BI Cirebon Siapkan Rp5,59 Triliun untuk Penukaran Uang Baru

0
75
Kepala KPw BI Cirebon, Abdul Majid Ikram

Cirebon,- Dalam rangka bulan suci Ramadan dan lebaran, Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Cirebon sudah dan akan terus melakukan beberapa kegiatan terkait pelayanan kepada masyarakat.

Seperti bersama-sama dengan Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Kota Cirebon dalam upaya melakukan stabilitasi harga bahan pangan. Kemudian, Bank Indonesia Cirebon juga memberikan layanan penukaran uang yang layak edar.

KPw BI Cirebon akan mendorong perbankan, khususnya perbankan yang telah memberikan pelayanan pengadaan e-Money untuk elektronifikasi tol, sehingga mampu memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, terutama pengguna jalan tol.

Aston Hotel

Kepala KPw BI Cirebon, Abdul Majid Ikram mengatakan Bank Indonesia telah bekerjasama dengan stakholder sudah dua kali mengadakan kegiatan pasar murah untuk menstabilisasi harga pangan.

“Alhamdulillah, harga sudah relatif, namun kenaikannya tidak terlalu tinggi. Di sisi lain TPID Kota dan Kabupaten wilayah III Cirebon sudah melakukan sidak untuk meyakinkan stok pangan tersedia,” ujarnya, Selasa (22/5/2018).

Kemudian, terkait pelayanan kepada masyarakat menyambut lebaran, Bank Indonesia akan memberikan pelayanan penukaran uang layak edar melalu kas keliling.

“Kami juga telah mengimbau perbankan dalam hal penukaran untuk terbuka dan melayani masyarakat,” ungkapnya.

“Untuk kebutuhan penukaran uang, kami, Bank Indonesia menyediakan Rp. 5,59 Trilun untuk wilayah Ciayumajakung,” imbuhnya.

Lanjut dia, dari tahun ke tahun selalu ada peningkatan, tapi peningkatan ini untuk antisipasi berkaitan dengan penggunaan nontunai yang sudah mulai memasyarakat.

“Jadi, penyediaan ini kami perkirakan peningkatnya tidak sepesat tahun lalu, karena masyarakat sudah sadar menggunakan nontunai. Kira-kira peningkatanya hanya 22 persen di wilayah III Cirebon,” bebernya. (AC212)

Bagikan:
Signup for the newsletter