Bibit Pohon Jamblang Ditanam di Wilayah Jamblang Kabupaten Cirebon

Cirebon,- Dalam rangka memperingati Hari Ulang tahun (HUT) ke -65 tahun, PT. Astra Internasional melakukan penanaman bibit pohon Jamblang atau Syzygium Cumini. Kegiatan simbolis penanaman tersebut berlangsung di Balai Desa Jamblang, Kecamatan Jamblang, Kabupaten Cirebon, Rabu (2/3/2022).

Dengan mengusung tema “Semangat Bergerak dan Tumbuh Bersama untuk Mengajak Masyarakat dan Seluruh Insan Astra untuk Terus Maju dan Adaptif Dalam Berkarya Guna Memberikan yang Terbaik Bagi Indonesia” kegiatan tersebut difasilitasi oleh Grow Up Institute sebagai fasilitator PT Astra Internasional dan bekerja sama dengan Pemerintah Desa Jamblang.

Direktur Grow Up Institute, Dr. Nurul Chamidah, S.Sos.I., M.IKom mengatakan kegiatan hari ini dalam rangka Memaju Bagja atau turut berbahagia dari ulang tahun PT. Astra Internasional yang ke-65. Menurut Nurul, program di ulang tahun Astra ini berupa penanaman pohon se-Indonesia dan berlangsung selama satu tahun.

“Kami dari Grow Up Institute sebagai fasilitator PT Astra Internasional bekerja sama dengan Pemerintah Desa Jamblang ini melakukan penanaman pohon. Untuk di Desa Jamblang kita mengambil pohon harus yang khas, yaitu pohon Jamblang sebagi pohon historikal dan pohon yang memiliki sejarah penamaan,” ujar Nurul kepada About Cirebon.

BACA YUK:  Gelar Operasi Pasar Murah, Pemkab Cirebon Jual 8.000 Liter Minyak Goreng Curah

Nurul menjelaskan, pohon Jamblang yang ditanam dalam rangka HUT PT. Astra Internasional kurang lebih ada 150 bibit pohon Jamblang dan disebar di setiap RT di Desa Jamblang.

“Hari ini totalnya ada 150 bibit pohon Jamblang, bahkan lebih. Awalnya hanya 65 bibit pohon, tapi karena animo yang luar biasa akhirnya kita tambah lagi,” jelasnya.

Dari 150 bibit pohon Jamblang, kata Nurul, disebar lagi untuk beberapa desa, seperti Desa Bakung Kidul dan yang paling banyak Desa Jamblang. Harapannya, tambah Nurul, bisa menjadi contoh daerah-daerah lain secara sadar untuk menanam.

BACA YUK:  Tingkatkan Kapasitas Jurnalistik, Diskominfo Kabupaten Cirebon dan BI Cirebon Gelar Bimtek dan Capacity Building

“Kami harap dengan kegiatan ini kedepannya bisa tumbuh kesadaran lingkungan, sadar budaya dan juga sadar sejarah,” tandasnya.

Sementara itu, Kepada Desa Jamblang, Yoyon Kristiyanto mengucapkan terima kasih dan mengapresiasi PT. Astra Internasional melalui Grow Up Institute ini menggelar kegiatan penanaman pohon Jamblang di Desa Jamblang Kabupaten Cirebon. Menurut Yoyon, Grow Up Institute ini sudah mendamping Desa Jamblang selama 3 tahun dalam peningkatan upaya destinasi wisata di Desa Jamblang.

“Kami berharap dengan penanaman pohon dan memilih pohon Jamblang ini, sesuai dengan nama desa. Disini kami akan membagikan pohon Jamblang ke tiap RT,” ujar Yoyon.

“Kami akan sebar ke tiap RT di Desa Jamblang, totalnya ada 38 RT dalam satu Desa Jamblang ini. Supaya Meraka bisa tiap blok ada pohon Jamblang,” tambahnya.

Pihaknya berharap dengan penanaman pohon jamblang ini berupaya untuk menonjolkan icon Desa Jamblang dan juga bisa meningkatkan kembali destinasi wisata yang ada di Desa Jamblang.

BACA YUK:  Kominfo Kabupaten Cirebon Dorong Digitalisasi Layanan Publik Pemerintah Desa

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Cirebon, Drs. Erus Rusmana, M.Si mengatakan Pemerintah Daerah Kabupaten Cirebon mengapreasiasi kepada PT Astra Internasional dan Grow Up Institute yang telah berkolaborasi dengan Pemerintah Desa hingga unsur bisnis dalam pelaksanaan program pentahelik dalam kolaborasi pembangunan.

“Penanaman pohon ini tentunya mendukung program SDGs  Desa yaitu dalam pelestarian lingkungan hidup, kemudian memastikan udara bersih, ketersediaan air, dan tentunya dalam rangka mewujudkan kesejahteraan dan kemakmuran bagi masyarakat,” ujarnya.

Pihaknya berharap, kegiatan seperti ini bisa diikuti didukung oleh desa-desa yang lain di wilayah Kabupaten Cirebon, bukan hanya tanaman endemic bisa juga dengan tanaman produksi ataupun tanaman keras yang bisa menjadi pendukung bagi ekosistem di wilayah Kabupaten Cirebon. (AC212)

(Dilihat: 154 pengunjung)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.