keempat, perlu Anda perhatikan dengan baik bahwa dalam bumbu kuah bakso instan biasanya mengandung zat aditif didalamnya, seperti MSG, pemanis, pewarna, atau pengawet buatan.

Kandungan-kandungan tersebut memang umum digunakan dalam semua produk instan. Hal itu pula yang membedakan antara bumbu buatan sendiri dan bumbu kuah bakso instan.

Meski mengandung zat aditif, namun untuk kandungan zat tersebut tidak serta merta membuat bumbu kuah bakso instan menjadi berbahaya, dengan catatan masih dalam batas yang diperbolehkan atau ditetapkan pemerintah.

Namun, hal tersebut tidak serta merta penggunaan bumbu kuah bakso instan yang mengandung zat aditif baik untuk tubuh. Oleh sebab itu, sebaiknya memilih bumbu kuah bakso instan yang tidak mengandung zat tersebut.

Apa ada bumbu kuah bakso instan yang tidak memakai zat aditif? Tentu ada.

Untuk sekarang ini sudah banyak beredar merk bumbu kuah bakso instan yang tidak mengandung banyak zat aditif atau bahkan tidak mengandung MSG, sehingga sangat cocok dikonsumsi untuk Anda yang tidak mau menggunakan MSG atau mengurangi pemakaian MSG.

  1. Pilihlah bumbu bakso dari merk yang sudah terkenal

Untuk tips yang kelima yaitu memilih bumbu kuah bakso instan dari merk yang sudah terkenal. Kenapa?

Selain pertimbangan dari kualitas rasa bumbu kuah bakso instan yang tentu sudah terjamin, namun dengan memilih bumbu kuah bakso dari merk yang sudah terkenal akan meyakinkan Anda bahwa produk itu aman dikonsumsi. Lantara, biasanya merk-merk yang sudah terkenal, produk-produknya sudah terdaftar dalam BPOM, Dinkes, atau dinas terkait. Bahkan biasanya sudah tersertifikasi halal dari MUI. Sehingga konsumen bisa denga naman mengonsumsi produk tersebut.

  1. Cek tanggal expired bumbu kuah bakso instan
BACA YUK:  Atalia Praratya Terpilih sebagai Influential Woman in Local Government of The Year

Tips berikutnya yang sering orang kurang teliti yaitu wajib mengecek tanggal expired dari bumbu kuah bakso instan yang akan Anda beli. Mengapa hal tersebut penting?

Hal tersebut penting untuk dilakukan lantaran bumbu kuah bakso instan adalah salah satu produk yang tentunya dibuat sedemikian rupa agar tahan lama dalam kemasan dan beberapa penjual terkadang tidak terlalu memperhatikan tanggal kadaluwarsa dari bumbu kuah bakso instan tersebut karena berpikir selama masih belum dibuka maka belum kadaluwarsa. Sehingga banyak konsumen yang membelinya dan ternyata sudah expired.

Selain karena bisa berbahaya mengingat produk yang expired bisa saja menimbulkan gejala keracunan, bumbu kuah bakso instan yang expired juga biasanya sudah memiliki rasa yang berbeda. Oleh sebab itu, Anda perlu teliti dalam memilih bumbu kuah bakso instan yang dibeli.

  1. Cek kemasan bumbu kuah bakso instan

Untuk tips selanjutnya, Anda perlu cek kemasan bumbu kuah bakso instan yang dibeli. Hal ini perlu dilakukan karena apabila kemasan bumbu kuah bakso instan yang kalian beli sudah rusak, maka hal itu akan berpengaruh pada kualitas dari produk itu sendiri.

Maka dari itu, ketelitian dalam memilih bumbu kuah bakso instan perlu benar-benar diperhatikan agar Anda tidak hanya memilih bumbu kuah bakso instan yang enak, namun juga berkualitas.

Nah itu tadi beberapa tips memilih bumbu kuah bakso instan yang enak dan tentunya berkualitas. Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih lanjut terkait rekomendasi bumbu kuah bakso instan yang enak dan berkualitas, bisa cek langsung website ceklist.id. Semoga bermanfaat. (*)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *